Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

MENGURANGI GAS LAMBUNG DENGAN KUNYIT

Kalau Anda mengalami gangguan pada lambung, bumbu dapur berwarna kuning ini bisa jadi obat untuk meredaknnya. Dijadikan minuman hangat dengan tambahan madu, kunyit tak hanya mengurangi gas lambung tapi juga menghilangkan bau badan. Coba saja!

Sangat mudah mengenali bumbu dapur yang satu ini. Bentuknya memang mirip sekali dengan kencur, namun saat dikupas memiliki warna kuning yang mencolok. Yak , kunyit. Bumbu dapur yang sering digunakan untuk membuat nasi kuning dan juga beberapa jenis masakan India seperti gulai dan kari ini ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak di luar dunia kuliner.

Tanaman asli wilayah Asia khususnya Asia Tenggara ini juga bisa mengobati peradangan pada sendi dan dijadikan bahan tambahan untuk beberapa produk farmasi. Mengobati gatal-gatal, kista hingga kanker rahim (dengan catatan kondisi tertentu). Sejak dulu kunyit juga dipercaya sebagai obat lambung, khususnya penyakit maag.

Mungkin dikarenakan kunyit dapat membuang gas lambung yang diakibatkan penyakit maag. Pada saat datang bulan biasanya wanita mengalami nyeri lambung dan perut kembung, perasaan sari kunyit bisa meredakannya rasa nyeri. Aroma kunyit yang dibakar bisa menjadi aroma terapi bagi Anda yang mengalami hidung tersumbat.

Kunyit juga bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa gangguan yang berhubungan dengan kerja ginjal, terutama pada bebrapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar. Dengan meminum segelas juice kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut gejala-gejala seperti yang disebutkan tadi berangsr-angsur berkurang.

Jika kurang suka dengan rasanya, minuman kunyit bisa ditambahkan dengan sedikit perasaan jeruk nipis atau kucuran madu. Sehingga rasanya lebih enak dan segar saat diminum.
( eka / Odi )


Sumber: detikcom

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails