Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Kayu Manis, Atasi Diare Hingga Kolesterol


Kayu manis tak sekadar penambah aroma dalam masakan sehari-hari. Batangan kulit kayu beraroma wangi dan manis ini bermanfaat bagi kesehatan. Mulai dari obat diare, penambah vitalitas, hingga penurun kolesterol.

Rempah yang memiliki nama latin Cinnamomum verum ini berasal dari Srilanka. Kemudian menyebar ke Mesir dan Cina pada 2000 tahun sebelum Masehi lewat jalan dagang. Kini, tanaman herbal ini juga tumbuh di India, Indonesia, Brazil, Vietnam, and Yunani.

Dalam pengobatan Cina tradisional, kayu manis digunakan sebagai bahan ramuan untuk menyembuhkan pilek, perut kembung, mual, diare, dan nyeri menstruasi. Kayu manis juga diyakini memiliki khasiat untuk meningkatkan energi, vitalitas, dan sirkulasi darah.

Sementara dalam ilmu pengobatan Ayurveda, kayu manis digunakan untuk mengobati diabetes, gangguan pencernaan, dan pilek. Berikut sejumlah manfaat lain dari kayu manis, seperti dikutip dari laman Times of India.

- Setengah sendok teh kayu manis per hari diyakini ampuh menurunkan kolesterol
- Kayu manis mampu menghentikan infeksi jamur yang resisten terhadap pengobatan
- Memiliki efek anti-pembekuan pada darah.
- Studi Universitas Kopenhagen membuktikan, konsumsi campuran setengah sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok makan madu setiap pagi sebelum sarapan selama seminggu membantu mengatasi nyeri arthritis.
- Aroma kayu manis meningkatkan fungsi otak.
- Kayu manis kaya kandungan serat, zat besi, dan kalsium.

Terlepas dari manfaat medis, kayu manis dimanfaatkan untuk penambah cita rasa pada minuman, seperti kopi, the atau cokelat hangat. Wangi dan rasa manisnya membuat perasaan lebih relaks dan nyaman. Tak heran, wangi kayu manis juga banyak dimanfaatkan untuk benda-benda perawatan tubuh seperi sabun, pelembab kulit dan juga minyak esensial aromaterapi.

• VIVAnews
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kayu Manis, Atasi Diare Hingga Kolesterol"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner