Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

BENARKAH OPERASI CAESAR KE DUA LEBIH SAKIT?


setiap perempuan memiliki ambang batas nyeri yang berbeda – beda. Persepsi nyeri tiap orang tak akan persis sama. Apa yang ibu pikirkan itulah yang akan terjadi. Nah satu point penting adalah ibu sudah pernah mengalami sendiri pengalaman melahirkan melalui operasi caesar.

” Pertahankan pikiran positif bahwa saya akan dapat melalui operasi caesar yang kedua dengan lancar semua baik adanya, kebahagiaan untuk mengalahkan rasa nyeri “

Tindakan operasi caesarea, adalah tindakan bedah yang dilakukan dengan indikasi medis yang memenuhi syarat untuk dilakukan keputusan operasi caesar. Dalam tindakan bedah caesar dokter ahli kandungan akan membuka lapisan demi lapisan perut samapi dengan rahim dan setelah bayi lahir akan dijahit kembali sedemikian rupa untuk menyelesaikan seluruh proses persalinan tersebut. Dengan tindakan bedah berarti jaringan syaraf dan otot yang terputus cukup banyak dibanding melahirkan normal.

Keluhan nyeri setelah operasi sebenarnya tidak selalu berarti buruk, hanya saja pemahaman nyeri selama ini seringkali nyeri dianggap sesuatu yang tidak nyaman. Padahal dengan nyeri yang dirasakan menjadi pertanda baik bahwa dengan demikian fungsi syaraf tubuh ibu sudah pulih dari efek bius. Obat bius hanyalah bersifat sementara. Yang dapat ibu lakukan adalah relaksasi dengan menarik nafas panjang setiap kali nyeri timbul dan menghembuskan nafas perlahan melalui hidung.

Selain nyeri akibat luka operasi ada pula nyeri yang menjadi pertanda baik, yaitu nyeri mulas seperti kram pada perut, nyeri ini dibutuhkan sebagai tanda bahwa rahim ibu ternyata sudah berkontraksi dengan baik secara alami untuk mengecil kembali. Pada kehamilan kedua dan ketiga mulas seperti kram perut ini akan sedikit lebih terasa karena kondisi rahim semakin kendur akibat peregangan pada kehamilan sebelumnya. Bayangkan bahwa setelah bayi lahir kondisi rahim yang tadinya membesar akan perlahan - lahan mengecil samapi seukuran buah pir. Bila nyeri ini tidak timbul dan kontraksi / kram tidak terjadi maka resiko perdarahan dapat terjadi.

Nah apapun resiko dari sebuah proses persalinan jangan dijadikan nyeri sebagai beban, baik melahirkan normal maupun caesar masing masing tetap butuh perjuangan. Manakah yang lebih membahagiakan dalam hidup ibu selain menimang bayi yang begitu didambakan telah lahir dengan selamat. Renungkan sejenak anugerah kelahiran bayi lebih dari segalanya.

Mengenai kualitas jenis obat nyeri, ada banyak sekali jenisnya. Setiap dokter akan merekomendasikan sesuai kebijakan mereka . Sekarang kembali pada pilihan ibu sendiri akan menggunakan fasilitas di rumah sakit yang telah ibu percaya sebelumnya yang telah memberi obat anti nyeri yang terbaik menurut ibu atau ingin mencoba melahirkan di rumah sakit lain. Mahal tidak selalu berarti yang terbaik. Diberi obat dosis tinggi pun bila sudah terjadi penolakan dan ketidak percayaan dalam pikiran pasien , maka obat tetap tidak akan menolong.

SOURCE:bidancare-KOMPASIANA.COM
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BENARKAH OPERASI CAESAR KE DUA LEBIH SAKIT?"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner