Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

TIPS CARA MENCEGAH PIKUN

Sebagian besar masyarakat tentu beranggapan lari pagi bermanfaat menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan. Lebih dari itu, peneliti asai Institut Nasional AS di Maryland mengungkapkan aktivitas lari pagi juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Riset yang dipublikasikan National Academy of Sciences ini juga mengungkapkan aktivitas lari pagi memicu regenerasi sel otak yang berhubungan dengan memori atau daya ingat serta berdampak pada peningkatan kemampuan berpikir individu.

"Kami memahami olahraga sangat bagus bagi fungsi otak, tapi riset ini memperlihatkan kepada kita mekanisme efek dari aktivitas lari pagi," ungkap Timothy Bussey, Pakar Nerurologi asal Cambridge seperti dikutip dari Telegraph,

Sebelumnya, para peneliti melakukan penelitian pada dua grup tikus, masing-masing tikus diberikan akses untuk berlari. Rataan hasil yang diperoleh menunjukan tikus mampu berlari 15 mil atau 24 kilometer per hari. Setelah sesi berlari, tikus-tikus itu diletakan pada layar komputer yang terbagi menjadi dua sisi. Sisi pertama yang terletak di sebelah kiri terdapat butir gula dan sisi lainya tidak terdapat apapun. Hasilnya, sebagian besar tikus memilih sisi sebelah kiri.

Tes dilanjutkan dengan pengukuran daya ingat. Rata-rata dari tikus berhasil mengingat tempat yang mereka singgahi sebelumnya. Hasil ini membuat peneliti menyimpulkan dengan berolahraga mampu meningkatkan kemampuan daya ingat dan berpikir.

"Pada sesi percobaan ini, terjadi peningkatan memori secara signifikan pada tikus," tegas Bussy kepada The Guardian. Menurutnya, sekalipun regenerasi sel otak tidak menyeluruh, dampak yang dihasilkan sangat bagus.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS CARA MENCEGAH PIKUN"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner