Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

KETAHUI MANFAAT ASPARAGUS UNTUK KESEHATAN

Asparagus merupakan sumber terbaik asam folat nabati yang sangat rendah kalori dan tidak mengandung lemak atau kolesterol serta mengandung sangat sedikit natrium. Asparagus telah dikenal dan dibudidayakan lebih dari 2000 tahun lalu sebagai bahan makanan oleh bangsa Yunani dan Roma karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya.

Kedua bangsa tersebut juga percaya asparagus bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari rematik hingga sakit gigi. Asparagus juga kaya akan vitamin C dan E, folat, kaya serat, bebas lemak dan kolesterol. Tapi tentu saja manfaat ini akan bisa didapatkan tergantung cara penyajiannya. Yang paling penting mengolahnya dengan cara merebus sekitar 3-4 menit. Karena bila terlalu lama akan merubah warna dan segala manfaat asparagus akan hilang. Selain untuk bahan makanan ternyata asparagus kaya akan manfaat sebagai obat dalam gizinya antara lain :

Asperegine
zat yang berguna untuk memperbaiki pencernaan makanan dan melancarkan air seni.

Asam Folik
membantu mengurangi cacat bawaan pada bayi, kanker panggul, usus dan dubur, serta bermanfaat untuk mencegah penyakit-penyakit jantung.

Aprodisiak
Zat untuk merangsang organ seksual dan mengobati nyeri menstruasi.

Vitamin C
Dapat membantu tubuh mencegah kanker, penyakit jantung serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Potassium
Meregulasikan keseimbangan elektrolit dalam sel dan menjaga fungsi jantung dan tekanan darah yang normal menyembuhkan batu empedu, batu ginjal, kanker prostat, flek hitam kulit.

Akar rhizoma asparagus
Berkhasiat untuk pengobatan infeksi saluran kemih dan batu ginjal secara tradisional.

Selain lezat diolah menjadi beragam masakan, asparagus juga mempunyai kandungan gizi yang sangat baik. Beragam mineral, kalsium, potassium, vitamin A, D juga E ada di dalamnya. Sayuran ini juga rendah kalori, baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani terapi diet.

Kandungan seratnya (dietary fiber) sangat tinggi.
Serat dalam asparagus mampu mengikat zat karsinogen penyebab kanker. Serat juga membantu lancarnya proses pencernaan tubuh sehingga Anda terbebas dari gangguan sembelit atau susah buang air besar. Beberapa lembaga ilmiah telah melakukan uji klinis terhadap asparagus. Terbukti sayuran ini mampu meningkatkan kesuburan pria.

Kandungan asam amino asparagines merangsang ginjal membuang sisa metabolisme tubuh. Zat aktif lain dipercaya meningkatkan sirkulasi darah adn membantu melepaskan deposit lemak dalam dinding pembuluh darah. Sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang berjerawat, penderita eksim, gangguan ginjal dan prostat. (mediaindonesia)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails