Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

AGAR LUKA CEPAT SEMBUH, GUNAKAN CHITOSAN CANGKANG KEPITING


Cangkang kepiting dan udang yang diproses menjadi chitosan, dapat dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan luka secara efektif, kata peneliti dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Aditiya Pramudya. "Cangkang tersebut melalui proses deprotenisasi diolah menjadi kitin hingga akhirnya menjadi chitosan, yang ternyata efektif mempercepat proses epitelisasi, kolagenisasi, menghentikan perdarahan, dan mencegah infeksi," katanya, di Yogyakarta, Jumat.


Menurut dia, salep yang mengandung chitosan mampu menyembuhkan luka dengan waktu lebih cepat dibandingkan dengan salep tanpa chitosan. Salep chitosan juga menghasilkan penyembuhan yang kuat karena mampu menebalkan kolagen, sehingga kulit tidak mudah iritasi kembali. "Penggunaan salep chitosan menghasilkan jumlah fibroblas paling sedikit. Hal itu menunjukkan chitosan telah menghasilkan penyembuhan sempurna karena semakin sempurna penyembuhan suatu luka, semakin sedikit jumlah fibroblasnya, sehingga luka tidak berbekas," katanya.


Ia mengatakan, dipilihnya chitosan karena Indonesia sebagai negara maritim memiliki hasil laut, termasuk kepiting dan udang yang melimpah. Saat ini banyak warga yang hanya memanfaatkan daging kepiting dan udang, tetapi membuang cangkangnya. Akibatnya, menurut dia, cangkang hanya menjadi limbah dan tidak terpakai. Limbah itu dapat dimanfaatkan untuk membuat salep dari chitosan. "Sebagai salep, chitosan juga tidak berbahaya ketika tertelan atau tercampur dalam makanan. Salep itu juga tidak berbau amis karena telah melalui proses demineralisasi," katanya.


Ia mengatakan, prevalensi masyarakat untuk menderita luka terbuka sangat tinggi. Namun, dalam pengobatannya sebagian besar dari mereka menggunakan antiseptik yang membutuhkan waktu lama dan belum sempurna. "Untuk itu, penelitian tersebut berupaya mengembangkan salep yang mampu menyembuhkan luka dengan waktu lebih cepat dan efektif," katanya.


Menurut dia, penyembuhan luka merupakan proses usaha untuk memperbaiki kerusakan jaringan. Orang berharap mencapai penyembuhan luka secara cepat, berfungsi optimal, dan hasil bagus. "Luka yang diderita orang pada umumnya disebabkan adanya trauma benda tumpul atau tajam, sengatan listrik, ledakan, dan gigitan hewan," katanya.


loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "AGAR LUKA CEPAT SEMBUH, GUNAKAN CHITOSAN CANGKANG KEPITING"

  1. saya sering berkunjung di blog blog, postingan ini sangat menarik serta enak di baca tentang agar luka cepat sembuh gunakan chitosan.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner