Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MENCEGAH DAN MENGATASI GANGGUAN PADA GUSI

Penyakit gusi yang sering terjadi adalah peradangan pada gusi yang bahasa kedokterannya disebut gingivitis. Penyakit tersebut awalnya dari dental plak yang merupakan campuran lengket terdiri dari partikel makanan, lendir dan bakteri. Plak terbentuk karena kurang membersihkan gigi sehingga menumpuk di leher gigi dan memasuki ruangan-ruangan sempit antara perbatasan gigi dan gusi. Plak tersebut lama kelamaan akan menjadi endapan keras yang disebut kalkulus (tartar) yang terbentuk pada gigi.

Pada kejadian gingivitis, dental plak atau kalkulus yang terbentuk tersebut lama kelamaan dapat mengiritasi gusi hingga terinfeksi. Gusi yang terinfeksi akan menjadi radang dan menyebabkan tepi jaringan gusi yang berbatasan dengan gigi menjadi merah dan bengkak, serta tampak mengkilat atau licin. Pada waktu gusi membengkak akan terbentuk kantong atau celah antara gigi dan gusi yang merupakan tempat yang nyaman bagi plak. Radang gusi atau gingivitis juga menyebabkan gusi cenderung mudah berdarah, terutama ketika menyikat gigi atau membersihkan gigi dengan benang, atau ketika makan makanan yang keras. Pendarahan gusi seringkali membuat penderitanya malas untuk menyikat giginya karena menimbulkan sakit, hal tersebut menyebabkan plak dan sisa makanan semakin menumpuk sehingga lebih memperburuk kondisi radang gusi. Tanda lain yang ditimbulkan peradangan gusi adalan nafas yang berbau tidak sedap.

Radang gusi lebih sering terjadi karena kurangnya merawat kebesihan gigi dan gusi sehingga terjadi penumpukan plak yang kemudian dapat mengiritasi gusi. Peradangan pada gusi juga dapat terjadi karena defisiensi/ kekurangan vitamin, terutama vitamin C. Selain itu, juga berhubungan dengan diabetes, reaksi allergi, gangguan darah serta penggunaan kontrasepsi dalam mulut (oral). Gusi yang sering berdarah juga harus diwaspadai sebagai gejala dari leukemia. Penyakit radang gusi cenderung akan semakin berat apabila penderita sedang hamil, telah menopause atau ketika menggunakan pil KB.

Gingivitis atau radang gusi bila kurang mendapat perawatan akan menjadi parah dan menyebar ke gigi sehingga mengakibatkan gigi lepas/tanggal. Keadaan tersebut disebut dengan periodontitis, yang merupakan tahap lebih lanjut dari gingivitis, dengan peradangan gusi yang lebih parah. Periodontitis merupakan penyakit gusi yang hebat yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Higiene/kesehatan mulut yang buruk memberi tempat bagi bakteri untuk berkembang biak. Bakteri tersebut memasuki kantong-kantong yang ditimbulkan gingivitis, selanjutnya akan merusak gusi, tulang dan jaringan pengikat, lama kelamaan gigi bisa menjadi lepas. Pada pengobatan periodontitis diperlukan operasi untuk mencegah kambuh kembali, disertai juga dengan peningkatan kebersihan mulut dan memeriksakan giig secara teratur.

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah peradangan gusi, antara lain ;

Merawat dan menjaga kebersihan gigi dan gusi
Menyikat gigi dengan sikat gigi lembut secara teratur setiap sehabis makan dan sebelum tidur untuk membersihkan sisa-sisa makanan agar tidak terjadi penumpukan plak dan mencegah infeksi kuman. Bersihkan juga sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi minimal 3 kali seminggu, karena di sela-sela gigi sisa makanan masih sering tertinggal.

Membersihkan dental plak secara teratur ke dokter
Kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan plak dan karang gigi (kalkulus). walaupun telah menyikat gigi secara teratur, namun plak masih dapat terbentuk terutama di bawah garis batas gusi.

Mengkonsumsi vitamin C
Vitamin C berkhasiat sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah infeksi termasuk infeksi kuman penyebab radang gusi, mempercepat penyembuhan luka. Sumber vitamin C alami banyak terdapat pada buah-buahan segar seperti kiwi, jambu bjin jeruk, tomat, sirsak, dan mangga. Sayuran yang banyak mengandung vitamin C antara lain brokoli.

Menghindari merokok
Merokok dapat meningkatkan risiko terkena radang gusi. Rokok dapat menekan sistem kekebalan sehingga tubuh sulit melawan infeksi.

Herbal atau tumbuhan obat yang digunakan untuk membantu mengatasi radang gusi antara lain daun sirih (Piper betle L.), sambiloto (Andrographis paniculata Nees.), kunyit (Curcuma longa L.), temu lawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.), krokot (Portulaca oleracea ).

Berikut ini contoh beberapa resep herbal untuk radang gusi :

Resep 1. (pemakaian luar)
10 lembar daun sirih + 1 sendok makan garam direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, hangat-hangat airnya digunakan untuk berkumur-kumur hingga mengenai seluruh gusi. Lakukan secara teratur hingga 5 kali sehari.

Resep 2. (untuk radang gusi yang disebabkan karena defisiensi vitamin C)
2 buah tomat + 1 buah kiwi + 1 buah air perasan jeruk lemon + madu, diblender, lalu diminum. lakukan 2 kali sehari

Resep 3.
25 gram empu kunyit (dikupas dan dipotong-potong) + 5 lembar daun sirih + 30 gram asam jawa + gula aren secukupnya, direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum. lakukan 2 kali sehari.

Resep 4.
10 gram sambiloto kering + 30 gram krokot hijau segar, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, tambahkan 1-2 sendokmakan madu, diaduk, diminum 2 kali sehari.

Catatan : pilih salah satu resep yang sesuai, dan lakukan secara teratur. untuk perebusan gunakan panci enamel, panci kaca atau periuk tanah. Untuk radang gusi yang parah disarankan tetap konsultasi ke dokter.


Sumber: hembing
READ MORE - Selengkapnya

MANDI DENGAN SHOWER BERESIKO TERKENA SAKIT PARU-PARU


MANDI menggunakan pancuran atau shower ternyata tidak baik bagi kesehatan karena shower yang kotor dapat menghantarkan bakteri berbahaya dalam jumlah banyak.

Hal itu dikemukakan tim ilmuwan AS yang menemukan bahwa shower ternyata mengandung bakteri yang dapat menyebabkan penyakit paru-paru. Bakteri yang bernama Mycobacterium avium (m avium) terdapat pada air di dalam shower dan jumlahnya 100 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan air yang ditampung dalam bak. M avium terdiri atas biofilm yang menempel di dalam shower, menurut National Academy of Science.

Dalam jurnal Proceedings yang dikutip BBCNews, para ahli mengungkapkan bahwa penemuan ini telah menjelaskan mengapa ada banyak kasus penyakit paru-paru yang menjangkiti orang yang cenderung mandi dengan shower ketimbang di bak mandi.

Setiap tetes air yang mengucur dari shower menghantarkan bakteri-bakteri M avium yang mampu bertahan lama di udara dan bila terhirup, dapat dengan mudah masuk ke bagian terdalam paru-paru, kata ilmuwan dari Universitas Colorado di Boulder. Salah satu ilmuwan, Norman Pace, mengatakan, "Jika wajah Anda tersiram air yang pertama kali mengucur dari shower, itu berarti Anda akan menghirup M avium yang nantinya akan masuk ke paru-paru."

Memang risiko terkena penyakit paru-paru tergolong kecil orang sehat, tapi pada orang dengan sistem imunitas yang rendah, seperti lansia dan perempuan hamil atau mereka yang tengah menderita suatu penyakit, M avium dapat dengan mudah menginfeksi paru-paru. Seseorang yang telah terkena bakteri M avium akan mengalami beberapa gejala diantaranya cepat letih, batuk kering, napas pendek, dan lesu

mediaindonesia.com

READ MORE - Selengkapnya

CARA MUDAH UNTUK MENGATASI DEPRESI ADALAH DENGAN TIDUR NYENYAK


SEMAKIN hari, jumlah orang yang mengalami depresi semakin bertambah. Terlebih bagi mereka yang depresi karena mengalami permasalahan ekonomi. Anda pasti harus berpikir ekstra untuk membayar pengobatan dan terapi. Padahal ada cara murah bahkan gratis untuk mengatasi depresi. Anda tak perlu mengeluarkan biaya karena dapat Anda lakukan sendiri. Berikut 10 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengenyahkan depresi.

1. Jangan salahkan diri sendiri
Ini adalah cara tersederhana, termurah, dan paling ampuh atasi depresi. Stigma depresi yang cenderung menyalahkan diri sendiri ditambah perasaan tak mampu dan bersalah dapat hilang jika Anda mengenyahkan semuanya perasaan itu secara proaktif dan sabar.

2. Curhat
Memang tak mudah, tapi berkeluh kesah pada orang lain tentang permasalahan Anda lebih baik ketimbang memendamnya sendiri. Meski sahabat atau keluarga Anda tak memahami ataupun dapat menyelesaikan persoalan yang Anda alami, mereka tentunya akan memberikan semangat dan dukungan untuk Anda.

3. Olahraga teratur
Mungkin hal ini yang paling enggan Anda lakukan ketika tengah tertekan, tapi berjalan atau berlari ataupun melakukan gerakan seperti memukul dapat membuat Anda merasa lebih baik. Bahkan menurut penelitian, olahraga dapat membuat Anda merasa lebih baik selama 10 jam ke depan.

4. Jangan buat keputusan
Depresi dapat memengaruhi persepsi dan penilaian Anda terhadap sesuatu. Maka, akan lebih bijak untuk tak memutuskan apa pun hingga Anda merasa lebih baik. Tapi, jika Anda memang harus memutuskan sesuatu, janganlah impulsif atau tergesa-gesa, bicarakan dahulu dengan orang yang Anda percayai, seperti psikolog, keluarga, atau sahabat.

5. Jagalah kesehatan
Jika merasa depresi, Anda akan cenderung mengabaikan kesehatan. Tapi hal itu justru lebih berbahaya karena akan memperburuk gejala depresi, bahkan dapat mengarah ke penyakit-penyakit yang lebih serius seperti diabetes dan jantung.

6. Lakukan rutinitas
Berkutat pada rutinitas yang itu-itu saja ternyata dapat membantu orang yang tengah depresi. Lakukanlah kegiatan rutin di waktu yang sama setiap harinya. Rutinitas seperti berjalan-jalan, berbelanja, atau mencuci membantu Anda terjebak dari kecenderungan menyendiri di kamar. Jika dapat melakukannya, Anda tentunya berpotensi untuk segera sembuh.

7. Makan makanan sehat
Apa yang kita makan tak hanya berpengaruh pada tubuh, tapi juga otak. Jadi, bila Anda merasa tertekan, makanlah makanan yang sehat dan seimbangkan gizi Anda dengan makanan kaya serat, seperti buah dan sayur. Beberapa hasil penelitian mengemukakan bahwa omega 3 yang terkandung dalam ikan dan suplemen minyak ikan dapat membantu mengatasi depresi.

8. Hindari narkoba dan alkohol
Jangan mencoba untuk mengalihkan depresi dengan mengonsumsi obat-obatan terlarang dan minuman beralkohol. Orang yang menderita depresi dan kecemasan sering beralih ke alkohol dan obat-obatan untuk meringankan gejalanya, tetapi hal itu justru merugikan dalam jangka panjang. Minuman beralkohol dan obat-obatan akan memengaruhi otak dan tentunya akan menciptakan masalah pada hubungan Anda, pekerjaan, dan aspek hidup lainnya.

9. Tidur nyenyak
Masalah tidur seperti insomnia biasa terjadi bila kita tengah depresi dan kekurangan tidur akan membuat kita kekurangan semangat. Memang belum diketahui secara pasti hubungan antara depresi dan tidur, tapi para ahli menyarankan orang yang depresi untuk cukup tidur dan bangun sesuai dengan jadwal.

10. Hindari lembur
Janganlah melakukan aktivitas berlebihan bila sedang depresi dan jalani aktivitas seperlunya. Jika pekerjaan kantor Anda menumpuk, lakukan secara bertahap jangan sekaligus. Tak apa bila pekerjaan terkesan lambat, Anda layak untuk sedikit santai. Atau jika Anda tak tahan, mintalah cuti beberapa hari kepada atasan untuk mengembalikan semangat kerja Anda. (Pri/OL-06)




mediaindonesia.com
READ MORE - Selengkapnya

KEBIASAAN HIDUP UNTUK HIDUP LEBIH LAMA


KEBIASAAN sehari-hari memengaruhi kesehatan. Kebiasaan sarapan pagi dan naik tangga misalnya, tanpa Anda sadari turut berperan memperbaiki kesehatan. Kebiasaan ini terkesan sepele, tapi seiring waktu, manfaat kebiasaan kecil seperti ini akan terkumpul. Jadi, dengan menjaga kebiasaan sehat, Anda bisa memperpanjang angka harapan hidup.

Berikut enam kebiasaan kecil yang bisa membantu Anda hidup sehat lebih lama:

Biasakan olahraga
Teknologi dikembangkan untuk membuat hidup lebih mudah, tapi tidak selalu membuat Anda lebih sehat. Sedang olahraga setiap hari, sudah pasti menjaga kesehatan tubuh. Studi-studi menunjukkan bahwa olahraga harian bisa memperpanjang angka harapan hidup sebanyak tiga tahun. Menariknya, Anda bisa mendapatkan manfaat ini tanpa harus ke gym. Anda bisa melakukan aktivitas fisik di mana saja. Jika memungkinkan, cobalah jalan kaki ke tempat kerja. Tidak harus jalan dari rumah ke kantor, cukup turun satu halte lebih cepat dan berjalanlah dari sana. Jika kerja di gedung bertingkat, gunakan tangga. Benar-benar sederhana tapi bermanfaat.

Konsumsi sarapan sehat
Agar bisa hidup lebih lama, jangan lupa sarapan pagi. Peneliti menemukan, orang-orang yang sarapan pagi berisiko lebih kecil menjadi obesitas dan mengalami diabetes dibandingkan orang-orang yang tidak sarapan. Orang-orang yang sarapan juga melaporkan merasa lebih baik secara fisik dan mental. Untuk memaksimalkan manfaat, Mayo Clinic menganjurkan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan sedikit lemak. Kuncinya adalah mengonsumsi makanan yang bervariasi.

Tidur cukup
Kurang tidur berkualitas bisa mempersingkat angka harapan hidup. Demikian kesimpulan dari beberapa studi selama 10 tahun terakhir. Meskipun jumlah jam tidur pasti yang dibutuhkan tubuh belum diketahui, tidur kurang dari tujuh jam dinyatakan meningkatkan risiko kanker, penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Tapi, kurang tidur bukan satu-satunya masalah. Kurang relaksasi juga turut memengaruhi. Karena itu, cobalah meredakan stres dan kecemasan dengan melakukan teknik relaksasi, seperti meditasi.

Sikat gigi dan flossing setiap hari
Flossing, menurut penulis The RealAge Makeover, Dr. Michael Roizen, bisa menambah harapan hidup sebanyak 6,4 tahun. Kesehatan mulut yang buruk bisa memicu penyakit gusi. Penyakit peradangan ini bisa memicu penyempitan arteri, penyebab umum penyakit kardiovaskular. Dengan menggosok gigi dan flossing setiap hari, Anda bisa membebaskan mulut dari bakteri penyebab penyakit peradangan gusi dan membantu membebaskan jantung dari masalah.

Jaga komunikasi dengan teman
Peribahasa lama menyatakan bahwa teman baik lebih murah dari terapi. Dan penelitian membuktikan hal itu. Tidak hanya teman, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari jaringan sosial, seperti kelompok ibadah, klub olahraga atau kelas memasak. Jaringan sosial membantu menyediakan informasi berguna, seperti dorongan mengunjungi dokter, memberikan dukungan sosial dan emosional. Hal-hal kecil ini bisa memperpanjang angka harapan hidup.

Penuhi kebutuhan air
Hampir 70 persen dari tubuh kita tersusun atas air. Jadi, tidak heran jika air sangat penting untuk mempertahankan kesehatan dan memperpanjang angka harapn hidup. Tubuh menggunakan air untuk mengatur suhu tubuh, melindungi persendian dan organ serta membantu mengangkut oskigen ke sel-sel. Karena itu, cobalah memenuhi kebutuhan air. Pastikan minum sebelum Anda haus. (IK/OL-06)


mediaindonesia.com
READ MORE - Selengkapnya

4 JENIS MAKANAN YANG DAPAT MELAWAN ARTHRITIS


beberapa makanan mampu memegang peranan penting dalam menjauhkan diri kita dari serangan arthritis. Mari temukan 4 asupan yang jadi penyelamat tersebut.

Arthritis merupakan penyakit peradangan yang menyerang persendian, dan jalan keluar paling efektif untuk menghadapi masalah ini adalah mencari cara yang bisa melawan terjadinya peradangan itu sendiri. Mungkin makanan tidak bisa menyembuhkan arthritis, tapi banyak orang yang belum menyadari bahwa beberapa makanan mampu mengurangi parahnya kondisi mereka.

Ceri.
Anthocyanin, pigmen pewarna ceri yang menyediakan antioksidan ampuh untuk meredakan peradangan. Studi menunjukkan relawan yang secara rutin mengonsumsi kue tart ceri mampu memangkas peradangan hingga 50%. Mengasup ceri juga akan membantu meredam kondisi peradangan yang sudah parah, seperti penyakit jantung dan kanker. Anthocyanin merupakan flavonoid yang memiliki efek anti-inflamasi terbaik diantara flavonoid yang lain.

Pepaya.
Buah sering disebut makanan burung ini, berisi pelbagai enzim protein pencernaan yang unik, papain dan chymopapain, dan bisa diandalkan dalam menurunkan peradangan. Pepaya selain kaya akan Vitamin C, buah ini juga kaya akan vitamin A dan E. Orang dengan kondisi peradangan yang parah, seperti asma dan arthritis, akan merasa terbantu ketika mereka mendapatkan asupan nutrisi ini secara cukup.

Cantaloupe (melon oranye)
Karena kaya akan vitamin A dan C, cantaloupe juga hadir sebagai salah satu senjata anti-peradangan. Kedua antioksidan yang ampuh tersebut akan membantu menetralkan radikal bebas yang bisa meningkatkan peradangan dan menyebabkan terjadinya osteoarthritis (OA) dan arthritis, serta kerusakan pada persendian.

Paprika .
Satu cangkir paprika merah mentah merupakan asupan yang kaya akan vitamin A dan C. Studi memaparkan makanan kaya vitamin C, seperti paprika dan cabai, mampu memberikan kita perlindungan terhadap arthtritis. Vitamin C merupakan nutrisi yang sangat penting untuk memperbaiki dan menjaga tulang rawan dan tulang, serta membantu dalam pembentukan kolagen. Sedangkan Vitamin A dibutuhkan dalam pembentukan tulang yang baik. Paprika juga kaya akan kandungan vitamin E dan beta-cryptoxanthin, yaitu dua antioksidan yang akan melibas radikal bebas yang menyebabkan peradangan dan meningkatkan fleksibilitas sendi.

Kita sudah mengetahui 4 asupan yang baik untuk lutut kita, tapi perlu diperhatikan untuk menghindari pengonsumsian Vitamin C dalam jumlah terlalu tinggi. Mengapa? Peneliti dari Duke University menemukan jika mengasup Vitamin C secara berlebih bisa memperburuk osteoarthritis (OA). Jadi kuncinya adalah cukup. Berikan tubuh kita 200-500 mg Vitamin C per hari. Dan usahakan kita mendapatkannya dari makanan, bukan dari suplemen.(yc/preventionindonesia)
READ MORE - Selengkapnya

PERAN SEORANG AYAH UNTUK ANAK, LUANGKAN WAKTU UNTUK BERBINCANG DENGANNYA


Peran ayah bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh. Meskipun pada masa awal-awal kelahiran, anak lebih banyak bergantung pada ibu, bukan berarti Ayah menjadi sosok yang bisa dikesampingkan.

Terutama ketika anak mulai bisa bermain dan membutuhkan sosok panutan di masa remaja, Ayah seringkali menjadi pilihan utama.

Anak-anak dan remaja yang mengaku mereka berbicara serius pada ayah mereka hampir setiap hari, memperoleh skor 87 persen pada skala kebahagiaan, dibandingkan dengan mereka yang jarang berbicara dengan ayahnya dengan cara demikian, hanya memperoleh skor 79 persen pada skala kebahagiaan.

Penemuan itu merupakan analisis dari penelitian untuk survei British Household Panel terhadap 1.200 anak muda di Inggris, berusia 11-15 tahun, yang dirilis oleh Children Society menjelang hari Ayah atau Father's Day, akhir pekan nanti.

Hampir separuh dari remaja yang diwawancarai yaitu 46 persen, mengatakan mereka jarang berbicara dengan ayah mereka mengenai topik yang penting, dibandingkan dengan 28 persen yang jarang berbicara dengan ibu mereka tentang hal yang dianggap paling penting.

Hanya 13 persen yang mengaku berkomunikasi dengan ayah mereka hampir setiap hari, menurut analisis tersebut.

Studi yang dilakukan oleh University of York menunjukkan, anak dan remaja semakin sedikit berbicara dengan ayah mereka seiring dengan pertambahan usia.

Data menunjukkan, 42 persen anak berusia 11 tahun lebih banyak berbicara dengan ayah mereka setiap minggu, dibandingkan hanya 16 persen dari anak berusia 15 tahun.

Analisis itu juga mengungkap, terdapat perubahan dalam beberapa tahun terakhir dengan proporsi yang sama. Sekitar 30 persen dari anak remaja berbicara hal penting dengan ayah mereka lebih dari satu kali perminggu pada tahun 2007-2008 dibanding 2003-2004.

Yayasan tersebut mengatakan, hasil penelitian itu sangat signifikan seiring dengan hasil studi yang menunjukkan kemapanan seorang anak di masa depan tergantung hubungan masa remaja dengan ayah juga ibunya.

Penelitian itu dirillis di Inggris bersamaan dengan dibentuknya Fatherhood Commission yang didalamnya termasuk anak-anak, para ahli serta masyarakat agar mereka memahami berbagai rintangan yagn seringkali mengganggu hubungan anak dan ayah.

Ketua Children Society, Bob Reitmeier mengatakan, penelitian ini menunjukkan, kebahagiaan dari para remaja terkait erat dengan seberapa sering mereka berbicara dengan ayah mereka tentang hal-hal yang dianggap penting.

"Namun, seringkali yang terjadi saat ini, anak-anak mengucilkan diri atau tinggal terpisah dari ayah mereka," ujarnya.

"Hal itu yang menjadi alasan Children Society untuk memanggil anak-anak, ahli dan masyarakat untuk melihat hasil penelitian kami tentang perang ayah," tambahnya.

Bob menuturkan, komisi itu juga masih akan meneruskan penelitian mengenai bagaimana peran ayah yang terkait dalam kegiatan sehari-hari anak dapat berpengaruh, yang akan kami publikasikan nanti demi mengatasi halangan dalam hubungan ayah dan anak.


REPUBLIKA.CO.ID, LONDON
READ MORE - Selengkapnya

TERAPI UNTUK ANAK PENYANDANG AUTIS


Dalam perkembangannya, terapi autisme kian maju dan inovatif. Sebut saja terapi akustik, dolphin Theraphy atau terapi lain. Namun, yang terpenting, perhatian dan bantuan untuk mengarahkan anak autistik menjadi obat paling mujarab hingga saat ini.

Dokter spesialis anak, Hardiono D Pusponegoro berpendapat tidak semua anak yang telah menjalani terapi dapat langsung terjun ke kehidupan normal. "Ada juga anak autis yang setelah terapi dapat langsung di sekolah negeri. Tetapi, ada juga yang membutuhkan sekolah berkebutuhan khusus, sekolah peralihan, dan sekolah inklusi," ujarnya saat berbicara dalam sebuah acara di Jakarta.

Namun, dia menuturkan, gabungan antara terapi dan edukasi yang tepat membuat anak berkebutuhan khusus mampu tumbuh dan belajar sesuai dengan kemampuan dan keadaan mereka. "Makin lama saya bekerja dengan pasien autisma, makin yakin bahwa sebagian besar pasien tidak memerlukan obat melainkan terapi dan edukasi yang tepat," imbuhnya.

Ia menyayangkan posisi sekolah berkebutuhan khusus tak lebih sebagai rumah penitipan anak bukan mengutamakan pendidikan yang tepat bagi anak-anak autisma. Sistem pendidikan khusus seharusnya dibentuk bagi anak berkebutuhan khusus yang lengkap dengan terapi, medis, dan edukasi memberikan perubahan terhadap perkembangan mereka.

"Masalahnya, di Indonesia sendiri, sekolah insklusi untuk gangguan prilaku seperti halnya autisma masih sulit untuk ditemukan,l kata dia.

Sementara itu, pakar Pendidikan asal Singapura, Prof. Eric Lim berpendapat intervensi sejak dini terhadap anak berkebutuhan khusus mutlak diperlukan. Intervensi tersebut diberikan dalam bentuk terapi dan pendidikan yang efektif seperti membangun kognisi, latihan, bahasa, sentuhan, dan pijat hingga terapi musik dan instrumen sesuai dengan tingkatan usia dan kemampuan.


"Program pendidikan benar-benar mengakomodasi anak dengan kebutuhan khusus yang tidak bisa mengikuti kehidupan normalnya. Disamping itu, pendidikan juga memiliki evaluasi dalam waktu tertentu untuk melihat kemajuan anak," kata dia.

Sekolah Khusus

Minimnya pendidikan yang mengakomodasi anak-anak berkebutuhan khusus mengilhami Klinik 'Anakku dan lembaga pendidikan khusus 'kits4kids' mengembangkan terapi-edukasi bagi anak-anak berkebutuhan spesial itu.

Di sekolah yang diberinama 'Anakku Kits4kits", anak diberikan terapi dan pendidikan yang efektif seperti membangun komunikasi, kognisi, latihan, bahasa, sentuhan dan pijat sesuai dengan tingkatan usia dan kemampuan.

Adapaun program yang ditawarkan antara lain, 'Early Intervention program for Infant and Childreen (EIPIC)', sebuah program khusus anak berusia 2-6 tahun dan program junior, untuk anak usia 7-12 tahun serta program care, untuk anak usia 10-18 tahun.

Rencananya, sekolah segera dibuka awal Juli 2010 di Cibubur, Depok dan Pulo Mas, Jakarta Timur yang mampu menampung 40 dan 100 anak berkebutuhan khusus.


REPUBLIKA.CO.id
READ MORE - Selengkapnya

PERAN ORANG TUA UNTUK KESEHATAN GIGI ANAK


SEMENJAK kecil, baik dokter, guru, maupun orang tua kerap mengingatkan kita akan pentingnya kebiasaan menggosok gigi, baik itu pada pagi hari dan malam sebelum tidur. Bagi yang menaatinya, diperkirakan, ketika berusia 60 tahun, mereka berarti telah menggosok gigi sebanyak 40.000 kali. Namun, sayangnya pesan itu lambat laun tak dihiraukan oleh anak-anak di masa sekarang.

Menurut survei di Rumah Sakit Stomatological Beijing, hanya seperempat masyarakat paruh baya yang rutin membersihkan gigi mereka, bahkan ada yang membersihkannya hanya dua kali seminggu. Dan, yang menggunakan dental floss kurang dari 1 persennya. "Malas menggosok gigi sebelum tidur lumrah saja, tapi jika tahu efek buruk jangka panjangnya, Anda pasti tak dapat pergi tidur dengan tenang," kata Han Yongcheng, Direktur Departemen Pencegahan Penyakit Oral di rumah sakit itu.

Masih menurut survei itu, lebih dari 60 persen partisipan mengalami kerusakan gigi dan 80 persennya mengalami pendarahan pada gusi dan hampir semuanya memiliki tartar atau kerak gigi yang ditimbulkan oleh sisa makanan, liur, dan sari berbagai garam.

"Mereka mengakui tahu mengenai pentingnya kesehatan gigi, tapi nyatanya hanya kurang dari 15 persen yang sadar untuk rutin kontrol ke dokter gigi dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa partisipan mengakui mereka tak menganggap kesehatan gigi terlalu penting, kecuali mereka memang benar-benar mengalami sakit gigi. Padahal penyakit gigi yang terkesah remeh berpotensi menjadi permanen bila tak segera ditangani," tutur Han.

"Pencegahan sangatlah penting. Kebiasaan malas menggosok gigi sedari kecil akan menimbulkan penyakit gigi yang akan menganggu Anda seumur hidup. Maka itu, untuk membiasakan, perang orang tua sangatlah penting sebagai anutan yang paptut ditiru anak-anaknya." Han menjelaskan bila kita bisa mencegah penyakit gigi pada anak-anak, itu akan menyelamatkan jutaan orang dari penyakit gigi dalam 10 tahun ke depan. (Pri/OL-06)
READ MORE - Selengkapnya

WALAUPUN KECIL CACING TAMBANG MAMPU HISAP 15 ML DARAH DARI DALAM TUBUH KITA


Sunggu tidak disangka benda kecil ini, ternyata punya pengaruh yang sangat fatal, jika kita Masih mememeliharanya dalam tubuh kita,

Siapa lagi kalau bukan si Cacing Tambang, walaupun ukurannya tidak seberapa namun cacing ini lumayan membuat darah kita tekor, sekitar 15 ml darah kita akan dihisap setiap harinya. Akibat yang paling serius apabila kita tetap memelihara cacing ini dalam tubuh kita adalah Anemia Non Gizi, fatalnya jika kita sedang dalam mengidap Anemia Gizi bezi, anemia kronis dapat terjadi dengan jangka waktu cepat dalam diri kita.

Berikut ini adalah ciri – ciri fisiologis dari cacing tambang :

Cacing tambang adalah cacing parasit (nematoda) yang hidup pada usus kecil inangnya, manusia. Ada dua spesies cacing tambang yang biasa menyerang manusia, Ancylostoma duodenale dan Necator americanus. Necator americanus banyak ditemukan di Amerika, Sub-Sahara Afrika, Asia Tenggara, Tiongkok, and Indonesia, sementara A. duodenale lebih banyak di Timur Tengah, Afrika Utara, India, dan Eropa bagian selatan. Sekitar seperempat penduduk dunia terinfeksi oleh cacing tambang. Infeksi paling sering ditemukan di daerah yang hangat dan lembab, dengan tingkat kebersihan yang buruk. bentuk infektif dari cacing tersebut adalah bentuk filariform. Setelah cacing tersebut menetas dari telurnya, muncullah larva rhabditiform yang kemudian akan berkembang menjadi larva filarifor.

SOLUSI

Solusi yang cocok untuk mengatasi Bencana pasif ini adalah dengan menerapkan beberapa perilaku hidup sehat, dari penulis sebagai berikut , berdasarkan hasil menelaah mata kuliah yang sedang berjalan di kampuz Gizi. :

1 Cuci tangan.

The first To do, kata yang tepat untuk cuci tangan, pekerjaan ini adalah Awal yang terpokok jika anda ingin tetap sehat, mengapa demikian..??? dimanapun dan kapanpun selalau ada bakteri atau mikroorganisme yang siap masuk melawan tubuh kita 70 % perantara yang tepat adalah dari tangan, untuk itu cuci tangan adalah salah satu tindakan prefentif yang sangat tepat. Cuci tangan bukanlah sesuatu yang sangat biasa, anda dapat searcing di google tentang bagaimana cucitangan yang baik, atau telah ada dalam pelajaran di bangku SD dulu.

2. Jika anda Ibu, awasi dan jaga anak anda main di Tanah.

Dari sifats hidupnya, cacaing Tambang hidup pada tanah, sangat cepat menjangkit melalui kulit, melewati epidermis kulit teratas hingga terakhir, anak – anak tentulah sangat mudah untuk dijadikan media untuk hidup si cacing tambang. Untuk itu perlu awasi anak anda saat bermain di tanah atau di halaman rumah yang memungkinkan adanya cacing tambang. Jika terlanjur memanjakan anak anda, lakukan kegiatan prefentif yaitu bersihkan seluruh badan anak dari tanah sehabis main.

3. Bersihkan Pakaian dan tempat.

Kembali lagi pada theory sebelumnya bahwa Mikroba penyebab infeksi ada dimana – mana, bahkan tempat maupun pakaian kita yang terlihat bersihpun bisa saja terdapat kuman – kuman yang membahayakan kesehatan. Dengan demikian Kebersihan atau sanitasi dan higienis tempat anda sangat diperlukan untuk mempertahankan kesehatan anda dan keluarga.




READ MORE - Selengkapnya

JANGAN IKUTI ANJURAN "BELUM LIMA DETIK"


APAKAH membaca di bawah penerangan cahaya remang-remang merusak mata? Bagaimana dengan duduk terlalu dekat ke TV? Menurut pakar, kondisi ini aman-aman saja. Meskipun hanya mitos, pernyataan seperti ini seringkali sangat diyakini dan menimbulkan kecemasan.

Untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat, berikut beberapa mitos dan fakta lain seputar kesehatan:

Aturan 'belum lima detik' berlaku untuk makanan yang jatuh ke lantai
Pernyataan ini hanya mitos semata. Jangankan lima detik, satu detik saja kemungkinan sudah tidak aman. Proses pemindahan bakteri dari permukaan yang terkontaminasi ke makanan terjadi seketika atau paling tidak lebih cepat dari refleks Anda.

Dalam studi baru-baru ini, peneliti makanan dari Clemson University, Paul Dawson PhD, dan mahasiswanya mencemari beberapa permukaan (ubin keramik, lantai kayu dan karpet) dengan Salmonella. Kemudian mereka menjatuhkan sepotong bologna dan sepotong roti ke permukaan selama paling tidak lima detik dan paling lama 60 detik. Setelah lima detik saja, kedua tipe makanan tersebut telah berisi sekitar 1.800 bakteri. Setelah satu menit (60 detik), jumlah bakteri yang terkandung menjadi 10 kali lipat.

Membunyikan (cracking) buku-buku jari picu radang sendi
Pernyataan ini juga hanya mitos. Jika Anda menderita osteoarthritis di tangan, tentu saja kondisi tersebut tidak berkaitan dengan aktivitas membunyikan buku-buku tangan. Sebuah studi dari bekas Mount Carmel Mercy Hospital di Detroit membandingkan 74 orang (berusia 45 atau lebih) yang sudah terbiasa membunyikan buku-buku jari selama berpuluh tahun dengan 226 partisipan yang tidak pernah membunyikan buku-buku tangan. Peneliti tidak menemukan perbedaan kejadian osteoarthritis di antara kedua kelompok.

Akan tetapi, Anda punya alasan untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Studi tersebut juga menemukan, orang-orang yang membunyikan buku-buku tangan cenderung memiliki daya genggam yang lebih lemah dan pembengkakan tangan yang lebih besar. Kedua kondisi ini bisa membatasi ketangkasan. Dan kasus osteorthritis, menurut peneliti, cenderung dipicu oleh faktor genetik dan dan pertambahan usia.

Kola bisa merusak ginjal
Pernyataan ini benar adanya. Meskipun sangat digemari, minuman ini dinyatakan tidak baik untuk kesehatan. Minum 16 ounces atau lebih kola sehari (baik versi diet atau reguler), menurut studi dari National Institutes of Health (NIH) yang mempelajari 900 partisipan, bisa menggandakan risiko penyakit ginjal kronis.

Para pakar menduga bahwa kandungan asam fosfat di dalam kola merupakan pemicunya."Komponen ini telah berulang-ulang dikaitkan dengan perubahan kemih yang memicu batu ginjal," terang penulis studi, seperti dikutip situs prevention.com. Selain itu, konsumsi kola juga dikaitkan dengan penurunan kepadatan tulang perempuan, peningkatan risiko osteoporosis dan patah tulang. (IK/OL-06)


mediaindonesia.com
READ MORE - Selengkapnya

MEMAKI DAN MENCIUM APEL AMPUH UNTUK REDAKAN SAKIT


RASA sakit, baik akibat tertusuk atau tergores, merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Dan untuk meredakan rasa sakit ini, Anda tidak perlu bergantung pada obat-obat kimia penghilang rasa sakit. Penelitian terbaru telah mengungkap beberapa cara 'aneh' namun efektif yang bisa menjadi pilihan Anda. Berikut beberapa di antaranya:

Mengumpat
Jika lain kali Anda terkena percikan atau tumpahan air panas, tidak perlu menahan lidah dan menutup mulut. Cobalah mengumpat atau memaki. Cara ini, menurut temuan peneliti dari Inggris, bisa meningkatkan toleransi Anda terhadap ketidaknyamanan. Mengumpat bekerja dengan memicu serangkain reaksi fisik dan hormonal yang efektif meredakan rasa sakit akibat cedera.

Melihat foto
Sebelum melakukan tes yang kurang menyenangkan, seperti mammogram, cobalah melihat foto-foto orang tercinta Anda yang ada di ponsel. Cara ini bisa membantu menahan rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat mammogram.

Penelitian menemukan, perempuan yang melihat foto pasangan mereka selama menjalani tes laboratorium melaporkan lebih sedikit rasa sakit dibandingkan partisipan yang melihat foto benda mati atau orang asing. Wajah orang tercinta bisa memacu pelepasan zat kimia yang menutup area pengolah rasa sakit di otak.

Hidupkan fantasi
Untuk meredakan rasa nyeri atau sakit akut, cobalah membayangkan hubungan mesra dengan pasangan Anda. Sebuah studi dari John Hopkins menemukan, partisipan bisa menahan lebih banyak rasa sakit dan mengalami lebih sedikit kecemasan selama menjalani percobaan laboratorium saat pikiran mereka bergulat dengan aktivitas seksual dibandingkan orang-orang yang lebih banyak memikirkan topik lain.

Fantasi seksual, menurut co-author studi Hamid Hekmat PhD dari University of Wisconsin, berfungsi menarik perhatian Anda dari rasa sakit, mengurangi kecemasan dan membuat Anda lebih rileks.

Tarik napas dalam dan perlahan
Takut disuntik? Sebelum menerima injeksi, mulailah menggunakan teknik pernapasan yoga. Perempuan yang mengurangi kecepatan bernapas hingga setengahnya melaporkan lebih sedikit rasa tidak nyaman selama proses percobaan yang memicu rasa sakit. Pernapasan terukur membantu mengaktifkan respon perlawanan tubuh terhadap rasa sakit. Selain itu, cara ini juga bisa mengalihkan perhatian dari rasa sakit.

Meditasi setiap hari
Sebuah penelitian dari Kanada menemukan, orang-orang yang bermeditasi secara teratur mempunyai korteks yang lebih tebal dibandingkan orang-orang yang tidak. Korteks merupakan bagian otak yang memengaruhi sensitivitas rasa sakit. Melakukan meditasi selama beberapa hari dinyatakan cukup untuk meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit.

Cium apel hijau
Mulai merasakan gejala sakit kepala? Cobalah mengunyah apel atau menghirup wangi lilin dengan aroma yang sama. Sebuah studi dari Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago menemukan, saat partisipan yang sedang terserang migrain menghirup pipa berisi aroma apel, rasa sakit mengalami lebih banyak perbaikan dibandingkan saat menghirup pipa tanpa aroma.

Hal ini, menurut peneliti, bisa disebabkan oleh efek pengalih perhatian. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh aroma apel hijau yang bekerja mengurangi kontraksi otot di kepala dan leher, sehingga mengurangi sakit kepala. Studi-studi sebelumnya menemukan bahwa aroma apel hijau membantu mengurangi kecemasan. (IK/OL-06)
READ MORE - Selengkapnya

FAKTA MENARIK TENTANG GULA


ANDA keranjingan makanan manis dan mulai berpikir apakah gula bisa memicu ketergantungan? Menurut pakar, Anda tidak perlu menghindari gula sepenuhnya, tapi cobalah mengurangi. Untuk membantu Anda mengontrol asupan gula, berikut fakta mengenai gula.

Gula picu ketergantungan?
Semua orang, terang Marcia Pelchat PhD dari Monell Chemical Senses Center, cenderung menyukai gula. Akan tetapi, perannya dalam memicu ketergantungan belum bisa dipastikan. Para peneliti, terang dia, belum yakin apakah orang-orang bisa ketergantungan secara fisik terhadap gula.

Akan tetapi, beberapa studi yang dilakukan pada hewan menunjukkan adanya kemungkinan."Pada hewan-hewan yang diberikan akses berselang terhadap gula, terjadi perubahan dopamine otak, sama seperti kecanduan obat-obatan," terang Pelchat, seperti dikutip situs webmd.com.

Berbeda dengan penyalahgunaan obat-obatan, orang-orang tidak gemetar saat berhenti mengonsumsi gula. Tapi, orang-orang dengan keranjingan gula konstan tetap menunjukkan satu gejala ketergantungan."Orang-orang ini akan terus mengonsumsi meskipun sudah tahu akibat buruknya."

Gula perburuk kolesterol?
Para peneliti telah menemukan hubungan antara gula dan kadar lemak darah tidak sehat."Ada hubungan antara asupan gula dan dislipidemia (peningkatan kadar trigliserida dan penurunan kadar kolesterol baik HDL)," terang Rachel K. Johnson, RD MPH PhD, seorang profesor di bidang nutrisi dari University of Vermont.

Gula picu diabetes?
"Makan gula saja tidak akan menyebabkan diabetes," terang Johnson, Tapi, penelitian besar menunjukkan adanya hubungan antara asupan minuman berpemanis dengan diabetes.

Penyebab utamanya, terang dia, kemungkinan adalah obesitas. Minuman berpemanis berkaitan dengan indeks massa tubuh tinggi atau kelebihan berat dan obesitas."Yang telah dikenal sebagai faktor risiko diabetes."

Gula ganggu kesehatan anak?
Gula, terang pakar diet Kavey, tidak menjadi masalah. Yang menganggu adalah kelebihan berat badan."Gula menjadi masalah karena semakin meningkatnya angka obesitas pada anak-anak. Dan peningkatan ini terjadi bersamaan dengan penambahan asupan gula sederhana di kalangan anak," terang Kavey. Jus, soda, sereal berpemanis, kue, dan permen, terang dia, merupakan sumber gula paling umum dalam diet anak-anak.

Adakah tipe gula terbaik?
Selebritas dan juru masak menyatakan perlunya mengganti gula putih dengan gula yang lebih sehat, seperti madu, sirup maple, atau molasses (sirup). Akan tetapi, terang Johnson, belum ada bukti yang mendukung kesalahpahaman ini."Semuanya adalah gula sederhana. Baik mendapatkan dari gula putih atau tipe pemanis lainnya, Anda masih menambah kalori kosong ke dalam diet," papar Johnson.

Berapa takaran yang tepat?
Para pakar menekankan bahwa konsumsi jumlah sedang adalah kuncinya. Sebagai contoh, Asosiasi Jantung Amerika menganjurkan agar perempuan membatasi sekitar enam sendok teh gula sehari, atau sekitar 100 kalori. Lelaki sebaiknya membatasi hingga sembilan sendok teh sehari atau 150 kalori. (IK/OL-06)


mediaindonesia.com
READ MORE - Selengkapnya

MENGATASI DAN MENCEGAH PILEK SECARA ALAMI

Pilek atau selesma merupakan penyakit yang paling umum dan sering ditemui, dapat menyerang anak-anak maupun lanjut usia. Sebagian orang awam sering menyamakan penyakit ini dengan influenza, padahal sebenarnya pilek dan influenza adalah dua penyakit yang berbeda, hanya gejalanya ada kemiripan, biasanya influenza lebih hebat penderitaannya dibandingkan pilek. Pilek tidak disertai dengan demam tinggi atau menggigil seperti pada influenza.

Gejala pilek atau selesma ditandai dengan tersumbatnya saluran pernapasan, tidak enak badan, kepala terasa pening dan berdenyut-denyut, bersin-bersin, ingus yang cair meleleh keluar dari hidung, temperatur tubuh naik atau demam ringan , mata merah dan terasa sakit, sakit tenggorokan sehingga sulit menelan, suara serak dan batuk-batuk. Penyakit ini sering diikuti dengan peradangan tonsil/amandel dan radang tenggorokan. Pilek sebenarnya bukan termasuk penyakit berat namun sangat menganggu penderitanya.
Pilek atau selesma terutama disebabkan oleh infeksi virus, ada lebih dari 200 virus yang telah diketahui menimbulkan selesma. Juga dapat disebabkan karena daya tahan tubuh yang menurun, atau adanya alergi di hidung dan kerongkongan. Pilek sangat mudah menular, orang dengan daya tahan tubuh yang lemah mudah tertular penyakit ini. Penularan penyakit ini bisa terjadi melalui percikan bersin atau ludah penderita yang mengandung virus dan masuk melalui saluran pernafasan. Pilek biasanya berlangsung selama 1-2 minggu. Gejalanya akan berangsur-angsur berkurang setelah 3-5 hari dilakukan perawatan sendiri. Namun jika gangguan tetap tidak berkurang setelah 3-5 hari melakukan perawatan sendiri, menandakan adanya tambahan infeksi bakteri.

Walaupun selesma/pilek bukan termasuk penyakit yang berat, namun penyakit ini susah diatasi sehingga sering kambuh. Pengobatan yang bisa dilakukan hanya untuk meredakan gejala atau simtomnya. Hal ini karena virus yang menyebabkan selesma sangat banyak jumlahnya dan dapat mengalami perubahan atau memiliki kesanggupan untuk mengalami mutasi genetik sehingga dapat timbul virus-virus baru. Hal tersebut menyebabkan virus selesma kebal terhadap vaksin tertentu atau antibodi tertentu dalam beberapa waktu sehingga sangat sulit untuk membuat vaksin selesma.

Penyakit selesma merupakan penyakit yang sering menyerang dan berulang-ulang. Karena ada lebih dari 200 virus yang dapat menyebabkan penyakit ini, maka dalam setahun bisa terserang pilek berkali-kali, amatlah mungkin terserang selesma lagi sebelum selesma yang pertama selesai. Oleh karena itu, untuk mencegah selesma yang paling utama adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu melalui pola hidup sehat, seperti olahraga yang teratur dan terukur serta tidak berlebihan, menghindari atau mengendalikan stres dengan baik, serta asupan makanan yang bergizi terutama yang mengandung vitamin A can C. Selain itu agar terhindar dari selesma, sering-seringlah mencuci tangan, karena virus selesma dapat bertahan pada meja, pegangan pintu, uang atau apapun selama beberapa jam. Hindari juga lingkungan atau orang yang selesma karena bisa tertular melalui percikan bersin penderita.

Untuk perawatan selesma tanpa disertai komplikasi adalah banyak istirahat, makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan kondisi tubuh, kompres hangat di dada dan kepala, mandi dengan air hangat, dan minum obat untuk mengatasi gejala selesma yang tidak nyaman.

Herbal atau tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi pilek atau selesma mempunyai efek sebagai penurun panas (antipiretik), anti-infeksi, antitussif (meredakan batuk), dan membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Berikut beberapa resep tumbuhan obat untuk mengatasi pilek :
Resep 1.
10 lembar daun sirih + 25 gram empu kunyit (dipotong-potong), setelah dicuci bersih direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, tambahkan madu atau gula batu, airnya diminum 2-3 kali, setiap kali minum 100-150 cc.

Resep 2.
Daun sambiloto kering dijadikan bubuk, ambil 1-2 gram bubuk tersebut lalu seduh dengan air panas, tambahkan madu, diaduk, lalu diminum setelah hangat. Lakukan 3 kali sehari.

Resep 3.
Sambung nyawa segar + 15 gram pegagan segar, dicuci bersih lalu diblender + 150 cc air matang, diblender, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Resep 4.
10 gram jahe segar + 1 siung bawang putih, dicuci bersih dan dihaluskan,lalu diseduh dengan 200 cc air panas, tambahkan air perasan dari ½ buah jeruk lemon dan madu, kemudian diminum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari.

Catatan : pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur. Untuk perebusan gunakan periuk tanah, panci kaca/pyrex atau panci enamel.


Sumber: hembing
READ MORE - Selengkapnya

WANITA MENIKAH LEBIH MERASA BERSALAH JIKA DINAS KELUAR KOTA


Perjalanan dinas ke luar kota memang menyenangkan tetapi tidak bagi perempuan menikah. Pasalnya, secara tradisional perempuan cenderung berpikir mereka seharusnya tidak berlama-lama meninggalkan rumah. Sebaliknya, pria cenderung memanfaatkan waktu perjalanan dinas ke luar kota untuk 'melarikan diri' dari kehidupan keluarga.

Gunilla Bergstrom Casinowksy, Peneliti Gothenberg University mengungkap perbedaan perspektif antara laki-laki dan perempuan sangat nyata terlihat dalam pekerjaan. Perempuan cenderung memprioritaskan rumah dan anak-anak, dan perjalanan dinas ke luar kota tidak sejalan dengan perspektif mereka.

Sebelumnya, Gunilla menanyakan pengalaman ratusan pasangan yang pernah mengalami pejalanan dinas ke luar kota. Ia kemudian bertanya secara intensif kepada masing-masing pasangan prihal pengalaman perjalanan dinas mereka. Hasilnya, Gunilla menemukan perbedaan perspektif yang mendalam antara laki-laki dan perempuan terkait pekerjaan.

"Perempuan yang bertugas di luar kota mengalami perasaan emosional berupa kesepian, merasa bersalah pada anak dan khawatir ketika mereka jauh dari rumah," ungkapnya seperti dikutip dari telegraph,


Ia menambahkan hasil riset juga mengungkap tentang perasaan dan tekanan lain terhadap perempuan diluar ketakutan mereka pada situasi ruang publik saat malam tiba. Fakta itu berbanding terbalik dengan pria yang cenderung tidak melihat unsur emosional seperti kesepian atau perasaan bersalah.

Gunilla menilai pria saat bertugas di luar kota begitu menikmati pekerjaan mereka tanpa harus berpikir tentang keluarga dan anak.

"Mereka (pria) juga mendapatkan keuntungan dari perjalanan dinas ke luar kota. Mereka merasa jauh dari rutinitas rumah, pria bisa membuat diri mereka lebih rileks dan bekerja tanpa harus berkompromi dengan kepentingan keluarga. Perbedaan tidak sampai disitu, perempuan juga dituntut untuk menangani pekerjaan rumah tangga. Disisi lain, pria tidak dituntut demikian," ungkapny.

Bergstrom Casinowsky, yang tengah mengerjakan tesis tentang perbedaan perspektif Laki-laki dan Perempuan dalam pekerjaan menilai, pria cenderung memiliki kemudahan untuk mengkombinasikan antara bekerja, keluarga dan perjalanan dinas. "Satu hal yang menarik, saya menemukan catatan khusus mengapa wanita menerima tanggung jawab mereka di rumah, kendati pria atau wanita yang bertugas di luar kota," ujarnya.

Dia menuturkan asalan mengapa sejumlah kantor lebih sering mengirimkan pria untuk melakukan perjalanan ke luar kota. Alasannya, kata dia, sangat jelas. Wanita terutama yang telah mempunyai anak sulit untuk menerima perjalanan dinas ke luar kota lantaran faktor keluarga dan anak


REPUBLIKA.CO.ID
READ MORE - Selengkapnya

MENURUT SURVEY PENYEBAB UTAMA STRES ADALAH PASANGAN


Pekerjaan menumpuk dan atasan marah-marah bukanlah penyebab utama stres. Hasil survei justru mengungkap pasanganlah yang menyebabkan stres ketimbang persoalan kantor.

Alasannya, rumah tidak memiliki tempat yang cukup untuk relaksasi. Sebaliknya, kantor memungkinkan seseorang mencari tempat guna relaksasi sejenak.

Hasil survei yang melibatkan tiga ribu pria dan wanita ini juga mengungkap, pasangan tidak hanya menghadirkan stres, tetapi juga tekanan darah tinggi.

Lebih 58 persen partisipan mengaku keberadaan pasangan membuat mereka dalam tekanan. Sementara itu, 43 persen partisipan mengaku kehadiran bos juga menambah tekanan terhadap mereka.

Survei juga mengungkap, sekitar 18 persen partisipan wanita yang mengaku merasa tertekan lantaran kehadiran rekan kerja. Sebaliknya, hanya 12 persen partisipan pria yang mengaku "gerah" dengan keberadaan rekan kerja mereka.

Cary Cooper, professor of health psychology, Lancaster University, mengatakan dari hasil survei nampak partisipan mencampur-adukan urusan kantor dengan urusan pribadi mereka. Selain itu, ketakutan kehilangan pekerja menambah buruk keadaan.

"Satu strategi yang harusnya dilakukan oleh partisipan adalah mereka sebaiknya berbagi dengan pasangan," ujarnya seperti dikutip Dailymail, Senin (28/6).

Ia menambahkan satu hal yang harus dilakukan guna menghindari stres adalah bekerja secara berlebihan. Menurutnya, kerja secara berlebihan tidaklah baik lantaran dapat mengancam kesehatan dan interaksi sosial dengan lingkungan serta keluarga.

"Kewajiban terhadap keluarga dan karir bisa menambah tekanan pada wanita. Akibatnya, wanita cenderung mudah stres ketimbang pria. Meski demikian, mereka seharusnya bisa berbicara tentang perasaan mereka masing-masing," katanya.

Sementara itu, hasil survei lainnya juga terungkap bahwa wanita cenderung khawatir terhadap berat badan. Selain itu, 27 persen wanita juga khawatir dengan gaji mereka. Wanita juga dua kali lebih khawatir tentang pengaruh obesitas terhadap masa depan kesehatan mereka dari dampak kolesterol tinggi atau bahkan kanker.

Hanya 36 persen laki-laki yang berpikir berat badan mereka sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan, sementara 33 persen partisipan pria mengatakan mereka khawatir dengan upah.

Ihwal masa depan, hampir setengah partisipan optimis tentang masa depan mereka. Kebanyakan dari mereka juga yakin bisa hidup dengan usia diatas rata-rata 79 tahun. Bahkan tiga persen partisipan berharap mencapai usia 100 tahun, dengan alasan kemajuan teknologi medis akan memberikan penyembuhan terbaik.
READ MORE - Selengkapnya

DENGAN TES DARAH SEDERHANA KAPAN ANDA MENOPAUSE DAPAT DIPREDIKSI


Tak perlu lagi menebak-nebak kapan menopouse datang. Dengan tes darah sederhana, dalam hari yang sama dokter bakal bisa menebak kapan persisnya menopouse itu menghampiri kita.

Dalam penelitian yang akan dipresentasikan pada hari Senin pada sebuah konferensi fertilitas Eropa di Roma, para ahli mengatakan penelitian pendahuluan di Iran itu bisa menjadi langkah pertama untuk mengembangkan sebuah alat untuk membantu wanita memutuskan kapan mereka ingin memiliki anak.

Tes tidak memprediksi kapan wanita akan kehilangan kesuburan mereka - yang biasanya terjadi sekitar satu dasawarsa sebelum menopause - tetapi jika dokter tahu kapan perempuan akan masuk pada fase menopause. Caranya adalah dengan menghitung secara kasar kapan mereka akan kehabisan telur.

Para ilmuwan mengatakan tes itu bisa sangat membantu dalam mengidentifikasi wanita yang mungkin masuk ke menopause dini. Dalam beberapa dasawarsa, kecenderungan perempuan untuk mendapatkan menopouse pada akhir usia 40-an tahun lebih tinggi dari sebelumnya, yaitu pada pertengahan usia 50-an.

Saat ini, ada beberapa petunjuk bagi dokter untuk mengatakan mana wanita muda mungkin menuju menopause dini. "Tes darah dan ovarium scan hanya memberikan pemberitahuan terlebih dahulu wanita beberapa tahun," demikian bunyi simpulan presentasi penelitian itu.

Dalam uji coba itu, ilmuwan Iran mengambil sampel darah dari 266 perempuan berusia 20 hingga 40 dan mengukur jumlah hormon anti-mullerian, atau AMH, dalam tubuh mereka. Pengujian jumlah AMH pada wanita memberitahu dokter berapa banyak telur yang tertinggal dalam ovarium. Dua sampel darah diambil pada enam tahun berikutnya dan pemeriksaan fisik juga dilakukan.

Berdasarkan jumlah AMH, ilmuwan menggunakan model matematis untuk memperkirakan kapan perempuan akan masuk ke menopause. Prediksi para peneliti adalah akurat untuk dalam waktu empat bulan. Studi ini dimulai pada tahun 1998 dan terus diperbarui hingga saat ini.

"Ini bukan sesuatu yang kita bisa mulai bergulir besok," kata William Ledger, pakar kesuburan di Universitas Sheffield, yang tidak terlibat dalam penelitian. "Tapi itu bisa sangat berguna untuk wanita muda yang membuat pilihan tentang apakah bekerja atau memiliki keluarga."

Penelitian sebelumnya di Kanada, Amerika Serikat, dan tempat lain telah menyarankan menganalisis AMH untuk membantu memprediksi kapan perempuan akan masuk ke menopause, tetapi tidak ada studi jangka panjang setelahnya.

"Jika model kita divalidasi, lalu perempuan berusia 20-an bisa melakukan tes darah dan kami dapat menyediakan perkiraan yang baik bagi mereka tentang waktu datangnya menopouse, sehingga mereka bisa lebih gampang merencanakan untuk mempunyai anak dan seterusnya," kata Dr Ramezani Tehrani, seorang profesor ilmu kesehatan di Universitas Shahid Beheshti di Teheran, yang memimpin penelitian.

Beberapa ahli, bagaimanapun, skeptis tes darah tunggal pada perempuan muda bisa begitu mudah mengungkapkan jatuhnya waktu menopouse. "Prinsip pengukuran AMH adalah wajar, tapi saya tidak yakin Anda bisa memprediksi (menopause) beberapa dekade di muka dengan satu tes," kata Nick Panay, seorang ginekolog di Rumah Sakit Chelsea di London. Dia mengira mungkin perlu untuk menguji perempuan lebih sering saat mereka semakin dewasa untuk memantau jika kadar hormon menurun, sebagai indikasi menopause sudah dekat.

Para dokter mengatakan lebih banyak data harus tersedia tentang reliabilitas tes di sekitar lima sampai enam tahun. "Kalau kita menggunakan tes untuk menasihati wanita tentang kapan sebaiknya memiliki anak atau memiliki (in-vitro fertilisasi), maka perlu tes yang sangat kuat," kata Dr Nicholas Macklon, profesor kebidanan dan ginekologi di University of Southampton.



REPUBLIKA.CO.ID
READ MORE - Selengkapnya

CEGAH PENUAAN DINI DENGAN OBAT ALTERNATIF BERIKUT INI


USIA akan terus bertambah tanpa bisa dicegah. Tapi, bukan berarti Anda harus tampil sesuai usia. Anda bisa terlihat dan merasa tetap muda dengan memenuhi kebutuhan nutrisi alami bahkan dari pilihan makanan yang Anda konsumsi. Berikut beberapa pengobatan alami yang bisa menjaga penampilan Anda serta membantu mencegah berbagai gangguan kesehatan:

Alpha Lipoic Acid (ALA)
ALA secara alami terkandung dalam daging merah. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi ALA dalam bentuk suplemen. Komponen satu ini berfungsi memperbaiki kondisi sakit saraf akibat diabetes dan mengatasi glaucoma. Selain itu, ALA juga berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel.

Antioksidan
Antioksidan merupakan substansi yang berfungsi melindungi sel-sel dari efek radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul-molekul yang merusak sel-sel dan turut memicu penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya.

Minyak ikan (fish oil)
Asam lemak omega-3 bekerja mencegah peradangan, menurunkan tekanan darah dan memperlambat pertumbuhan plak. Untuk menambah asupan omega-3, cobalah mengonsumsi oily fish seperti salmon paling tidak dua kali seminggu. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan suplemen EPA dan DHA sebanyak 850 hingga 1.000 mg sehari. Paling tidak ada empat studi yang melaporkan adanya pengurangan kadar omega-3 dalam darah penderita depresi. Selain itu, penderita rematik arthritis juga mempunyai kadar asam lemak omega-3 rendah.

Asam folat
Asam folat bisa membantu mencegah penyakit jantung dan stroke dengan cara mengurangi kadar homocysteine. Homocysteine merupakan zat kimia penyerang arteri yang menumpuk dalam darah orang-orang yang banyak mengonsumsi daging. Asam folat juga membantu mencegah kanker paru-paru, usus besar dan serviks.

Glucosamine
Glucosamine dipadukan dengan chondroitin bisa mengurangi peradangan dan meningkatkan kelembaban tulang rawan di persendian.

Teh hijau
Orang-orang yang minum teh hijau secara teratur, menurut peneliti dari Dartmouth Medical School, mempunyai lebih sedikit kerusakan kulit terkait sinar matahari dibandingkan orang-orang yang tidak minum teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan EGCG yang juga bisa digunakan dalam bentuk salep. (IK/OL-06)
READ MORE - Selengkapnya

TERNYATA MINUM JUS KODOK DAPAT MENGATASI IMPOTENSI


ANDA tentu terbiasa meminum berbagai macam jus, seperti jus buah dan sayur atau campuran keduanya untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit. Namun, bagaimana jika Anda disuguhi jus kodok?

Ya, jus kodok ternyata benar-benar ada dan memiliki khasiat untuk mengobati beberapa penyakit, tapi bagi orang-orang tertentu, jus ini lebih populer karena dapat mengobati impotensi pada pria.

Di Peru, jus macam ini kerap disebut 'viagra' karena sangat cocok bagi para pengidap lemah syahwat. Masyarakat Peru percaya jus kodok memiliki khasiat sebagai penambah stamina. Jus kodok atau extracto de rana ini sangatlah laris di pasar lokal Kota Lima. Karena, selain untuk pengobatan impotensi, jus ini juga dapat mengobati penyakit lain seperti, asma, bronkitis, dan tubuh lesu.

Efek afrodisiak utama jus ini mungkin berasal dari salah satu bahan yang disebut maca yakni tanaman asal Amerika Selatan yang terkenal karena kekuatan erotisnya.

Bila Anda berjalan-jalan di pasar Kota Lima, beberapa penjual jus kodok akan siap melayani Anda. Salah satunya adalah Carmen Gonzalez.

Jika seorang pelanggan menghampirinya, dengan sigap, Carmen segera mencomot salah satu kodok dari aquarium di mobil tokonya lalu membanting kodok tersebut di meja untuk membunuhnya. Kemudian, dibuatlah dua sayatan sepanjang perutnya dan dikuliti layaknya jagung. Carmen lalu mencampurkan tiga sendok panas kaldu kacang putih, dua sendok penuh madu, dan lidah buaya serta tak ketinggalan beberapa sendok maca ke dalam blender. Setelah tercampur, ia memasukkan kodok ke dalam adonan tersebut. Hasilnya, minuman seperti milkshake yang menyengat tenggorokan.

Per hari, sedikitnya ada 50 pelanggan yang menghampiri kios Carmen untuk meminum jus kodok. Mereka menikmati jus itu layaknya orang yang ingin bersantai minum kopi di pagi atau sore hari. (Pri/OL-08)
READ MORE - Selengkapnya

HILANGKAN STRES DENGAN BEROBAT KE DR. FISH


ANDA ingin menghilangkan stres atau menurunkan tekanan darah, tapi enggan untuk menjalani pengobatan ke dokter atau rumah sakit? Kalau begitu, datang saja ke dokter ikan (dr fish), mereka akan mengobati Anda tidak dengan rasa sakit, tapi geli.

Ya, pengobatan Dr Fish yang berasal dari 'Negeri Tirai Bambu' ini memang tengah menjadi terapi pengobatan alternatif sekaligus relaksasi yang diminati masyarakat. Dalam pengobatan ini, ikan-ikan berjenis garafura yang jumlahnya bisa mencapai ribuan ini akan mematok beberapa bagian tubuh Anda di dalam air. Ikan berukuran sebesar jari kelingking orang dewasa ini mulanya hidup di air laut, tapi lalu dipindahkan ke kolam air tawar. Sebenarnya ada sebanyak 12 jenis garafura, tapi yang biasa digunakan untuk pengobatan ini jenis chinchin yang berasal dari China.

Mula-mula, Anda diharuskan masuk ke dalam sebuah kolam yang berisi sekitar 1.000 ikan garafura, tapi jika enggan, Anda boleh hanya menceburkan kaki saja. Setelah itu, garafura yang memiliki karakter agresif langsung menyerbu bagian tubuh Anda lalu mematoknya seolah-olah sedang berebut makanan siang. Saat dipatok ribuan garafura, bukannya merasa sakit, Anda malah akan merasa kegelian seperti kesemutan.

Ribuan garafura itu memakan sekaligus menyingkirkan kulit mati dan parasit pada tubuh, terlebih pada kaki yang kapalan. Maka itu, tak mengherankan bila kita pertama kali mencoba pengibatan ini, ribuan ikan itu langsung 'mengeroyok' Anda. Jangan keburu ketakutan dan melompat dari kolam, pasrah aja. Lambat laun, Anda akan merasakan kenikmatan serasa dipijat.

Namun, jangan terlena dengan pijatan si dokter ikan ini. Pengobatan garafura hanya boleh berlangsung selama 30 menit. Tak boleh lebih dari itu karena bila terlalu lama berendam di air, kulit akan melunak.

Patokan garafura juga merangsang terbukanya simpul-simpul syaraf sehingga memperlancar peredaran darah. Karena itu, seusai 'berobat', badan Anda pun menjadi rileks dan segar. (Pri/OL-06)


artikel dari : mediaindonesia.com
READ MORE - Selengkapnya

ANDA INGIN KELIHATAN MENARIK, INILAH TIPSNYA


KEINGINAN untuk tampil menarik merupakan sifat alami manusia. Selain itu, orang-orang yang menarik cenderung lebih populer di kalangan lawan jenis. Selain itu, menurut beberapa studi, bahkan lebih mapan secara finansial.

Bagaimana cara untuk tampil lebih menarik? Tentu saja Anda bisa menggunakan sejumlah barang dan produk kecantikan. Akan tetapi, ada kebiasaan kecil yang dinyatakan efektif memperbaiki penampilan. Kebiasaan apa saja? Berikut uraiannya untuk Anda:

Ganti seprei.
Seprei dan sarung bantal kotor merupakan pemicu utama munculnya jerawat. Karena itu, cobalah mengganti sprei paling tidak sekali seminggu untuk mengurangi kontak kulit dengan kotoran yang akan menyumbat pori-pori.

Keramas tidak lebih dari sekali sehari.
Idealnya, cobalah keramas tidak lebih dari beberapa kali dalam seminggu. Pasalnya, sampo bisa mengikis minyak alami rambut, sehingga membuat rambut jadi kering dan rapuh. Jika Anda olahraga secara teratur, cobalah hanya keramas sekali saja sehari diikuti dengan penggunaan kondisioner.

Flossing setiap hari dan putihkan gigi setiap enam bulan.
Untuk mendapatkan senyum memikat. Jangan lupa flossing setiap hari. Cara ini membantu mengangkat kotoran yang tertimbun di sela-sela gigi. Selain itu, Anda bisa menggunakan perangkat pemutih gigi untuk mendapatkan senyum yang lebih cemerlang. Tapi, pastikan memutihkan gigi tidak lebih dari sekali dalam enam bulan. Terlalu sering bisa memicu gusi sensitif. Selama seminggu setelah melakukan pemutihan, hindari makanan yang bisa meninggalkan noda di gigi, seperti anggur merah, kopi dan saus kedelai.

Bercukur setelah mandi.
Uap dari kamar mandi seperti sauna yang menciptakan lingkungan lembab. Kondisi ini akan membuka pori dan membuat rambut lebih lembut. Hal ini akan mengurangi risiko rambut tumbuh ke dalam dan terbakar akibat cukur. Jika tidak sempat mandi, cobalah menciptakan kompres panas dengan merendam handuk wajah dalam air panas kemudian oleskan ke wajah selama dua hingga tiga menit.

Bersihkan wajah, gunakan pelembab, krim perawatan mata, dan pelembab bibir setiap pagi.
Rutinitas perawatan kulit dasar merupakan suatu keharusan untuk memperbaiki penampilan kulit. Mulailah dengan mild cleanser, khususnya yang mengandung 2 persen asam salisilat untuk membantu mengatasi jerawat. Ikuti dengan exfoliant sebanyak dua hingga tiga kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Selanjutnya, oleskan pelembab untuk memperbarui cairan kulit dan mencegah penuaan terkait kerusakan akibat sinar matahari. Kemudian oleskan krim mata untuk menjaga kelembaban dan kelenturan kulit di area mata. Akhiri dengan sentuhan pelembab bibir untuk mendapatkan bibir yang halus dan lembut. (IK/OL-06)


mediaindonesia.com
READ MORE - Selengkapnya

ILMUWAN IRAN BERHASIL MENEMUKAN CARA MEMPREDIKSI WAKTU MENOPAUSE


Sejumlah ilmuwan Iran menemukan cara memprediksi secara akurat kapan para wanita akan mengalami menopause melalui tes darah sederhana. Penemuan itu menawarkan kesempatan kepada para wanita untuk merencanakan keluarga dan karier jauh sebelum terjadi menopause.

Menurut data yang dipresentasikan pada konferensi Masyarakat Reproduksi Manusia dan Embriologi Eropa, di Roma, Senin (28/6), tes yang mengukur kadar hormon yang diproduksi oleh sel dalam ovarium itu mampu memprediksi usia saat wanita mengalami menopause rata-rata dalam empat bulan.

"Hasil penelitian itu dapat memungkinkan kami membuat perkiraan yang lebih realistis tentang status reproduksi wanita beberapa tahun sebelum mereka mengalami menopause," tutur Ramezani Tehrani dari Universitas Kedokteran Shahid Beheshti, Teheran, yang memimpin peelitian itu.

Para ahli yang mengomentari hasil penelitan itu sepakat bahwa penelitian tersebut menjanjikan. Tetapi, menurut mereka penemuan itu perlu ditegaskan dengan percobaan yang lebih besar. "Kemungkinan dari perkiraan akurat menopause sangat menarik. Orang telah mencari sesuatu seperti ini selama bertahun-tahun," kata Dagan Wells dari Nuffield Department of Obstetrics and Gynaecology pada Universitas Oxford.

Usia rata-rata menopause adalah 51 tahun, dengan ovulasi pada sebagian besar wanita berakhir pada usia 40 hingga 60 tahun. Namun hal itu bisa terjadi lebih lambat atau lebih awal, yang menyulitkan para wanita yang ingin mengembangkan karier sebelum memiliki bayi untuk mengetahui berapa lama harus menunggu.

Tim Teheran itu meneliti sampel darah dari 266 wanita berusia antara 20 tahun hingga 49 tahun yang juga ikut dalam penelitian lain yang disebut Studi Glukosa dan Lipid Teheran, yang dimulai pada 1998.

Mereka kemudian mengukur konsentrasi hormon yang disebut anti-Mullerian Hormone (AMH) yang diproduksi oleh sel dalam ovarium wanita. AMH mengontrol perkembangan folikel dalam obvarium dari mana telur berkembang, dan para ilmuwan tersebut menduga itu mungkin berguna untuk menilai fungsi ovarium.

Model statistik

Para peneliti mengambil dua sampel darah lagi dengan interval tiga tahun dan juga mengumpulkan informasi tentang latar belakang sosial ekonomi dan reproduksi para wanita itu.

"Kami mengembangkan sebuah model statistik untuk memperkirakan usia menopause dari ukuran tunggal konsentrasi AMH. Dengan menggunakan model ini, kami memperkirakan usia rata-rata menopause bagi wanita pada titik waktu yang berbeda dalam masa reproduksi mereka," papar Ramezani.

Para peneliti Teheran itu mengatakan hasil penelitian menunjukkan 'tingkat kesepakatan yang baik' antara usia yang diprediksi dengan usia riil untuk 63 wanita dalam kelompok yang mengalami menopause selama penelitian.

Perbedaan rata-rata antara usia yang diprediksi dengan usia riil menopause adalah sepertiga tahun, dan tingkat kesalahan maksimal adalah tiga hingga empat tahun.

Wells mengatakan, penting untuk mengetahui apakah metode itu juga membantu memprediksi waktu saat fertilitas berakhir secara efektif. "Seorang wanita mungkin berhenti mengalami ovulasi bulanan dan mencapai menopause pada usia 50 tahun, tetapi menjadi infertil secara efektif beberapa tahun sebelumnya," jelasnya.

Menurut Wells, pasien perlu mengetahui bahwa fertilitas akan menurun tajam beberapa tahun sebelum ovulasi berakhir



REPUBLIKA.CO.ID
READ MORE - Selengkapnya

BENTUK TUBUH DAPAT UNGKAP TINGKAT INTELEKTUAL?


Tak salah bila seseorang mendambakan tubuh ideal. Pasalnya, hasil riset mengungkap tingkat intelektualitas seseorang dipengaruhi oleh bentuk tubuh yang ideal. Disebutkan tubuh yang ideal itu adalah bentuk tubuh yang simetris dimana bagian kiri dan kanan tubuh cenderung sama.

Sebaliknya, hasil riset yang dipublikasikan Virginia Commonwealth University ini juga mengungkap seseorang yang memiliki tubuh kurang simetris cenderung memiliki tingkat intelektualitas yang kurang.

Peneliti berasumsi, penilaian simetris atau tidak tergantung dari ukuran bagian tubuh seperti jemari, bentuk lengan, kaki dan tangan memiliki panjang dan lebar yang sama atau tidak. Jika sama, peneliti berkesimpulan individu tersebut memiliki tingkat intelektualitas yang baik.

"Sejauh ini, kemampuan kognitif seseorang secara nyata telah menjadi medium prediksi terbaik ketika melihat performa pekerjaan seseorang,"ujar salah seorang peneliti, George Banks, seperti dikutip dari Healthday, akhir pekan lalu.

Banks menambahkan hasil riset sekaligus membuktikan satu potensi yang mengungkap perbedaan tingkat intelegensia seseorang.

Sebelumnya, Banks dan tim peneliti menganalisa ulang 14 hasil riset guna menjelaskan hubungan antara bentuk tubuh dengan kemampuan otak seseorang. Belasan riset tersebut telah melibatkan lebih dari 1.900 partisipan.

Usai menganalisa keseluruhan riset, Banks dan kolega menemukan beberapa catatan penting yang mengungkap hubungan antara kecerdasan sebagai indikator kesehatan individu di masa depan, kematian dan kondisi fisik.

Selain itu, Banks dan timnya juga menemukan catatan penting bahwa tingkat kecerdasan seseorang berpengaruh terhadap keberhasilan reproduksi dan kemampuan bertahan hidup di masa depan.

REPUBLIKA.CO.ID
READ MORE - Selengkapnya

MENGUSIR BATU GINJAL DENGAN 7 BAHAN ALAMI


PEMBENTUKAN batu dalam ginjal atau saluran kencing merupakan gangguan yang umum terjadi. Batu ini terbentuk dari zat kimia yang terdapat dalam air seni, seperti asam urat, fosfor, kalsium dan asam oksalat. Batu terbentuk dan membesar karena konsentrasi substansi tertentu dalam air seni sudah melebihi daya larutnya.

Sekitar 90 persen batu mengandung kalsium sebagai komponen utama. Lebih 50 persen dari jumlah ini merupakan campuran kalsium, amonium dan magneisum, fosfat dan karbonat.

Gejala
Rasa sakit parah batu ginjal biasanya disebabkan batu bergerak melewati saluran kencing ke kandung kemih. Rasa sakit pertama-tama akan terasa di bagian sisi, dan selanjutnya di dalam selangkangan dan paha.

Gejala lain batu ginjal adalah sering-sering ingin buang air seni, sakit saat kencing, jumlah air seni hanya sedikit, mual, muntah, berkeringat dan panas dingin. Selain itu, pasien juga bisa mengeluarkan darah saat buang air seni.

Cara mengatasi
Kidney bean (seperti kacang merah)
Kacang ini dinyatakan sangat efektif dalam mengatasi gangguan ginjal, termasuk batu ginjal. Caranya, lepaskan kacang dari kulit, kemudian iris kulit kacang hingga sekitar 60 gram. Selanjutnya, masukkan ke dalam empat liter air panas, rebuslah dengan api kecil selama enam jam. Cairan ini sebaiknya disaring dengan kain kasa halus dan didinginkan selama delapan jam.

Selanjutnya, cairan kembali disaring dengan kain kasa halus tanpa menggoyang kain. Setelah disaring, minumlah satu gelas cairan tersebut setiap dua jam sekali sepanjang hari. Teruskan selama beberapa kali seminggu. Cairan ini tidak berfungsi jika sudah lebih dari 24 jam.

Kemangi
Kemangi mempunyai efek menguatkan ginjal. Dalam kasus batu ginjal, cobalah mengonsumsi satu sendok teh jus kemangi dan satu sendok teh madu. Konsumsi setiap hari selama enam bulan. Cara ini dinyatakan bisa mengeluarkan batu dari saluran kencing.

Apel
Apel juga berperan dalam mengatasi batu ginjal. Di negara-negara yang menggunakan sari apel alami tanpa pemanis sebagai minuman sehari-hari, kasus batu ginjal hampir tidak ada. Akan tetapi, buah apel segar dinyatakan lebih bermanfaat.

Anggur
Anggur bermanfaat sebagai diuretik karena kaya air dan garam kalium. Selain itu, buah satu ini juga mempunyai kandungan albumin dan sodium klorida rendah, sehingga cocok untuk mengatasi batu ginjal.

Buah delima
Biji buah delima dinyatakan bagus untuk mengatasi batu ginjal. Cobalah mengonsumsi satu sendok makan biji buah delima setelah dihaluskan hingga menjadi bentuk pasta.

Semangka
Semangka merupakan buah paling kaya air dibandingkan dengan buah lainnya. Selain itu, buah ini juga kaya garam kalsium. Buah ini merupakan salah satu diuretik teraman dan paling baik yang bisa digunakan untuk mengatasi batu ginjal.

Vitamin B6
Penelitian, seperti dikutip situs home-remedies-for-you.com, menunjukkan kesuksesan vitamin B6 dalam mengatasi batu ginjal. Cobalah mengonsumsi 100 hingga 150 mg vitamin B6 per hari. Ada baiknya dipadukan dengan vitamin B kompleks lainnya. Konsumsi selama beberapa bulan untuk mendaatkan hasil permanen. Akan tetapi, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan dosis yang paling tepat untuk Anda. (IK/OL-08)


mediaindonesia.com
READ MORE - Selengkapnya

MENGATASI BATU EMPEDU DENGAN RAMUAN HERBAL

Kandung empedu adalah salah satu organ tubuh yang kecil dan berotot yang berbentuk kantong tempat menyimpan cairan empedu yang merupakan campuran dari asam-asam, garam kalsium, pigmen bilirubin dan kolesterol. Kandung empedu pada malam hari akan diisi dengan empedu yang dihasilkan oleh hati, dan akan dikeluarkan pada pagi harinya ketika sarapan. Kandung empedu dapat mengalami gangguan, yang paling sering terjadi adalah pembentukan batu. Selain di kandung empedu, kadang-kadang batu (calculi) dapat juga terbentuk dalam saluran empedu tetapi jarang terjadi.

Batu empedu disebabkan karena oleh perubahan secara kimiawi pada empedu seseorang. Batu empedu kebanyakan terbentuk dari kolesterol yang larut dalam empedu. Selain itu dapat juga terbentuk dari campuran kolesterol dan bilirubin (pigmen empedu), atau campuran kalsium dan bilirubin. Faktor lain terjadinya pembentukan batu empedu adalah adanya unsur-unsur yang mempermudah terjadinya kristalisasi. Terbentuknya batu biasanya karena empedu terlalu lama di simpan dalam kantung empedu, kemudian batu tersebut dapat berjalan ke saluran empedu dan menyangkut di sana.

Bentuk dan ukuran batu empedu bermacam-macam. Batu empedu yang terbentuk dari kristal kolesterol berwarna kuning dan mengkilat. Batu yang terbentuk dari pigmen bilirubin biasanya berwarna hitam dan keras atau berwarna coklat tua tetapi rapuh. Ukuran batu empedu rata-rata berdiameter sekitar 1-2 cm.

Batu empedu yang tinggal diam tidak menimbulkan gejala apa-apa. Namun apabila batu tersebut menyumbat saluran empedu atau mengakibatkan peradangan pada kantung empedu akan menimbulkan serangan hebat yang sakit sekali. Gejala yang biasa ditimbulkan antara lain dimulai dengan nyeri akut yang hebat pada bagian atas kanan perut yang menjalar ke punggung. Umumnya serangan batu empedu sering timbul pada malam hari atau sesudah makan terutama sewaktu mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Makanan yang mengandung lemak tersebut dapat memicu hormon menstimulasi kantong empedu sehingga berkontraksi dan memaksa empedu yang tersimpan di dalamnya keluar dan masuk usus halus. Namun karena ada batu yang menghambat aliran empedu, kantung empedu berkontraksi dengan kuat sehingga timbul rasa nyeri yang hebat. Gejala lainnya yaitu gangguan pencernaan, mual, muntah, gas dalam perut, sendawa, kolik, berkeringat, kedinginan, suhu badan agak tinggi dan feses berwarna coklat. Batu yang terdapat pada saluran empedu dapat menyumbat dan menghambat aliran empedu sehingga dapat menyebabkan penyakit kuning dan memungkin infeksi menjalar ke hati. Pecahan batu empedu dapat menyebabkan iritasi pada dinding kandung empedu dan saluran empedu sehingga terjadi infeksi dan peradangan.

Penyakit batu empedu lebih sering diderita oleh wanita sampai pada usia 50 tahun. Di atas usia tersebut, pria dan wanita mempunya risiko yang sama untuk menderita batu empedu. Semakin bertambahnya usia semakin besar kemungkinan orang untuk terserang batu empedu. Wanita yang mengalami lebih dari 2 kali kehamilan juga mempunyai risiko yang lebih tinggi terkena batu empedu.

Diet yang harus diperhatikan oleh penderita batu empedu antara lain yaitu :
  • Mengurangi makanan berlemak untuk mencegah serangan,
  • Hindari makanan yang digoreng, daging kambing, daging babi, bumbu-bumbu yang merangsang serta makanan yang kadar gulanya tinggi.
  • Hindari makanan yang menimbulkan gas seperti kol, sawi, lobak, ketimun, ubi, nangka, durian serta minuman yang mengandung soda dan alkohol
  • Minum jus apel dan lemon secara teratur.

Jenis herbal/tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk terapi pengobatan batu empedu diantaranya mempunyai khasiat membantu menghancurkan batu kandung empedu, antiradang (anti-inflamasi), membantu meredakan rasa sakit (analgetik), menurunkan panas (antipiretik). Bebeberapa jenis tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk terapi pengobatan batu empedu antara lain :

1. Kejibeling (Strobilanthes crispus Bl.)
2. Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus Miq.)
3. Daun Sendok (Plantago mayor L.)
4. Tempuyung (Sonchus arvensis L.)
5. Sambiloto (Andrographis paniculata Nees.)
6. Tongkol dan rambut jagung (Zea mays L.)
7. Kunyit (Curcuma longa L.)
8. Gempur batu (Borreria hispida Schum.)

Berikut ini beberapa contoh resep herbal yang dapat digunakan untuk membantu pengobatan batu empedu :
Resep 1.
30 gram daun kejibeling segar + 15 gram daun ungu segar + 100 gram rambut jagung, dicuci dan direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Resep 2.
30 gram daun kumis kucing kering atau 60 gram segar + 7 tongkol jagung muda yang belum ada bijinya + 30 gram kunyit (dipotong-potong), dicuci dan direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Resep 3.
30 gram daun tempuyung segar + 30 gram daun sendok segar + 15 gram daun sambiloto segar, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari, setiap kali minum 200 cc.

Catatan :
- pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur. disarankan untuk tetap konsultasi ke dokter.
- Untuk perebusan gunakan periuk tanah, panci enamel, atau panci pyrex.
- Apabila menggunakan bahan/herbal kering gunakan separuh dari bahan segar ( misal 30 gram daun sendok segar = 15 gram daun sendok kering)


Sumber: hembing
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT DAN KHASIAT DARI BUAH MELON UNTUK KULIT DAN GINJAL


Buah melon yang punya nilai ekonomi tinggi, punya arti penting bagi kesehatan. Zat-zat gizi yang dikandungnya, baik untuk kulit, mata, saraf, dan ginjal, serta mampu menangkal kanker. Kadar vitamin C (asam askorbat) per 100 gram melon sekitar 34 mg. Vitamin C dapat diandalkan sebagai antioksidan yang efektif untuk menangkal radikal bebas. Oksidan (radikal bebas) adalah zat berbahaya yang dapat menyerang sel-sel tubuh.

Fungsi vitamin C juga berkaitan dengan kolagen. Kolagen merupakan senyawa protein yang memengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, seperti kulit. Keberadaan kolagen dapat mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit.

Melon merah dan oranye mengandung senyawa karotenoid yang dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas dan juga bisa diubah menjadi vitamin A. Vitamin A penting untuk mempertahankan jaringan ari pada kulit agar tetap sehat. Jika tersedia cukup vitamin A, kulit jadi lembut dan lembab. Sering makan melon, kulit tidak akan kasar dan kering.

Kadar karetonoid yang tinggi dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga menurunkan risiko kanker. Karotenoid bersama vitamin E dan C berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kanker paru-paru.

Melon juga merupakan sumber vitamin B. Vitamin B1 berperan dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi secara optimal. Melon juga kaya vitamin B2 (riboflavin) dan niasin yang berperan menjaga kesehatan kulit, mata, dan saraf. Sedangkan niasin mencegah gangguan pencernaan.

Melon juga kaya mineral. Kalsiumnya membantu mencegah penggumpalan darah, mineralnya menghilangkan keasaman tubuh dan menyembuhkan sembelit. Kadar air melon bisa mencapai 95 persen, sehingga memberi efek menyejukkan. Karena itu, melon dapat meredakan panas dalam dan membersihkan ginjal dari sisa metabolisme.

Air berfungsi sebagai pelarut, bagian dari pelumas, pereaksi kimia, membantu mengatur suhu tubuh, serta memelihara bentuk serta susunan tubuh. Melon mempunyai daya diuretik yang sangat baik, sehingga dapat mencegah penyakit ginjal.

Serat pangan per 100 g melon 0,7 g. Manfaat serat di antaranya adalah mencegah terbentuknya senyawa karsinogenik (pemicu kanker), menurunkan kolesterol, mempermudah proses buang air besar, membantu penurunan berat badan, mengontrol gula darah, sehingga bermanfaat mencegah diabetes. (had/kompas cyber media)
READ MORE - Selengkapnya

TAHAPAN PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK


“Ibu, saya berasal dari mana? Seks itu apa?” Jika sebagai orang tua, Anda mendapat pertanyaan seperti itu, apa reaksi Anda? Apakah Anda akan terkejut lalu mengalihkan topik pembicaraan? Atau Anda akan menjawab: “Nanti Sayang, tunggu kamu besar, baru akan Ibu jelaskan.” Kapan sebaiknya anak-anak mengetahui tentang seks? Kapan pendidikan seks sebaiknya mulai diberikan?

Mengapa Perlu Pendidikan Seks?

Anak-anak dan remaja rentan terhadap informasi yang salah mengenai seks. Jika tidak mendapatkan pendidikan seks yang sepatutnya, mereka akan termakan mitos-mitos tentang seks yang tidak benar. Informasi tentang seks sebaiknya didapatkan langsung dari orang tua yang memiliki perhatian khusus terhadap anak-anak mereka.

Hasil survey Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menunjukkan bahwa lebih dari 60 persen remaja di Indonesia telah melakukan hubungan seks pranikah. Angka yang memprihatinkan di negeri yang cukup menjunjung tinggi nilai moral sehubungan seks. Mengapa mereka bisa melakukan hubungan seks pranikah? Penyebabnya karena kurangnya pendidikan seks kepada anak dan remaja. Kapan pendidikan seks bisa mulai dilakukan?

Kapan Pendidikan Seks Dimulai?

Kapan pendidikan seks bisa mulai diberikan kepada anak? Beberapa orang tua sering menjawab pertanyaan seks dengan jawaban singkat: “Tunggu kamu besar!”. Sebenarnya waktu terbaik memberikan pendidikan seks adalah sejak dini! Pendidikan seks dimulai bahkan sejak anak masih balita.

Jika Anda menunda memberikan pendidikan seks pada saat anak Anda mulai memasuki usia remaja, maka itu sudah terlambat. Karena di zaman di mana informasi mudah didapat dari Internet dan teman sebaya, maka saat anak usia remaja mereka telah mengetahui lebih banyak tentang seks dan kemungkinan besar dari sudut pandang yang salah.

Bagaimana Pendidikan Seks Diberikan?

Bagaimana cara terbaik memberikan pendidikan seks kepada anak-anak Anda? Berikut ini beberapa tahapan umur dan cara memberikan pendidikan seks sesuai dengan tingkat usia anak Anda.

*
Balita (1-5 tahun)

Pada usia ini, Anda bisa mulai menanamkan pendidikan seks. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mulai memperkenalkan kepada si kecil organ-organ seks miliknya secara singkat. Tidak perlu memberi penjelasan detail karena rentang waktu atensi anak biasanya pendek.

Misalnya saat memandikan si kecil, Anda bisa memberitahu berbagai organ tubuh anak, seperti rambut, kepala, tangan, kaki, perut, dan jangan lupa penis dan vagina atau vulva. Lalu terangkan perbedaan alat kelamin dari lawan jenisnya, misalnya jika si kecil memiliki adik yang berlawanan jenis.

Selain itu, tandaskan juga bahwa alat kelamin tersebut tidak boleh dipertontonkan dengan sembarangan, dan terangkan juga jika ada yang menyentuhnya tanpa diketahui orang tua, maka si kecil harus berteriak keras-keras dan melapor kepada orang tuanya. Dengan demikian, anak-anak Anda bisa dilindungi terhadap maraknya kasus kekerasan seksual dan pelecehan seksual terhadap anak.
*
Usia 3-10 tahun
Pada usia ini, anak biasanya mulai aktif bertanya tentang seks. Misalnya anak akan bertanya dari mana ia berasal. Atau pertanyaan yang umum seperti bagaimana asal-usul bayi. Jawaban-jawaban yang sederhana dan terus terang biasanya efektif.

Contoh #1: “Bayi berasal dari mana?” Anda bisa menjawab dari perut ibu. Atau Anda bisa tunjukkan seorang ibu yang sedang hamil dan menunjukkan lokasi bayi di perut ibu tersebut.

Contoh #2: “Bagaimana bayi keluar dari perut Ibu?” Anda bisa menjawab bayi keluar dari lubang vagina atau vulva supaya bisa keluar dari perut ibu.

Contoh #3: “Mengapa bayi bisa ada di perut?” Anda bisa menjawab bahwa bayi di perut ibu karena ada benih yang diberikan oleh ayah kepada ibu. Caranya adalah ayah memasukkan benih tersebut menggunakan penis dan melalui vagina dari ibu. Itu yang dinamakan hubungan seks, dan itu hanya boleh dilakukan oleh pria dan wanita yang telah menikah.
*
Usia Menjelang Remaja

Saat anak semakin berkembang, mulai saatnya Anda menerangkan mengenai haid, mimpi basah, dan juga perubahan-perubahan fisik yang terjadi pada seorang remaja. Anda bisa terangkan bahwa si gadis kecil akan mengalami perubahan bentuk payudara, atau terangkan akan adanya tumbuh bulu-bulu di sekitar alat kelaminnya.
*
Usia Remaja

Pada saat ini, seorang remaja akan mengalami banyak perubahan secara seksual. Anda perlu lebih intensif menanamkan nilai moral yang baik kepadanya. Berikan penjelasan mengenai kerugian seks bebas seperti penyakit yang ditularkan dan akibat-akibat secara emosi.

Menurut penelitian, pendidikan seks sejak dini akan menghindari kehamilan di luar pernikahan saat anak-anak bertumbuh menjadi remaja dan saat dewasa kelak. Tidak perlu tabu membicarakan seks dalam keluarga. Karena anak Anda perlu mendapatkan informasi yang tepat dari orang tuanya, bukan dari orang lain tentang seks.

Karena rasa ingin tahu yang besar, jika anak tidak dibekali pendidikan seks, maka anak tersebut akan mencari jawaban dari orang lain, dan akan lebih menakutkan jika informasi seks didapatkan dari teman sebaya atau Internet yang informasinya bisa jadi salah. Karena itu, lindungi anak-anak Anda sejak dini dengan membekali mereka pendidikan mengenai seks dengan cara yang tepat.


sumber :m.kumpulan.info
READ MORE - Selengkapnya

Mengantisipasi Batuk Rejan (Pertussis) dengan Tumbuhan Obat

Batuk rejan disebut juga dengan batuk gonggong karena suara batuknya diiringi suara gonggong atau suara melengking. Selain itu, sering disebut juga dengan nama batuk 100 hari, karena batuknya dapat berlangsung cukup lama yaitu sekitar 6 minggu atau lebih.

Penyakit ini termasuk infeksi pernafasan akut yang sangat menular. Batuk rejan lebih sering menyerang anak-anak terutama dibawah umur 2 tahun yang tidak mendapatkan imunisasi. Oleh karena itu semua bayi sebaiknya diimunisasi untuk membentuk kekebalan (imunitas), sehingga walaupun terjadi batuk rejan hanya dalam bentuk yang ringan. Penyakit ini juga dapat terjadi pada orang dewasa namun tidak berbahaya, tetapi menjadi lebih berbahaya apabila terjadi pada anak-anak balita dan orang lanjut usia.

Batuk rejan disebabkan oleh infeksi bakteri Bordetella pertussis dan kadang-kadang oleh Bordetella parapertussis atau Bordetella bronchiseptica. Penularannya melalui batuk atau bersin yang dihamburkan ke udara oleh penderita yang terinfeksi. Secara tipikal, serangan batuk rejan terjadi secara mendadak, terutama pada malam hari.

Gejala atau tanda pertama dari batuk rejan muncul sesudah 7-14 hari terinfeksi oleh bakteri Bordetella pertussis. Batuk rejan berlangsung dalam 3 stadium dengan masing-masing stadium berakhir 2 minggu.

Stadium awal menunjukan gejala batuk yang teriritasi terutama pada malam hari, serangan batuk biasanya didahului bersin, napsu makan hilang, lesu, mata kelihatan merah dan berair.

Pada stadium kedua, batuk semakin parah disertai dahak kental, setiap batuk diakhiri suara melengking atau gonggong dan berulang-ulang dengan cepat . penderita dapat mengalami muntah di atara serangan batuk. Selama batuk, muka penderita kelihatan merah kebiru-biruan, urat leher tegang, air mata tergenang dan lemas. Pada bayi serangan batuk dapat menyebabkan bayi tidak bernafas secara periodik, kekurangan oksigen dan gangguan metabolisme. Stadium kedua merupakan stadium yang paling rentan.
Stadium akhir : intensitas batuk yang mengikil serta muntah berkurang dan hilang secara bertahap.

Pencegahan dan perawatan yang dapat dilakukan antara lain :

  • lakukan vaksinasi pada bayi untuk mencegah terserangnya penyakit ini. Vaksinasi tidak boleh diberikan kepada anak-anak berumur 6 tahun ke atas karena dapat menyebabkan demam yang parah.
  • Tempatkan penderita dalam ruang terpisah dengan anak – anak lainnya kira- kira 6 minggu untuk menghindari penularan.
  • Berikan makanan yang bergizi yang mudah dicerna sedikit demi sedikit
  • Hindari makanan yang banyak mengandung gula pasir, pemanis buatan, gorengan dan makanan/minuman dingin.
  • Batuk rejan yang terjadi pada bayi dan balita harus segera di periksa ke dokter.
  • Tumbuhan obat atau herbal yang dapat digunakan untuk pengobatan batuk rejan diantaranya berkhasiat sebagai anti-infeksi, antibakteri, antibiotik, antibatuk (antitussive), peluruh dahak (ekspektorant). Beberapa tumbuhan obat tersebut antara lain :

1.Sambiloto (Andrographis paniculata Nees.)
Khasiat : antiradang, antibiotik, menurunkan panas, menghilangkan sakit (analgetik), menghilangkan bengkak, antitoksik, menstimulasi sistem immun

2.Pegagan (Centella asiatica Urban.)
Khasiat : anti-infeksi, antitoksik, penurun panas

3.Lidah Buaya (Aloe vera L.)
Khasiat : antiradang, meredakan sakit (analgetik), parasitiside, pencahar.

4.Bawang Putih (Allium sativum L.)
Khasiat : antibiotik, peluruh dahak, antiseptik, menstimulasi sistem immun, membunuh parasit (parasitiside).

5.Kencur (Kaempferia galanga L.)
Khasiat : antibatuk, peluruh dahak , antibakteri, menghilangkan sakit

6.Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L.)
Khasiat : antiseptik, antiradang,

7.Kulit Jeruk Mandarin (Citrus nobilis Lour.)
Khasiat : meredakan batuk, antiasma, pelururuh dahak, antiradang

Berikut beberapa contoh resep tumbuhan obat/herbal yang dapat digunakan untuk membantu pengobatan batuk rejan .

Resep 1.
50-70 gram daun lidah buaya dikupas kulitnya dan diambil bagian dalamnya + 1 buah mengkudu matang, dicuci bersih dan dipotong-potong, dijus, dipanaskan airnya hingga mendidih, tambahkan gula batu, hangat-hangat diminum 2 kali sehari.

Resep 2.
5 gram daun sambiloto + 1 siung bawang putih, direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 150 cc, tambahkan madu, kemudian diminum 2 kali sehari.

Resep 3.
15 gram pegagan + 10 gram kencur, dicuci bersih dan ditumbuk, lalu direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Catatan :
Pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur. disarankan untuk tetap konsultasi ke dokter.
Untuk perebusan gunakan periuk tanah, panci enamel, atau panci pyrex.


Sumber: hembing

READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails