Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

SERING BEGADANG BISA BIKIN GEMUK


Kurang tidur bisa membuat badan tambah gemuk karena memicu perubahan hormonal yang akan merangsang rasa lapar. Para ilmuwan mengungkapkan bukti-bukti perihal kuantitas tidur yang buruk bisa mengakibatkan perubahan hormonal yang akan meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan. Terutama untuk asupan yang berbahaya seperti donat dan kentang goreng.

"Kita semua harus lebih waspada, karena ternyata memang ada kaitannya antara tidur dengan obesitas," ujar J. Catesby Ware, direktur Sleep Disorder Center dari Sentara Norfolk General Hospital di Norfolk, VA dikutip prevention.

Ware dan teman-temannya telah meneliti lebih dari 1.000 orang pria dan wanita. Mereka menemukan sukarelawan yang kurang tidur ternyata juga memiliki bobot tubuh yang berlebih.

Kini, Ware sedang memfokuskan penelitiannya pada kelompok lain yang berjumlah 1.000 orang. Ware mengukur kebiasaan tidur para sukarelawan setiap hari dan membandingkannya dengan data-data awal yang didapat dari penelitian sebelumnya. Ternyata, hasilnya juga sama. Kualitas tidur yang buruk, sama saja dengan memiliki pola makan yang buruk dan tubuh yang lebih besar.

Eve Van Cauter, professor of medicine dari Unniversity of Chicago, dalam penelitiannya menemukan fakta, ketika 12 pria sehat berusia 20 tahunan diminta untuk tidur 4 jam setiap malam, selama 2 hari secara berturut-turut, ternyata mengalami peningkatan rasa lapar hingga 24 persen.

Tidak hanya itu, Cauter juga mencatat tingkat hormon leptin, yaitu hormon yang mengantarkan pesan “kenyang” ke otak, mengalami penurunan hingga 18% pada kaum laki-laki. Sedangkan sebaliknya, tingkat hormon ghrelin (yang memicu rasa lapar) mengalami peningkatan sampai 28%, dan mendorong kita melakukan ngemil permen, kue, dan roti.

The National Sleep Foundation menyatakan lebih dari 70% orang dewasa, pada usia 18 tahun memiliki waktu tidur kurang dari 8 jam setiap malam pada hari biasa, dan 40% hanya tidur kurang dari 7 jam setiap harinya. Tidur yang baik antara 7-8 jam tiap malam bisa menurunkan risiko peningkatan berat badan.


TRIBUNNEWS.COM-
READ MORE - Selengkapnya

PEMAKAIAN BOTOX MENGURANGI EKSPRESI SENYUM SESEORANG


orang mengandalkan botox untuk mempertahankan keremajaan kulit. Namun, botox pun berpotensi memengaruhi ekspresi wajah dan emosi penggunanya.

Seperti dikutip dari laman Telegraph, meski botox mampu melawan kerutan di wajah, namun perawatan ini bisa mengurangi senyum kebahagian seseorang.

Botox terbuat dari protein Botulinum, semacam toksin yang memiliki kemampuan untuk melumpuhkan otot-otot penyebab kerutan di kulit.

Kondisi ini secara tak langsung akan membuat otot kaku sehingga mengurangi ekspresi di wajah.

Para peneliti di Barnard College di New York memperingatkan agar tak meremehkan kondisi itu. Sebab, berkurangnya ekspresi wajah akan memengaruhi pengalaman emosional.

Ketidakmampuan seseorang tersenyum saat bahagia akan mempengaruhi intensitas perasaan di otak.

Joshua Davis, yang memimpin penelitian mengatakan, umpan balik dari ekspresi wajah ke otak dapat mempengaruhi pengalaman emosi. Studi diterbitkan dalam Jurnal Emosi.

Jadi, sebelum memutuskan untuk mempermak wajah dan memperbaiki penampilan dengan suntik botox, ada baiknya mempertimbangkan kemungkinan berikut:

Beroleh wajah muda tanpa ekspresi atau mempertahankan wajah dengan ekspresi dan emosi saat tersenyum.
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT SARI BUAH APEL HIJAU


Jika Anda termasuk penggemar buah apel, berbahagialah. Pasalnya, selain memperbaiki struktur kulit, membantu pernafasan dan serta membantu menurunkan berat badan. Inilah manfaat luar biasa dari buah apel seperti dilansir Fox News, Sabtu (28/8/2010).


Memperbaiki kulit
Rawatlah kulit dengan menggunakan masker apel hijau di rumah. Buah ini akan membantu menambah kelembaban kulit serta mengurangi kerutan. Cara membuatnya, hancurkan apel warna hijau dengan seiris anggur, tambahkan satu sendok makan perasaan lemon dan 1/4 cangkir lidah buaya dan hancurkan sampai mendapatkan adonan yang kental. Oleskan ke wajah, leher, tunggu 15 menit dan bilas dengan air hangat.


Membantu pernafasan
Apel mengandung anti-oksidan yang disebut quercetin yang akan melindungi paruparu dari polusi. Sebuah penelitian dari Fakultas Kedokteran George’s Hospital Medical School di London, Inggris, ditemukan jika setiap orang yang mengonsumsi lima buah atau lebih apel memiliki kondisi paruparu yang lebih ketimbang bagi mereka yang tidak mengonsumsinya.


Ucapkan selamat tinggal kepada ketombe
Dengan menggunakan jus asam apel yang dipercaya bisa menghilang bakteri yang menghasilkan ketombe.Coba ini, pijat kulit kepala dengan jus asam apel, biarkan selama semenit dan kemudian cuci.


Mengecilkan pinggang

Campur saus apel dengan setengah mentega atau minyak dalam pembuatan kue. Ini akah menghasilkan rasa manis natural dan sedikit kandungan lemak. Saus apel bebas lemak dan kolesterol dan hampir sama kandungannya dengan satu cangkir beras merah.


TRIBUNNEWS.COM
READ MORE - Selengkapnya

TIPS MENCEGAH PERUT KEMBUNG


Kembung sering hadir di perut dan mengganggu aktivitas. Kembung memiliki arti penumpukan udara di dalam sistem pencernaan yang mengakibatkan rasa tidak nyaman.

Perut kembung juga dapat mengganggu penampilan karena menambah sekitar 8 cm ukuran lingkar pinggang baik pada pria maupun wanita. Sekitar 20% penyebab kembung berasal dari gas yang kita telan, dan 80% sisanya berasal dari produk pencernaan.

Makanan yang dikonsumsi oleh seseorang akan dicerna di dalam sistem pencernaan. Namun, beberapa diantaranya tidak dapat dicerna dan sulit untuk diserap oleh usus akibat kurangnya atau tidak adanya enzim tertentu yang membantu pencernaan.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat membuat perut menjadi kembung sebagaimana ditulis klikdokter:

== Minuman berkarbonasi karena terdapat kandungan gas di dalamnya dan pemanis buatan yang banyak terdapat dalam minuman soda, permen karet dan permen dimana sulit untuk dipecah.
== Gandum dan produk susu dapat menjadi penyebab rasa kembung terutama bagi mereka yang menderita intoleransi laktosa atau alergi.
== Beberapa jenis buah dan sayuran termasuk kacang-kacangan, kentang, brokoli, pisang dan kismis memang termasuk makanan yang baik untuk kesehatan. Namun makanan tersebut mengandung gula kompleks dan tepung yang sulit dipecah dan dapat mengakibatkan kembung

Cara mencegah perut kembung:
-- Hindari dan kurangi konsumsi minuman berkarbonasi dan pemanis buatan
-- Hindari makanan bebas gluten
-- Cari makanan bebas produk susu atau yang mengandung lactase. Misalnya produk dari kedelai atau nasi
-- Konsumsi obat dijual bebas yang memiliki kandungan simethicone

Selain berasal dari gas dan produk makanan yang tidak tercerna secara sempurna, rasa kembung juga dapat disebabkan adanya penyakit yang lebih serius seperti irritable bowel syndrome, radang usus halus dan lainnya yang berhubungan dengan saluran pencernaan


TRIBUNNEWS.COM-
READ MORE - Selengkapnya

Nasopharyngeal Carcinoma Nasopharyngeal Carcinoma

DEFINISI
Nasopharyngeal carcinoma adalah kanker yang terjadi di nasofaring yang terletak di belakang hidung dan diatas bagian belakang tenggorokan.

Nasopharyngeal carcinoma sulit di deteksi pada awalnya, mungkin karena nasofaring tidak mudah di diagnosis dan gejalanya menyerupai banyak kondisi lain. Pilihan pengobatan yang paling umum adalah terapi radiasi, kemotherapi atau kombinasi keduanya.

GEJALA
Meskipun kondisinya mungkin tidak menyebabkan gejala awal, gejala nasopharyngeal carcinoma antara lain:

• Benjolan pada leher yang disebabkan oleh membengkaknya kelenjar limpa
• Pendarahan pada hidung
• Mampat pada satu atau kedua sisi hidung
• Hilang daya pendengaran pada salah satu telinga
• Sering mengalami infeksi telinga
• Sakit kepala
• Penglihatan ganda
• Nyeri pada wajah dan leher



Penyebab & Faktor Risiko
Penyebab


Kanker terjadi ketika sel DNA mengalami mutasi. Mutasi ini membuat sel tetap tumbuh dan berkembang sementara sel normal lain memiliki siklus hidup dan mati. Akumulasi sel kanker dapat membentuk tumor.
Penyebab pasti mutasi gen yang menyebabkan nasopharyngeal carcinoma tidak diketahui, meskipun faktor risiko seperti virus Epstein-Barr yang meningkatkan risiko kanker telah teridentifikasi.


Faktor risiko

Faktor risiko yang mungkin dapat meningkatkan risiko nasopharyngeal carcinoma antara lain:

• Laki-laki
• Berusia di antara 30 dan 55
• Makanan asin
• Daging yang diawetkan
• Virus Epstein-Barr yang umumnya memiliki gejala flu
• Sejarah keluarga dengan nasopharyngeal carcinoma

Pencegahan

Tidak ada cara yang pasti untuk mencegah nasopharyngeal carcinoma. Akan tetapi anda dapat mengurangi risiko dengan mengurangi makan makanan asin dan daging awetan. Meskipun tidak ada vaksin untuk nasopharyngeal carcinoma, tetapi telah tersedia vaksin untuk virus Epstein-Barr yang mungkin juga dapat mengurangi risiko.
READ MORE - Selengkapnya

BRA YANG IDEAL UNTUK DIPAKAI SAAT OLAHRAGA


Ilmuwan yang mempelajari bio-mekanik payudara mengembangkan bra yang ideal untuk olahraga. Wanita berpayudara besar merupakan yang terburuk menurut studi ilmuwan.

Bra yang mendukung wanita berpayudara besar hingga saat ini belum ada. Sementara perusahaan ini berinvestasi pada teknologi sepatu dan tekstil, inovasi konstruksi bra telah menjadi pertimbangan sejak lama.

Sejak lima tahun lalu, bra olahraga menjadi perhatian sains. “Bra olahraga sangat penting sekali karena selama ini rancangan bra olahraga jauh terbelakang dibanding lainya,” kata Jenny White, kandidat Ph.D University of Potsmouth Inggris yang juga memimpin studi bi-omekanik ini.

“Bra olahraga untuk wanita sama pentingnya dengan sepatu dan kaos kaki, jika kita ingin menyemangati lebih banyak wanita untuk berolahraga maka hal inilah yang dibutuhkan.”

Jika wanita merasa tidak nyaman atau malu karena goyangan berlebihan maka mereka tidak akan pergi ke gym, katanya.

Dalam studi White dan sejawatnya menemukan semakin baik dukungan bra maka semakin kurang tekanan yang ditimbulkan.

“Dalam kondisi tanpa bra, tenaga yang dibutuhkan lebih banyak pada kaki,” katanya.

“Dukungan bra lain akan mempengaruhi cara kita lari.”

White juga mengatakan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa saat wanita lari, payudara mereka tidak hanya bergerak ke atas dan bawah namun depan dan belakang juga.
inilah.com
READ MORE - Selengkapnya

OMEGA- 3 TIDAK BANYAK MEMBANTU PASIEN JANTUNG

Memakan lebih banyak makanan kesehatan jantung Omega-3 tidak memberikan manfaat tambahan terhadap korban serangan jantung yang sudah mendapatkan perawatan yang baik.

Para peneliti di Belanda melaporkan, setelah hampir 3 1/2 tahun, tidak ada perbedaan dalam kematian, serangan jantung dan masalah jantung lainnya, antara mereka yang memakan mentega dengan menambahkan asam Omega-3 dibandingkan mereka yang tidak memakannya.

Hasil penelitian ini tidak berarti bahwa mendapatkan lebih banyak nutrisi esensial tidak memiliki nilai plus. Beberapa studi telah menawarkan bukti bahwa sebagian besar dari minyak ikan bisa mengurangi penyakit jantung.

Tapi bagi pasien jantung yang dirawat dengan hati-hati "menambahkan sedikit asam Omega-3 tampaknya tidak membuat perbedaan," kata Alice Lichtenstein, profesor nutrisi dari Tufts University, yang tidak terlibat dalam penelitian.

Omega-3 diperkirakan membantu mengurangi risiko denyut jantung yang abnormal, memperlambat pertumbuhan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah, dan lemak berbahaya yang lebih rendah disebut trigliserida.

Dalam beberapa tahun terakhir, Omega-3 telah ditambahkan ke beberapa makanan seperti mentega dan telur, atau label makanan khusus mengandung Omega-3 seperti ikan tuna. "Sekarang mereka muncul di tempat yang tak terduga," kata Lichtenstein.

Dua jenis Omega-3 berasal dari ikan liar berminyak seperti salmon, makarel dan tuna. Jenis ketiga berasal dari tanaman; termasuk kenari, biji rami, kedelai, dan minyak canola.

"Ini merekomendasikan orang makan satu atau dua porsi ikan per minggu," kata pemimpin studi tersebut, Daan Kromhout dari Wageningen University di Belanda.

"Hasil percobaan ini tidak mengubah itu," katanya yang mencatat bahwa tidak ada efek samping berbahaya. "Ini masih merupakan hal yang baik untuk makan ikan sekali atau dua kali seminggu."

Peserta penelitian itu adalah orang-orang yang mengambil obat terbaik untuk mencegah gangguan jantung di masa depan, dan bisa menambahkan dosis-rendah dari Omega-3 yang tidak menawarkan perlindungan ekstra, kata para peneliti.

Para relawan juga lebih tua dan memasuki tahun studi setelah serangan jantung mereka. Berbeda dengan pasien jantung dalam penelitian sebelumnya yang melakukan manfaat dengan mengambil pil minyak ikan.

Temuan itu disajikan di pertemuan Masyarakat Kardiologi Eropa di Stockholm dan diterbitkan secara online oleh New England Journal of Medicine.

Untuk penelitian ini, Kromhout dan rekan-rekannya merekrut 4.837 korban serangan jantung di Belanda yang berusia antara 6-80 tahun. Mereka secara acak memakan salah satu dari empat jenis mentega-mentega biasa atau yang dengan tambahan Omega-3 yang berasal dari ikan, tanaman, atau keduanya.

Kromhout mengatakan mereka menggunakan mentega karena lebih mudah daripada minyak ikan suplemen untuk membuat semua versi tampilan dan rasa identik. "Rata-rata, pasien menyantap sekitar empat sendok teh (18,8 gram) mentega tiap hari, yang diletakkan pada roti saat makan," kata Kromhout.

Selama 3 1/2 tahun mereka diobservasi, 671 pasien atau 14% memiliki masalah jantunng. Tidak ada perbedaan antara sejumlah kelompok yang tidak peduli dengan mentega yang mereka makan.

Dr Stephen Kopecky, seorang ahli jantung di Mayo Clinic di Rochester, Minn, mengatakan mungkin masalah terlalu sedikit, terlalu terlambat, dosis kecil dan pasien terdaftar bertahun-tahun setelah serangan jantung awal mereka rata-rata empat tahun.

"Jika Anda menunggu terlalu lama, kadang-kadang Anda kehilangan hal yang menguntungkan mereka," katanya. Ia mengatakan pasien jantungnya mengambil 1.000 miligram minyak ikan setiap hari. "Manfaat yang berpotensi sangat besar, bahwa kita cenderung menempatkan pasien di atasnya cukup sering," katanya.

Sejak hasil penelitian terhadap para korban serangan jantung di Belanda, Lichtenstein mengatakan, masih tidak diketahui apakah Omega-3 dapat melindungi pasien terhadap serangan jantung pertama atau membantu pasien yang tidak mendapatkan perawatan yang baik.

Penelitian ini didanai oleh Yayasan Jantung Belanda dan Lembaga Kesehatan Amerika Serikat. Unilever menyediakan mentega yang diperkaya omega-3
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT MULUT KERING ATAU DRY MOUTH

DEFINISI
Kekurangan cairan ludah adalah masalah umum yang dapat mengganggu, tapi mulut kering dapat berefek pada kenikmatan anda ketika makan dan kesehatan gigi. Istilah medis untuk mulut kering adalah xerostomia. Cairan ludah membantu mencegah kerusakan gigi dengan membatasi pertumbuhan bakteri dan membersihkan makanan dan plak. Enzim pada cairan lubah membantu proses pencernaan.

Meskipun perawatannya tergantung pada penyebabnya, mulut kering sering merupakan efek samping dari obat. Mulut kering dapat diperbaiki dengan menyesuaikan kembali dosis atau dengan resep yang baru.

GEJALA
Jika anda tidak memproduksi cukup cairan ludah, anda mungkin akan mengalami tanda dan gejala berikut :

• Kekeringan pada mulut
• Cairan ludah terasa kental
• Benjolan atau pecah pada sudut mulut
• Bibir pecah-pecah
• Sakit tenggorokan
• Berubahnya kemampuan merasakan
• Infeksi jamur pada mulut
• Bertambahnya plak, kerusakan gigi dan sakit gusi
• Pada wanita mulut kering dapat disebabkan oleh lipstik yang menempel pada gigi.

Penyebab & Faktor Risiko
Mulut kering memiliki penyebab, antara lain :

• Obat. Ratusan obat-obatan, termasuk beberapa obat tanpa resep, menyebabkan mulut kering sebagai efek samping.

• Usia. Usia yang bertambah tua bukanlah faktor risiko mulut kering. Tetapi bagaimanapun orang berusia lanjut lebih sering membutuhkan obat-obatan yang dapat menyebabkan mulut kering.

• Terapi kanker. Kemoterapi dapat mengubah kealamian cairan ludah dan produksinya. Pengobatan secara radiasi pada kepala dan leher dapat merusak kelenjar ludah yang menyebabkan berkurangnya produksi cairan ludah.

• Kerusakan saraf. Pada peristiwa kecelakaan atau operasi yang menyebabkan kerusakan saraf pada area kepala dan leher juga dapat menyebabkan xerostomia.

• Kondisi kesehatan lainnya. Mulut kering dapat menjadi akibat dari kondisi kesehatan tertentu – atau saat pengobatannya – termasuk diabetes, Parkinson, HIV/AIDS, dan depresi. Stroke dan Alzheimer’s dapat menyebabkan mulut kering. Mendengkur dan bernapas menggunakan mulut dapat menyebabkan mulut terbuka yang mendorong masalah ini.

• Penggunaan tembakau. Merokok atau mengunyah tembakau dapat meningkatkan gejala mulut kering.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT SAKIT KEPALA KRONIS HARIAN

DEFINISI
Banyak orang memiliki sakit kepala dari waktu ke waktu. Tapi jika anda memiliki sakit kepala lebih dari biasanya, anda mungkin mengalami variasi dari sakit kepala, yaitu sakit kepala kronis harian. Sakit yang tidak henti-hentinya dari sakit kepala kronis harian membuatnya menjadi sakit kepala yang paling membuat tidak berdaya.


GEJALA
Didefinisikan bahwa sakit kepala harian pasti terjadi 15 hari atau lebih dari sebulan, paling tidak tiga bulan. Dan menjadi pemikiran utama dari sakit kepala kronis harian, bahwa penyakit itu juga tidak menghasilkan kondisi yang lain.
Sakit kepala kronis harian diklasifikasikan dengan seberapa lama mereka terasa terakhir kalinya – lebih dari empat jam atau lebih sedikit dari empat jam. Lamanya sakit kepala terakhir yang anda rasakan dapat menunjukkan tipe apa sakit kepala yang anda alami.

• Migrain kronis
• Sakit kepala kronis akibat tekanan darah
• New daily persistent headache
• Hemicrania continua

Migrain kronis
Sakit kepala ini berkembang dari migraine yang datang tiba-tiba. Untuk dapat terdiagnosis, anda harus memiliki sakit kepala – migraine, sakit kepala akibat tekanan darah atau keduanya – 15 hari atau lebih dalam sebulan, untuk tiga bulan terakhir. Sebagai tambahan, pada delapan hari atau lebih untuk tiga bulan terakhir, anda pasti mengalami gejala berikut.

Sakit kepala anda harus memiliki paling sedikit dua karakteristik berikut:
• Menyerang hanya pada satu sisi kepala
• Menyebabkan sakit yang berdenyut
• Menyebabkan sakit dari yang sedang ke yang parah
• Menjadi jengkel pada aktifitas fisik yang rutin

Dan gejala itu menyebabkan paling tidak satu dari hal berikut:
• Mual, muntah atau keduanya
• Sensitif pada cahaya dan suara

Kalau tidak, jika sakit kepala anda merespon pengobatan triptan atau ergot ambil antisipasi gejala tersebut – pada delapan hari atau lebih dalam sebulan atau lebih dalam sebulan pada tiga bulan terakhir – itu juga merupakan migrain kronis.

Sakit kepala kronis akibat ketegangan (tension headache)
Sakit kepala ini berkembang dari sakit kepala akibat ketegangan yang datang tiba-tiba. Sakit kepala ini mungkin terjadi pada jam-jam terakhir atau secara terus menerus.

Sakit kepala kronis akibat ketegangan memiliki paling sedikit dua dari karakteristik berikut:
• Sakit di kedua sisi kepala
• Menyebabkan sakit yang ringan sampai sedang
• Menyebabkan sakit yang terasa ditekan atau mengetat akan tetapi tidak berdenyut
• Tidak membuat merasa jengkel pada aktifitas fisik rutin

Sebagai tambahan, itu semua menyebabkan paling tidak satu dari hal berikut:
• Sensitif pada suara atau cahaya
• Mual ringan

New daily persistent headache
Sakit kepala ini menjadi konstan dalam beberapa hari dari pertama kali anda mengalami sakit kepala.
New daily persistent headache paling tidak memiliki dua dari karakteristik berikut :

• Sakit pada dua sisi kepala
• Menyebabkan sakit yang terasa seperti ditekan atau mengetat, tapi tidak berdenyut
• Tidak membuat merasa jengkel pada aktifitas fisik rutin

Sebagai tambahan, itu semua menyebabkan paling tidak satu dari hal berikut:
• Sensitif pada suara atau cahaya
• Mual ringan

Hemicrania continua
Hemicrania continua sakit kepala ini menyebabkan sakit pada satu sisi kepala yang tidak berpindah sisi. Mereka juga:
• Harian dan berlanjut dengan periode tanpa rasa bebas dari sakit
• Menyebabkan sakit yang sedang tapi terasa menusuk ketika parah
• Merespon resep pereda rasa sakit indomethacin (Indocin)
• Mungkin terkadang menjadi parah dengan berkembang dengan gejala seperti migrain

Sebagai tambahan, sakit kepala hemicrania continua menyebabkan paling tiba satu dari hal berikut:
• Keluar air mata atau mata merah sebagai efek samping
• Nafas sengau atau hidung berair
• Kelopak mata layu atau penyempitan pupil

Penyebab & Faktor Risiko
Penyebab

Penyebab sebagian besar sakit kepala kronis harian tidak begitu dimengerti. Yang utama dari sakit kepala kronis harian tidak dapat diidentifikasi berdasarkan kasus. Sakit kepala kronis harian terjadi jika :

• Anda memiliki respon yang memuncak pada tanda rasa sakit
• Bagian dari otak anda yang menekan rasa sakit tidak bekerja secara baik

Frekuensi sakit kepala lain mungkin disebabkan berdasarkan penyakit atau kondisi yang berbeda-beda, termasuk:
• Pembengkakan atau masalah lain pada pembuluh darah dan kisaran otak, termasuk stroke.
• Infeksi, contohnya meningitis
• Tekanan pada intracranial baik yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah
• Tumor otak
• Cedera trauma pada otak

Banyak orang yang memiliki frekuensi sakit kepala sebenarnya mengalami efek dari terlalu seringnya mengambil pengobatan medis terhadap rasa sakit. Jika anda mengambil pengobatan medis terhadap rasa sakit – bahkan analgesics tanpa resep – lebih dari tiga hari dalam seminggu, anda berisiko mengalami peningkatan sakit kepala.

Faktor risiko

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan frekuensi sakit kepala adalah:
• Gelisah
• Depresi
• Gangguan tidur
• Obesitas
• Mendengkur
• Berlebihan dalam menggunakan kafein
• Berlebihan dalam menggunakan obat pereda rasa sakit
• Secara rutin memakai sesuatu yang membuat ketegangan pada kepala atu leher


Pencegahan

Melindungi diri anda secara baik dapat membantu mencegah sakit kepala kronis harian.

• Hindari pemicu sakit kepala. Jika anda tidak yakin apa yang memicu sakit kepala, perhatikan sakit kepala harian anda. Termasuk detil dari setiap sakit kepala. Kapan sakit kepala dimulai? Apa yang anda lakukan saat itu? Apa yang anda makan pada hari itu? Berapa lama anda tidur pada malam sebelumnya? Bagaimana tingkat stress anda? Berapa lama sakit kepala yang terakhir? Apa, jika sesuatu, yang menyediakan bantuan? Pada akhirnya, anda dapat memulai untuk melihat polanya – dan ambil langkah yang dapat mencegah sakit kepala berikutnya.

• Hindari berlebihan dalam menggunakan pengobatan medis. Mengambil pengobatan medis terhadap sakit kepal, termasuk obat tanpa resep, lebih dari dua kali seminggu dapat meningkatkan kehebatan dan frekuensi sakit kepala anda. Jika anda menggunakan pengobatan medis terlalu sering, penting untuk mengkonsultasikan pada dokter anda tentang bagaimana yang terbaik untuk membuat berhenti diri anda dari pengobatan medis tersebut karena dapat memiliki efek samping yang serius jika dilakukan dengan tidak tepat.

• Tidur yang cukup. Rata-rata orang dewasa membutuhkan enam sampai delapan jam perhari setiap malam. Yang terbaik adalah tidur teratur setiap malam.

• Jangan melewati waktu makan. Mulai hari anda dengan sarapan yang sehat. Makan siang dan makan malam pada waktu yang sama setiap hari. Hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein yang dapat memicu sakit kepala.

• Rutin berolahraga. Aktifitas berolahraga yang rutin dapat memperbaiki fisik dan mental anda. Olahraga juga dapat menolong untuk meredakan stress, Dengan izin dokter, pilih aktifitas yang anda sukai – seperti berjalan, berenang atau bersepeda. Untuk menghindari cedera, mulai dengan perlahan.

• Kurangi stres. Stres adalah pemicu yang umum dari sakit kepala kronis. Atur dan sederhanakan jadwal anda. Rencanakan. Tetap positif. Banyak sakit kepala disebabkan oleh akhir stress ketika periode stress berakhir.

• Santai. Cobalah yoga, meditasi atau latihan relaksasi. Atur waktu untuk bersantai sejenak. Dengarkan musik, baca buku atau berendam di air hangat.

• Kurangi kafein. Beberapa pengobatan medis terhadap sakit kepala menggunakan kafein karena dapat membantu mengurangi sakit kepala, kafein juga dapat memperburuk sakit kepala. Coba untuk mengurangi, atau yang lebih baik hilangkan kafein dari makanan anda.
READ MORE - Selengkapnya

SUSAH MENELAN SALAH SATU GEJALA KANKER THYROID

DEFINISI
Kanker tiroid terjadi pada sel-sel kelenjar tiroid (organ berbentuk mirip kupu-kupu terletak di pangkal leher), yang berfungsi memproduksi hormon untuk mengatur kecepatan jantung berdetak, tekanan darah, suhu tubuh dan berat badan.

GEJALA
Kanker tiroid biasanya tidak menyebabkan tanda dan gejala awal apapun. Seiring dengan pertumbuhannya, penderita akan merasakan :

• Benjolan yang dapat dirasakan di bawah kulit bagian leher
• Perubahan suara, termasuk suara serak
• Sulit menelan
• Nyeri di leher atau tenggorokan
• Pembengkakan node limpa di leher


Penyebab & Faktor Risiko
Penyebab


Tidak jelas apa yang menyebabkan kanker tiroid. Dokter meyakini kanker terjadi ketika terjadi mutasi genetik pada sel di dalam tiroid yang menyebabkannya terus tumbuh dan melipatgandakan diri ketika sel normal seharusnya mati. Akumulasi sel ini kemudian membentuk tumor dan dapat menyebar ke area tubuh lain.

Jenis kanker tiroid antara lain :
• Papillary thyroid cancer. Merupakan jenis yang paling umum terjadi. Umumnya terjadi pada mereka yang berusia antara 30 sampai 50 tahun.

• Follicular thyroid cancer. Umumnya terjadi pada mereka yang berusia di atas 50 tahun.

• Medullary thyroid cancer. Terkait dengan sindrom genetik turunan yang juga termasuk tumor kelenjar lain. Kanker jenis ini juga banyak yang bersifat sporadic, yaitu tidak terkait dengan sindrom genetik turunan.

• Anaplastic thyroid cancer. Adalah jenis kanker tiroid yang ganas, sulit dilakukan perawatan dan sangat langka terjadi. Kanker jenis ini biasanya terjadi pada mereka yang berusia 60 tahun ke atas.

• Thyroid lymphoma. Kanker ini dimulai dari sel sistem imun tiroid. Kanker jenis ini paling langka terjadi dan sering menyerang mereka yang berusia 70 tahun ke atas.


Faktor risiko

Beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker tiroid antara lain :
• Terkena radiasi level tinggi
• Catatan pribadi atau keluarga dengan goiter (pembesaran kelenjar tiroid)
• Sindrom genetik bawaan tertentu, seperti familial medullary thyroid cancer, multiple endocrine neoplasia dan familial adenomatous polyposis.


Pencegahan

Para ahli belum yakin apa yang menyebabkan kanker tiroid. Karena itu tidak ada cara mencegah kanker tiroid ini. Tetapi pada mereka yang berisiko tinggi terkena kanker tiroid mungkin akan membutuhkan operasi (prophylactic thyroidectomy) untuk mencegah kanker.
READ MORE - Selengkapnya

STRABISMUS ATAU MATA JULING

DEFINISI
Strabismus disebut juga mata juling. Bola mata tidak sejajar dan melihat ke arah yang berbeda. Satu mata mungkin melihat lurus ke depan, akan tetapi mata lain melihat ke arah atas, bawah, kiri dan kanan. Strabismus adalah kondisi umum yang terjadi pada anak-anak. Sekitar 4 persen anak-anak memiliki strabismus. Strabismus dapat menurun pada keluarga.

GEJALA
Strabismus memiliki gejala yang paling jelas terlihat adalah kedua bola mata tidak sejajar.
Penyebab & Faktor Risiko
Penyebab pasti strabismus tidak sepenuhnya dimengerti. Pada satu sisi bola mata terdiri enam otot mata yang mengatur gerakan bola mata. Dua otot untuk bergerak ke kiri dan ke kanan. Empat otot mata lain mengatur pergerakan bola mata ke atas dan ke bawah. Untuk membuat kedua mata terfokus pada satu titik semua otot mata harus bergerak seimbang dan bekerja secara bersamaan.

Strabismus secara khusus terjadi pada anak-anak sebagai efek dari penyakit lain, seperti cerebral palsy, Down syndrome, hydrocephalus dan tumor otak. Katarak dan kasus menurunnya penglihatan lainnya juga dapat menyebabkan strabismus.

Pencegahan

Sangat direkomendasikan bagi anda yang memiliki anak untuk memeriksakan mata anak anda ke dokter spesialis mata saat atau sebelum umur empat tahun. Jika anda memiliki anggota keluarga lain dengan kasus strabismus atau amblyopia maka anda sebaiknya memeriksakan kondisi mata anak anda.
kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT KATARAK

Katarak adalah kondisi lensa mata yang terdapat bercak putih seperti awan. Kondisi ini membuat pandangan mata terganggu. Katarak dapat mempengaruhi jarak pandang mata dan mata silau. Katarak umumnya tidak menyebabkan iritasi atau rasa nyeri.

Banyak kasus mata katarak berkembang secara lambat dan tidak mengganggu pandangan mata anda pada awalnya. Tetapi ketika noda putih pada lensa mulai muncul, maka kenyamanan penglihatan anda akan terganggu. Awalnya cahaya yang terang dan kacamata dapat membantu penglihatan mata anda.

Tetapi jika hal ini sangat mengganggu keseharian anda, maka operasi merupakan prosedur yang anda butuhkan. Kabar baiknya prosedur operasi pengangkatan katarak mata aman dan efektif untuk dilakukan.

GEJALA
Katarak biasanya tumbuh secara perlahan dan tidak menyebabkan rasa sakit. Pada tahap awal kondisi ini hanya akan mempengaruhi sebagian kecil bagian dari lensa mata anda dan mungkin saja tidak akan mempengaruhi pandangan anda. Saat katarak tumbuh lebih besar maka noda putih akan mulai menutupi lensa mata dan mengganggu masuknya cahaya ke mata. Pada akhirnya pandangan mata anda akan kabur dan mengalami distorsi.

Tanda dan gejala katarak antara lain:

• Pandangan mata yang kabur, suram atau seperti ada bayangan awan atau asap.

• Sulit melihat pada malam hari

• Sensitif pada cahaya

• Terdapat lingkaran cahaya saat memandang sinar

• Membutuhkan cahaya terang untuk membaca atau ketika beraktifitas

• Sering mengganti kacamata atau lensa kontak karena ketidaknyamanan tersebut

• Warna memudar atau cenderung menguning saat melihat

• Pandangan ganda jika melihat dengan satu mata

Katarak tidak membahayakan kesehatan fisik anda sampai katarak menjadi parah. Kondisi yang parah ini dapat menyebabkan radang, nyeri dan sakit kepala.


Penyebab & Faktor Risiko
Penyebab

Seiring usia, fleksibilitas mata mengalami penurunan, begitpula dengan ketebalan dan kejernihan mata. Lensa terdiri dari air dan serat protein. Dengan bertambahnya usia, komposisi mata mengalami perubahan dan struktur serat protein mengalami penurunan. Beberapa serat protein akan menggumpal dan menyebabkan noda pada lensa mata.

Ada tiga jenis katarak, diantaranya adalah :

a. Nuclear. Katarak terjadi tengah lensa. Pada tahap awal akan ada perubahan pada fokus cahaya. Untuk sementara waktu anda akan mengalami kemajuan penglihatan khususnya dalam membaca. Tetapi kemudian penglihatan akan mejadi menguning dan terbentu noda putih pada lensa. Lebih lanjut lagi daya lihat akan memburuk dengan penglihatan menjadi coklat. Pada tahap yang parah akan sulit membedakan warna karena pandangan akan menjadi biru atau ungu.

b. Cortical. Katarak ini dimulai dengan terbentuknya noda pada lapisan luar mata. Proses ini berjalan dengan lambat. Kemudian noda ini dapat menjalar ke bagian tengah lensa dan mengganggu aliran cahaya ke pusat lensa. Orang dengan katarak jenis ini akan mengalami silau ketika melihat cahaya.

c. Subcapsular. Katarak jenis ini dimulai dengan terbentuknya area buram dibawah lensa. Katarak ini biasanya terbentuk di belakang lensa yang merupakan jalan cahaya ke retina mata. Katarak ini sering mempengaruhi kemampuan baca, mengurangi kemampuan melihat dalam cahaya terang dan menyebabkan silau atau lingkaran cahaya ketika melihat sinar di malam hari.

Ilmuan tidak mengetahui dengan jelas mengapa usia mempengaruhi perubahan lensa mata. Satu kemungkinan adalah rusaknya lensa karena molekul yang tidak stabil yang merupakan radikal bebas. Asap dan terkena sinar ultraviolet adalah dua sumber radikal bebas tersebut.

Usia bukanlah satu-satunya penyebab mengapa lensa mata mengalami perubahan. Beberapa orang lahir dengan katarak bawaan atau mengalaminya saat masa kanak-kanak. Katarak juga dapat disebabkan sang ibu terkena German measles (rubella) pada saat kehamilan. Penyakit ini juga dapat menyebabkan gangguan metabolisme tubuh.

Faktor risiko
Faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang terkena katarak antara lain :
• Usia
• Diabetes
• Sejarah keluarga dengan katarak
• Pernah mengalami cedera atau radang pada mata
• Pernah mengalami operasi mata
• Penggunaan corticosteroids dalam jangka waktu lama
• Terkena sinar matahari secara berlebihan
• Terkena radiasi ion
• Merokok


Pencegahan

Langkah yang dapat diambil untuk mengurangi kemungkinan terkena katarak antara lain :

• Jangan merokok
• Makan makanan dengan gizi seimbang
• Lindungi mata anda dari pancaran sinar matahari
• Menjaga kesehatan tubuh secara umum
kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT KANKER MULUT

DEFINISI
Kanker mulut adalah kanker yang terdapat pada semua bangian mulut. Kanker mulut dapat terjadi di bibir, gusi, lidah, dinding mulut, dan langit-langit mulut atau dasar mulut.

Kanker mulut adalah satu dari beberapa tipe kelompok kanker kategori kanker kepala dan leher. Kanker mulut dan kanker kepala dan leher lainnya sering memiliki prosedur pengobatan yang sama.

GEJALA
Tanda dan gejala kanker mulut antara lain :

• Bisul yang tidak dapat disembuhkan
• Gumpalan atau penebalan kulit mulut
• Noda putih atau kemerahan di dalam mulut
• Gigi tanggal
• Susunan gigi yang tidak rata
• Nyeri pada lidah
• Nyeri atau kaku pada rahang
• Nyeri atau sulit untuk mengunyah
• Nyeri atau sulit untuk menelan
• Sakit tenggorokan
• Perasaan seperti ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan


Penyebab & Faktor Risiko
Penyebab


Kanker mulut terjadi ketika sel DNA di bibir atau mulut mengalami mutasi. Mutasi ini membuat sel tetap tumbuh dan berkembang, sementara sel normal lain memiliki siklus hidup dan mati. Akumulasi sel kanker mulut ini dapat membentuk tumor. Dapat menyebar ke daerah lain di kepala dan leher serta juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain.

Kanker mulut paling banyak berawal dari sel tipis yang melapisi bibir dan bagian dalam mulut (squamous cells). Tidak jelas apa yang menyebabkan sel ini bermutasi. Tapi dokter telah mengidentifikasi faktor yang meningkatkan risiko kanker mulut.


Faktor risiko

Beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker mulut antara lain :

• Mengkonsumsi tembakau baik itu dengan merokok atau mengunyah tembakau
• Mengkonsumsi alkohol
• Terlalu banyak terkena sinar matahari pada bibir
• Virus seksual menular yang disebut virus HPV
• Pernah mengalami kanker sebelumnya
• Pengobatan radiasi pada area kepala dan leher


Pencegahan

Tidak ada cara untuk mencegah kanker. Tetapi anda dapat mengambil tindakan untuk mengurangi risiko kanker mulut dengan :

• Berhenti mengkonsumsi tembakau
• Tidak mengkonsumsi alkohol
• Makan makanan kaya buah dan sayuran
• Hindari terlalu banyak terkena sinar matahari
• Memeriksakan diri ke dokter gigi secara teratur
kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

CARA MENGAJARI BAYI ANDA TIDUR TEPAT WAKTU


Ketika memiliki bayi, jam tidur ibu kemungkinan besar akan terganggu. Pasalnya, bayi seringkali terjaga di malam hari.

Guna menyiasati agar ibu mampu beristirahat dengan cukup, ada baiknya ibu membiasakan bayi tidur sesuai jadwal. Caranya cukup mudah, ibu hanya mengenalkan pola tidur dan nantinya bayi akan terbiasa.

Sebagai langkah awal pengenalan pola tidur, ada baiknya ibu mengamati terlebih dahulu karakter si bayi. Sebagian bayi biasanya mudah mengikuti pola tidur rutin namun adapula bayi yang bermasalah dengan pola tidurnya dan sulit menjalankan pola tidur yang telah disiapkan ibu.

Berikut saran yang direkomendasikan BabyCenter.com terkait pembentukan pola tidur pada bayi :

- Khusus bayi berumur seminggu, jangan dipaksakan memulai mengenalkan pola tidur. Ada baiknya ibu mengikuti secara alami keinginan bayi untuk tidur. Bila bayi menangis, usahakan membuat nyaman si bayi dengan belaian atau pijatan lembut.

- Ketika memasuki usia 6 minggu, ibu bisa memulai pengenalan pola tidur. Entah itu tidur siang ataupun tidur malam. Sebelum tidur, ibu dapat melakukan beberapa hal seperti Mandikan bayi dengan air hangat dan ajak main sebentar sebagai awal penurunan intensitas aktivitas sebelum tidur, pakaikan ia baju tidur yang lembut dan nyaman, redupkan lampu bayi, putar lagu dan berikan kecupan hangat. Lakukan pola ini setiap hari.

- Khusus bayi berusia 3 hingga 6 bulan dan setelahnya, bayi mulai mengembangkan kebiasaan tidur tepat waktu. Menurut pakar anak, bayi berusia 3 hingga 6 bulan merupakan masa dimana bayi sudah siap untuk dilatih tidur secara rutin. Ketika memasuki usia pertumbuhan aktivitas bisa berlangsung selama 8 jam, namun ketika bayi rata-rata waktu yang dihabiskan untuk beraktivitas sekitar 5-6 jam.

- Sebelum latihan pembentukan pola tidur dimulai, sebaiknya ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Konsultasi diperlukan untuk melihat sejauh mana efek latihan terhadap anak serta memilih pola yang tepat guna menghindari kesalahan.

- Terakhir, tiap ibu dan bayi berbeda-beda, jadi jangan frustrasi dulu jika rutinitas ini tidak berjalan sesuai harapan. Coba dan bersabarlah. Lakukan apa yang paling sesuai untuk Ibu dan bayi Ibu.
READ MORE - Selengkapnya

INILAH MAKANAN UNTUK MENYUSUTKAN LEMAK PADA PERUT

Lemak di bagian tubuh mana yang menurut Anda paling sulit dienyahkan? Sebagian besar dari Anda pasti akan menjawab lemak perut. Dalam kenyataannya, olahraga pun tidak akan mudah melawan lemak di bagian ini. Yang paling parah, lemak mendalam yang menutupi daerah perut juga lebih mengancam kesehatan daripada lemak di bagian tubuh yang lain. Penyakit jantung, diabetes mellitus tipe 2, dan bahkan kanker payudara adalah beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan lemak perut.

Namun, sebenarnya ada beberapa jenis makanan "kunci" yang bisa membantu Anda menyusutkan lemak di perut. Jika Anda sudah melakukan olahraga secara teratur, coba tambahkan usaha Anda mengonsumsi jenis makanan yang mampu membakar lemak lebih cepat:

Serat
Makanan seperti oatmeal dan buncis mengandung serat yang tinggi sehingga mampu membantu menyusutkan lemak perut dengan berbagai cara. Makanan ini membuat Anda merasa lebih cepat kenyang daripada makanan rendah serat, dan membutuhkan waktu mencerna lebih lama untuk membuat Anda merasa kenyang.

Protein
Fungsi protein kurang lebih sama dengan serat, yaitu dapat memperpanjang rasa kenyang. Hal ini karena protein membutuhkan lebih banyak kalori untuk dicerna daripada buah-buahan dan sayuran. Salah satu sumber protein yang juga mengandung vitamin B12 adalah telur. Makanan ini penting untuk memecah sel-sel lemak.

Buncis dan kacang-kacangan (kacang merah, kacang panjang, kacang polong, dan lain-lain) juga merupakan sumber protein yang baik dan memiliki manfaat ekstra karena juga diperkaya dengan serat. Meskipun demikian, Anda perlu memilih jenisnya karena kacang yang digoreng lagi juga mengandung lemak jenuh yang tinggi. Sementara itu, kacang yang dipanggang juga mengandung gula.

Enzim
Buah-buahan seperti pepaya dan nanas diperkaya dengan enzim yang dapat membantu memecah protein agar dapat dicerna dengan lebih baik. Makanan yang mengandung enzim, seperti buah segar dan sayuran, memberikan peluang bagi hati dan pankreas untuk mengeluarkan lebih banyak racun. Selain itu, buah-buah tersebut juga mengubah lemak yang tersimpan di perut menjadi tenaga bagi tubuh.

Lemak sehat
Makanan berlemak tidak selalu menyebabkan perut jadi buncit. Hal ini tergantung dari jenis lemak yang Anda konsumsi. Lemak tak jenuh tunggal, misalnya, mampu meningkatkan metabolisme dan mengubah lemak perut menjadi energi.

Makanan yang kaya dengan lemak sehat ini antara lain minyak zaitun dan alpukat. Minyak zaitun secara khusus tidak hanya membantu Anda membakar lemak, tetapi juga membantu menjaga kadar kolesterol tetap dalam batas normal. Anda juga bisa ngemil makanan, seperti kacang almond, yang tidak hanya kaya lemak tak jenuh tunggal, tetapi juga menjadi sumber protein yang memberikan efek membakar lemak. Almond juga membantu mencegah sakit perut akibat lapar.

kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

CARA MENANGGULANGI GIGI YANG SENSITIF


Rasa ngilu pada gigi ada baiknya tidak dianggap remeh. Pasalnya, rasa ngilu pada gigi disebabkan runtuhnya email gigi sebagai pelindung syaraf pada gigi. Akibatnya, makanan apapun yang masuk langsung berhubungan dengan syaraf gigi.

Tidak ditanggulanginya rasa ngilu berdampak jangka panjang. Gigi bakalan meradang dan akhirnya pembusukan pada gigi mengancam keberadaan organ lain pada tubuh.

Berikut tips yang direkomendasikan Pakar Gigi dari Bagian Ilmu Kesehatan Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran, Bandung, Sri Susilowati yaitu :


1.Cara penanggulangan rasa ngilu tergantung kasus. Bila disebabkan kesalahan tambalan pada gigi sebaiknya diperbaiki tambalan itu. Bila kesalahan menyikat gigi sebagai penyebab maka harus mengetahui cara memilih sikat dan menyikat gigi dengan baik dan benar.


2. Gunakan pasta gigi yang mengandung potasium citrate


3. Makan dengan gizi yang seimbang, kaya gandum murni, buah dan sayur.


4. Tambahkan sayur saat makan daging untuk memproduksi air liur dan komposisi nutrisi harus mengandung kalsium, fosfat, protein guna meremineralisasi kondisi kesehatan mulut dan gigi.

READ MORE - Selengkapnya

INILAH RUMUS MENGETAHUI KAPAN WAKTU YANG TEPAT MEMINUM KOPI



Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari banyak orang. Selain nikmat, kopi turut memberikan manfaat bagi tubuh. Kebiasaan yang selama ini dilakukan, kopi disajikan saat pagi hari dan menjelang malam. Namun, pertanyaan yang muncul adalah kapan waktu yang tepat untuk menyajikan secangkir kopi hangat?

Riset yang dipimpin oleh Professor Charles Spence dari Department of Experimental Psychology, Oxford University berhasil mengungkapkan dormula jitu guna menghadirkan manfaat kopi. Resep itu kemudian diberi nama Elevens.


Formula elevens merupakan gabungan unsur F (rasa), E (lingkungan), P (tempat), C (Kopi), T (waktu) dan M (momen). Profesor Chrales kemudian menggabungkan setiap elemen menjadi rumus sebagai berikut : M = 0.5 x F + (0.5 x E + 0.3 x P + 0.15 x C + 0.05 x T.

Dari hasil risetnya, Profesor Spense mengungkapkan jam 11 pagi merupakan waktu terbaik untuk menyajikan secangkir kopi hangat. Hasil ini kemudian dituliskan dalam laporan berjudul 'Changing Tastes.' Buku ini turut menjelaskan bagaimana peneliti menyadari pentingnya faktor eksternal seperti lingkungan, interpretasi pikiran tentang rasa dan kenikmatan.

"Formula menggambarkan bagaimana menciptakan momen yang tepat untuk menyajikan kopi di rumah dan kantor. Kami mengerti waktu mempengaruhi rasa," tukasnya.

Dia juga melihat kondisi sensor motorik turut berpengaruh terhadap interpretasi rasa saat menikmati kopi, makanan ataupun minuman lain.

Sementara itu, Kevin Gould, Food Futurologist mengatakan, riset yang dikerjakan Professor Spense sangat penting guna menemukan kenikmatan sejati saat menyantap makanan atau minuman.


READ MORE - Selengkapnya

INILAH SEBABNYA MENGAPA WANITA MEMBUTUHKAN TEMAN PEREMPUAN


Semua kaum Hawa membutuhkan teman yang juga berjenis kelamin perempuan. Meski sudah memiliki pacar atau suami, teman perempuan tetap tidak tergantikan.

Carmen Renee Berry, MSW penulis buku 'Girlfriends: Invisible Bonds, Enduring Ties' mengatakan perempuan (seperti halnya pria) memiliki bahasa mereka sendiri.

Lebih dari itu, teman perempuan adalah keluarga yang dipilih sendiri. Berikut ini beberapa alasan mengapa perempuan membutuhkan teman perempuan, sebagaimana dikutip dari Women's Day, Jumat (6/8).

1. Berry mengatakan ajaklah teman perempuan Anda berbelanja bila Anda ingin berbagi pengalaman berbelanja bersama seseorang, daripada seseorang yang mengikuti Anda belanja.

Tidak peduli seberapa menyenangkan pacar atau suami Anda, mereka tidak akan mengerti mengapa pilihan di antara sepatu kulit buaya merah dan sepatu kulit mengkilap begitu penting.

2. Saat Anda sedang menghadapi masalah (hubungan dengan pasangan, pekerjaan, atau lainnya) tidak ada yang bisa memperbaiki masalah itu dengan lebih baik daripada sudut pandang dari teman-teman Anda.

"Anda tidak perlu banyak menjelaskan kepada sekumpulan teman perempuan Anda untuk mengatakan apa yang Anda maksud," kata Berry.

3. Anda menyukai sinetron atau reality show, tidak peduli sekeras apa kita berusaha mengubah pikiran para pria, mereka menganggap acara favorit Anda itu tidak tertahankan. Itu bukan masalah.

Pasangan Anda tidak harus memiliki minat yang sama dengan Anda. Anda bisa menggunakan acara itu sebagai alasan sempurna untuk berkumpul dengan teman secara teratur.

4. Berkumpul dengan teman perempuan Anda dalam berbagai acara, bisa memberi Anda informasi, meremajakan percakapan yang ternyata Anda rindukan. Selain itu, berada dalam kelompok dengan orang-orang yang Anda cintai, mendukung, dan melengkapi Anda, bisa memberi Anda arti kebebasan yang jenaka, kadang menimbulkan sisi bahwa Anda lupa Anda berada di sana.

5. Kadang-kadang pria perlu mendapatkan pujian. Tidak ada yang bertugas sebagai pengingat yang lebih bagus mengenai begitu beruntungnya kehidupan percintaan Anda daripada teman perempuan Anda ketika anda mengingat kembali sikap romantis terakhir pasangan Anda.

6. Anda mungkin memiliki pertanyaan mengenai mengenai masalah seks atau tubuh yang pacar atau suami Anda tidak tahu jawabannya. Atau Anda ingin menjaga 'image' di depan pasangan Anda, yang mungkin membuat Anda merasa pembicaraan mengenai infeksi kelamin merupakan ide buruk.

7. Anda membutuhkan seorang teman yang membuat Anda merasa senang dengan diri Anda sendiri. Anda senang bisa mengajukan satu pertanyaan dan mendapat tanggapan jujur baik itu mengenai celana pendek yang tidak enak dipakai maupun pria yang tidak akan pernah cocok dengan keluarga Anda.

Berry memperingatkan,"Maksud dari kritikan yang bersifat membangun adalah untuk meningkatkan hidup teman perempuan Anda bukan tipu muslihat untuk mencoba membuatnya berubah."

8. Anda membutuhkan orang yang pernah mengalami apa yang pernah Anda alami. Kebijaksanaan berasal dari pengalaman.

Tetapi, menurut Berry, perempuan cenderung mendengar, sementara pria merasa butuh memecahkan masalah. Berry mengatakan saat saluran pembuangan sampah milik seorang perempuan rusak, temannya yang juga perempuan mendengarkan keluh kesahnya. Teman prianya datang dengan membawa saluran pembuangan baru dan segera memasangnya.

READ MORE - Selengkapnya

TIPS MENJAWAB PERTANYAAN ANAK TENTANG SEKS

Kenapa dada ibu kok besar, sedangkan dadaku kecil?' `Kenapa laki-laki kalau pipis berdiri sedangkan perempuan jongkok?' `Kenapa ibu bisa hamil?'

Pernahkah Anda mendapatkan pertanyaan seperti itu dari anak? Bagaimana Anda menjawabnya? Sebagian besar orang tua merasa kesulitan menjawab pertanyaan anak soal seks. Mereka akan berkelit atau bahkan mengalihkan topik pembicaraan.

Itulah mengapa pendidikan seks pada anak sejak dini itu penting. "Biasanya kalau orang tua tidak siap menjawab pertanyaan, pertanyaan anak akan disetop, dan kreativitas bertanya anak dihentikan," jelas Direktur Lembaga Konsultasi Psikologi Daya Insani, Sani B Hermawan.

Sebenarnya, menurut Sani, ada cara cerdas untuk menjawab pertanyaan anak soal seks. Pertama,
orang tua harus meluangkan waktu dengan anak untuk berdialog mengenai seks. "Jangan sampai anak mencari informasi dari luar," ujarnya.

Namun, di Indonesia masih ada hambatan untuk berdialog mengenai seks dengan anak. Seperti budaya timur yang cenderung tabu membicarakan soal seks, ketidaktahuan untuk memulai dialog, rasa malu dan canggung, belum memahami manfaat yang diperoleh, bingung pada media atau materi yang akan diinformasikan, serta rasa khawatir anak semakin tertarik pada masalah seksual.

"Itu terjadi karena orang tua salah konsep, seks diartikan hubungan seksual, padahal seks itu adalah jenis kelamin," katanya. Dialog seks atau pendidikan seks ini bisa dimulai ketika orang tua sudah bisa berdialog dua arah dengan anak atau ketika anak menginjak usia 2 atau 3 tahun hingga anak menikah. Pada saat anak berusia 2-3 tahun, ajarkan mereka nama-nama anggota tubuh termasuk alat kelamin mereka.

"Ajarkan mereka mengenai seks dengan bahasa yang ilmiah namun tidak terlalu vulgar sesuai dengan usia mereka," kata Sani. Memasuki usia prasekolah sampai lulus sekolah ajarkan anak mengenai fungsi alat kelamin mereka. Selain itu, ajarkan juga cara membersihkan alat kelamin mereka. "Ajarkan pula apa yang terjadi jika mereka tidak optimal dalam membersihkan alat kelamin mereka," jelasnya.

Sedangkan ketika memasuki usia remaja, ajarkan bagaimana mereka mengalami pubertas, seperti berubahnya bentuk tubuh dan organ-organ vital mereka, terjadinya menstruasi pada anak perempuan dan mimpi basah pada anak laki-laki.

Ketika anak sudah memasuki pra nikah, jelaskan bagaimana hubungan seks yang sehat. Pendidikan seks tak hanya berhenti di situ tapi juga setelah anak menikah. Orang tua harus ajarkan bagaimana hubungan seks setelah menikah tapi tetap berkualitas. "Orang tua harus lebih pintar dari anak, jangan sampai anak lebih pintar dari orang tua," tegasnya.

Selain berdialog seks dengan anak, orang tua juga harus menunjukkan sikap terbuka, informatif, dan yakin di depan anak. Sebelum berdialog dengan anak, orang tua hendaknya menyiapkan materi dan penyampaian yang sesuai, serta gunakan istilah ilmiah. Gunakan media atau alat bantu konkret.

"Bekali diri dengan wawasan yang cukup. Sehingga ketika anak bertanya orang tua mampu menjawabnya dengan benar dan secara ilmiah," tuturnya. Selain itu, yakinkan diri bahwa pendidikan seks itu penting dan bermanfaat. "Diskusikan kepada ahli jika bingung dan ragu soal pertanyaan anak tersebut," pungkasnya.
READ MORE - Selengkapnya

CARA PENGATURAN MAKAN BAGI PERTUMBUHAN ANAK


Setiap hari kita butuh makan, idealnya orang makan 3 kali sehari. Tapi ada juga yang bisa makan lebih dari 3 kali dalam satu hari. Namun tidak banyak orang yang makan dengan teratur, biasanya mereka akan makan jika merasa lapar.

Orang perlu makan sebagai sumber tenaga, menjaga metabolisme tubuh, membantu proses pertumbuhan bagi anak-anak, dan mengganti sel-sel yang rusak. Pada pertumbuhan anak, makan ini sangat penting bagi perkembangan otak, intelegensi dan kematangan sosial. Namun melatih anak untuk menyukai prosesi makan memang bukan perkara yang mudah. Perlu kesabaran dan ketelatenan.

Menurut dr. Fiastuti Witjaksono MS, SpGK, seorang dokter ahli gizi di Jakarta, makan bagi anak-anak memang perlu direncanakan. “Perencanaan makan bagi si kecil bukan hanya berkaitan dengan bagaimana membuat proses makan itu menarik bagi si kecil. Jumlah kalori, jadwal dan jenis makanan yang dikonsumsi anak juga harus diperhatikan,” ujarnya.

Jumlah kalori pada makanan anak harus sesuai dengan kebutuhan, kalori yang masuk harus sesuai dengan kalori yang dikeluarkan. “Kebutuhan kalori anak tentunya berbeda sesuai dengan usianya. Untuk anak 1-3 tahun membutuhkan 1300 kal tiap harinya, 4-6 tahun 1800 kal dan 7-10 tahun 2000 kal,” tambah dr Fiastuti.

Pengaturan jadwal makanan pada anak juga harus diperhatikan. Idealnya anak-anak tidak boleh melewatkan 3 makanan utama, disamping itu boleh memberikan snak pada anak 2-3 kali dalam sehari. “Yang sering dilewatkan oleh orang tua adalah sarapan. Kalau anak tidak mau sarapan, biasanya orang tua akan menurutinya saja. Padahal justru sarapan ini penting karena disinilah persiapan asupan energi untuk beraktifitas diproses,” tandas dr Fiastuti.

Menurutnya keuntungan lain dari sarapan bagi anak-anak adalah mempermudah penyerapan pelajaran bagi anak-anak usia sekolah. Selain itu sarapan juga mencegah anak jajan makanan yang kurang sehat di sekolah. Untuk itulah dia dr Fiastuti menyarankan bagi orang tua untuk tidak melewatkan waktu sarapan bagi si anak.

Hal lain yang sangat penting untuk diperhatikan adalah jenis makanan yang dikonsumsi anak. “Komposisi makanan yang seimbang harus diperhatikan. Konsumsi karbohidrat 45-65%, protein 10-25% dengan perbandingan hewani: nabati 2:1, lemak 25-40% juga vitamin dan mineral sebagai tambahan,” terang dr Fiastuti. Karbohidrat disini lebih ditekankan pada karbohidrat kompleks seperti beras, gandum, terigu, buah-buahan dan sayuran.

Kebutuhan tubuh akan lemak juga perlu diperhatikan. “Meskipun tidak semua lemak baik, tapi ada lemak yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Lemak yang baik dikonsumsi adalah yang berasal dari ikan, minyak kedele dan kacang-kacangan,” imbuhnya. Dia mengatakan sebaiknya menghindari lemak dari goreng-gorengan karena tidak baik bagi kesehatan. “Lemak jenuh pada gorengan juga membuat rasa enak pada makanan justru berkurang, selain itu tidak baik bagi kesehatan,” pungkasnya.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT BAU MULUT ATAU HALITOSIS

DEFINISI
Rak toko yang penuh dengan mint, pembersih mulut dan produk lain didesain untuk menolong orang melawan dan mencegah bau mulut atau nafas tak sedap. Produk-produk ini membantu mengontrol napas bau hanya sementara.

Makanan tertentu, kondisi kesehatan dan kebiasaan sehari-hari menjadi penyebab bau mulut. Pada banyak kasus, anda dapat memperbaiki napas tak sedap dengan kebersihan gigi dan mulut yang tepat. Tapi, jika teknik perawatan diri sendiri secara sederhana tidak menyelesaikan masalah, anda dapat menemui dokter gigi anda untuk meyakinkan apa ada kondisi yang lebih serius yang menyebabkan anda terkena napas tak sedap.

GEJALA
Jenis yang tepat dari napas bau bervariasi tergantung sumber atau apa yang menjadi penyebab napas bau.

Penyebab & Faktor Risiko
Penyebab


Kebanyakan bau mulut berasal dari dalam mulut anda. Penyebab napas tak sedap bermacam-macam. Di antaranya adalah:

• Makanan. Partikel yang pecah pada dan di sekitar gigi anda dapat menyebabkan napas menjadi bau. Makan makanan yang mengandung minyak tertentu adalah sumber napas bau. Bawang merah dan bawang putih adalah contoh yang paling mudah, tetapi sayuran lain dan bumbu-bumbu juga dapat menyebabkan napas bau. Setelah makanan-makanan tersebut tercerna dan minyak-minyak yang keras yang terkandung di dalamnya terserap ke dalam peredaran darah anda, mereka akan terbawa ke paru-paru anda dan tercium pada napas anda sampai makanan tersebut benar-benar hilang dari tubuh anda. Bawang merah dan bawang putih dapat menyebabkan napas bau selama 72 jam setelah anda memakannya.

• Masalah gigi. Kebersihan gigi yang rendah dan penyakit pada gigi dapat menjadi sumber napas bau. Jika anda tidak menggosok gigi setiap hari, partikel makanan akan tertinggal di gigi anda, mengundang bakteri dan memancarkan uap hidrogen sulfida. Lapisanlembut dan tidak berwarna dari bakteri akan terbentuk di gigi anda.

Jika tidak di gosok, plak dapat mengiritasi gusi (gingivitis) dan menyebabkan kebusukan gigi. Dengan cepat, plak akan terbentuk di antara gusi dan gigi anda (periodontitis), memperburuk masalah ini - dan juga napas anda. Gigi palsu yang tidak dibersihkan secara teratur atau tidak tepat juga dapat menyebabkan napas bau karena bakteri dan partikel makanan.

• Mulut kering. Air ludah membatu membersihkan dan membasahi mulut anda. Mulut yang kering memungkinkan sel mati berkumpul di lidah anda, gusi atau dinding pipi anda. Sel-sel ini kemudian membusuk dan menyebabkan napas tidak sedap. Mulut kering secara alami terjadi saat tidur. Inilah yang menyebabkan napas bau di pagi hari. Mulut kering lebih bermasalah jika anda tidur dengan mulut terbuka. Beberapa pengobatan medis dapat menyebabkan mulut kering secara kronis sama parahnya dengan merokok, yang menyebabkan masalah pada kelenjar ludah anda.

• Penyakit. Infeksi paru-paru yang kronis dan bengkak bernanah pada paru-paru dapat menghasilkan napas bau yang parah. Penyakit lain, seperti beberapa kanker dan penyakit metabolisme tertentu, dapat menyebabkan bau mulut yang khas. Kegagalan ginjal dapat menyebabkan bau napas seperti urin, dan kegagalan hati menyebabkan napas berbau seperti ikan. Orang dengan diabetes yang tidak terkontrol sering mengalami napas yang berbau seperti buah. Penyakit asam lambung yang parah pada perut anda (gastroesophageal reflux disease, atau GERD) juga terkait dengan napas bau.

• Kondisi mulut, hidung, dan tenggorokan. Napas bau juga berkaitan dengan infeksi sinus (lubang yang menghubungkan rongga hidung dengan batok kepala). Anak-anak dengan napas bau mungkin saja ada benda asing yang menyangkut pada hidungnya. Kacang atau benda asing yang tersangkut di dalam hidung menyebabkan napas yang berat dan bau mulut. Infeksi tenggorokan dapat menyebabkan napas bau sampai penyakit itu sembuh. Bronkhitis dan infeksi pernapasan atas lainnya dimana ketika anda batuk, dahak yang terdapat di dalamnya adalah sumber dari napas bau.

• Produk tembakau. Asap membuat mulut anda kering dan menyebabkan bau napas yang tidak sedap. Pengguna tembakau juga lebih mudah terkena penyakit gigi dan gusi serta sumber napas bau lainnya.
kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT INFEKSI TELINGA ATAU OTITIS MEDIA

Infeksi telinga atau otitis media, adalah satu di antara banyak penyakit yang menyerang pada awal masa anak-anak. Meskipun infeksi telinga mengkhawatirkan para orang tua dan membuat anak-anak tidak nyaman, banyak infeksi telinga sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Banyak anak-anak berhenti mengalami infeksi telinga pada usia 4 atau 5 tahun.

Orang dewasa jarang mengalami infeksi telinga. Perawatan infeksi telinga untuk orang dewasa sama dengan perawatan untuk anak-anak, meskipun operasi jarang diperlukan.


GEJALA
Infeksi telinga dapat sulit diketahui, khususnya jika anda terlalu muda untuk bisa berbicara. Anak-anak dengan infeksi telinga mungkin :

• Mengeluh akan rasa sakit di telinga
• Menarik atau mendorong telinga mereka
• Menangis lebih dari biasanya
• Memiliki masalah sulit tidur
• Gagal untul merespon suara
• Tidak biasanya menjadi pemarah
• Demam 38 Celsius atau lebih
• Keluar cairan dari telinga
• Sakit kepala

Jangan memasukkan sesuatu kedalam telinga anak untuk mengetahui infeksi telinga.

Orang dewasa yang memiliki infeksi telinga memiliki gejala:
• Sakit telinga
• Demam 38 Celsius atau lebih
• Merasa ada yang menyumbat telinga
• Pusing
• Hilang pendengaran selama beberapa waktu



Penyebab & Faktor Risiko
Penyebab

Infeksi telinga biasanya dimulai dengan infeksi virus seperti pilek. Saluran telinga menjadi bengkak karena infeksi virus dan cairan terbentuk dibelakang gendang telinga.

Infeksi telinga juga dapat berhubungan dengan penyumbatan atau pembengkakan pada saluran sempit yang menghubungkan telinga tengah menuju hidung (Eustachian tubes). Cairan terperangkap di tengah telinga ketika Eustachian tubes membuat penyumbatan saat mengalami pilek, hal ini dapat menyebabkan telinga sakit dan mengalami infeksi. Karena Eustachian tubes pada anak-anak lebih sempit dan pendek dari orang dewasa mereka lebih dapat mengalami infeksi telinga daripada orang dewasa.

Sebagai tambahan, anak-anak tidak memiliki perkembangan sistem imun secara lengkap. Jadi lebih mudah untuk terkena berbagai penyakit termasuk pilek dan infeksi telinga.

Faktor risiko

Faktor risiko terbesar pada infeksi saluran telinga pada anak-anak antara lain:
• Usia. Anak-anak antara usia 6 sampai 18 bulan rentan terkena infeksi telinga, meskipun infeksi telinga biasa terjadi pada anak-anak usia 4 bulan sampai 4 tahun.

• Kelompok bermain. Anak-anak yang masuk di dalam kelompok ini lebih mudah terserang pilek dan infeksi telinga daripada anak-anak yang berada di rumah, itu karena mereka terkena lebih banyak virus penyebab pilek yang dapat menyebabkan atau berkomplikasi pada infeksi telinga.

• Posisi saat memberikan makan. Bayi yang minum dari botol dengan posisi berbaring cenderung terkena infeksi telinga daripada bayi yang diberi makan dengan posisi duduk atau berdiri.

Baik orang dewasa maupun anak-anak dapat disebabkan oleh faktor risiko berikut:
• Musim. Infeksi teliga biasa terjadi saat musim gugur atau dingin.
• Catatan keluarga. Anak anda memiliki peningkatan infeksi jika anggota keluarga lain memiliki infeksi telinga.
• Ras. Indian-Amerika dan suku Inuit dari Alaska atau Canada cenderung lebih banyak memiliki infeksi telinga.

Pencegahan

Anda dapat mengurangi risiko anak anda terkena infeksi telinga dengan beberapa langkah mudah.
• Jaga anak anda dari anak lain yang sakit. Jika memungkinkan batasi waktu untuk anak anda berada di kelompok bermain. Kelompok bermain yang diatur dengan hanya beberapa anak dalam satu kelompok dapat membantu pencegahan sakit telinga.

• Lindungi anak anda dari perokok. Pastikan dirumah anda tidak ada yang merokok. Apabila jauh dari rumah, tetaplah berada di lingkungan bebas rokok.

• Menyusui anak anda setidaknya sampai usia enam bulan. ASI mengandung antibodi yang memberikan perlindungan dari infeksi telinga.

• Jika memberikan makanan dari botol, buat bayi anda pada posisi tegak lurus. Hindari memberikan makanan atau minuman dari botol saat bayi anda pada posisi berbaring.

• Tanya dokter anak anda tentang pneumococcal vaccine (Prevnar). Prevnar dimaksudkan untuk pencegahan hal yang serius, infeksi yang mengancam jiwa, seperti pneumonia dan meningitis. Prevnar dapat menurunkan risiko infeksi telinga dengan baik.

• Untuk orang dewasa, coba decongestan tanpa resep yang dijual bebas atau pengobatan alergi. Jika sinus anda mengumpul karena alergi atau pilek, bicara pada dokter anda tentang penggunaan pengobatan alergi atau decongestan tanpa resep untuk mengurangi risiko infeksi telinga di masa depan

kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

APA ITU PENYAKIT MATA MELANOMA

Melanoma terjadi pada sel yang memproduksi melanin – pigmen yang memberi warna pada kulit. Mata anda juga memiliki sel yang memproduksi melanin dan dapat menjadi melanoma.

Melanoma yang terletak di mata diistilahkan dengan kanker mata primer. Melanoma meskipun langka terjadi adalah kanker mata yang paling umum terjadi pada orang dewasa. Jika melanoma dimulai di bagian tubuh lain seperti paru-paru atau payudara dan kemudian menyebar ke mata, disebut kanker mata sekunder.

GEJALA
Anda mungkin tidak akan mengalami gejala apapun ketika mengalami melanoma. Akan tetapi pada kasus yang lain dapat mengalami tanda dan gejala antara lain :

• Timbulnya titik gelap pada iris mata
• Sensasi silau pada mata
• Penglihatan kabur pada salah satu mata
• Hilangnya kemampuan penglihatan di bagian sisi (peripheral)
• Timbul sensasi berlekuk pada penglihatan

Penyebab & Faktor Risiko
Penyebab


Penyebab pasti melanoma tidak diketahui. Ilmuan meyakini bahwa DNA memainkan peran yang menyebabkan sel menjadi kanker. Mutasi DNA dapat menyebabkan sel tidak berfungsi secara normal, dan dapat menimbulkan kanker. Terkadang mutasi ini menurun dalam keluarga, tetapi hal ini juga dapat hilang dengan sendirinya.

Meskipun para ilmuan menemukan hubungan antara kanker dan perubahan genetik tertentu, mereka belum menemukan alasan tepat mengapa perubahan ini terjadi.

Melanoma paling banyak terjadi pada uvea. Uvea adalah lapisan pada mata yang berada di antara lapisan sklera dan retina dan terdiri dari iris, badan siliar dan koroid. Uvea mengandung banyak pembuluh darah yang berperan dalam memberikan nutrisi ke mata. Melanoma dapat terjadi di bagian depan uvea (iris dan sklera) atau di bagian belakang uvea (koroid).

Faktor risiko

Beberapa faktor risiko melanoma primer antara lain :
• Warna mata. Orang dengan mata berwarna biru memiliki risiko besar mengalami melanoma pada mata.

• Sifat genetik. Kondisi langka yang disebut dysplastic nevus syndrome, yang menyebabkan tahi lalat yang tidak normal juga dapat meningkatkan risiko mengalami melanoma pada kulit dan mata. Sebagai tambahan, orang dengan pigmentasi kulit yang tidak normal pada kelopak mata dan meningkatnya pigmentasi pada uvea juga memiliki peningkatan risiko terjadi melanoma.

• Sinar matahari. Terkena sinar ultraviolet menjadi penyebab melanoma pada kulit, dan juga menjadi faktor risiko melanoma pada mata meskipun belum terbukti.


Pencegahan

Meskipun tidak ada hubungan langsung antara terkena sinar matahari dan melanoma pada mata, keterkaitan antara keduanya telah ditemukan. Karena itu, beberapa dokter merekomendasikan penggunakan kacamata anti sinar UV sebagai tindakan pencegahan yang memungkinkan.
READ MORE - Selengkapnya

CARA MUDAH AGAR TIDAK TERKENA SARIAWAN


Sariawan bukan penyakit serius. Tapi kalau sudah kena yang satu ini sangat tidak nyaman karena jadi sulit untuk makan ataupun berbicara. Bagaimana caranya supaya tidak diganggu sariawan?

Sariawan atau dikenal dengan sebutan stomatitis adalah pembengkakan atau peradangan yang terjadi di lapisan mukosa mulut.

Daerah yang bisa terkena sariawan termasuk pipi, gusi, lidah, bibir serta langit-langit mulut. Selain itu sariawan juga bisa menyebabkan perdarahan, bengkak serta warna yang memerah.

Seperti dikutip dari Healthcentre, Sabtu (27/3/2010) ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sariawan, yaitu:
1. Akibat virus
Sariawan ini disebabkan oleh beberapa bentuk virus yang ada di dalam tubuh, termasuk kasus-kasus khusus seperti yang menyebabkan demam pada kelenjar, herpes dan penyakit mulut lainnya.

2. Akibat bakteri.
Sariawan jenis ini biasanya suka terjadi jika seseorang menderita sakit tenggorokan atau penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri.

3. Akibat jamur.
Sariawan ini timbul saat seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat rendah atau masalah kesehatan lainnya yang mungkin memerlukan penggunaan antibiotik dosis tinggi.

4. Non-infeksi.
Penyebab paling umumnya adalah terjadinya luka di mulut yang berulang, meskipun tidak diketahui penyebabnya tapi biasanya akan hilang dalam waktu 2 minggu. Sariawan ini juga bisa disebabkan adanya masalah dalam sistem pencernaan, kekurangan vitamin, riboflavin, miacin dan B12.

Selain keempat penyebab di atas, ada juga hal lain yang diduga dapat menyebabkan sariawan seperti kurang menjaga kebersihan mulut, pemasangan kawat gigi atau gigi palsu dan juga konsumsi makanan atau minuman yang panas.

Perawatan yang dilakukan untuk mengobati sariawan adalah dengan mencari sumber penyebab sariawan tersebut. Namun mengatur makanan yang dikonsumsi juga bisa membantu, seperti menghindari makanan yang renyah atau makanan dengan rasa yang tajam. Usahakan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut dan tetap menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Jika Anda adalah pengguna kawat gigi atau gigi palsu, maka mintalah dokter untuk memeriksanya saat sedang berkunjung untuk memastikan bahwa tidak ada masalah berarti.

Biasanya sariawan akan hilang dengan sendirinya setelah 4 hari, tapi bila tak kunjung hilang sebaiknya mencari bantuan medis terutama jika disebabkan oleh infeksi bakteri yang membutuhkan antibiotik.

Sebenarnya sariawan bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan baik, melakukan pemeriksaan gigi secara teratur serta mengatur pola makan yang baik dengan mengurangi makanan yang dapat memicu iritasi pada lapisan mukosa mulut.

Selain itu pencegahan sariawan juga bisa dilakukan dengan menghindari terjadinya trauma atau benturan seperti menyikat gigi dengan lembut, tidak terburu-buru saat mengunyah makanan serta tidak berbicara saat sedang makan.

detik
READ MORE - Selengkapnya

BERAPAKAH JUMLAH DENYUTAN JANTUNG YANG NORMAL?


Jantung adalah organ vital dan merupakan pertahanan terakhir untuk hidup selain otak. Denyut yang ada di jantung ini tidak bisa dikendalikan oleh manusia. Berapa sebenarnya jumlah rata-rata denyut jantung yang normal?

Denyut jantung biasanya mengacu pada jumlah waktu yang dibutuhkan oleh detak jantung per satuan waktu, secara umum direpresentasikan sebagai bpm (beats per minute).

Denyut jantung yang optimal untuk setiap individu berbeda-beda tergantung pada kapan waktu mengukur detak jantung tersebut (saat istirahat atau setelah berolahraga). Variasi dalam detak jantung sesuai dengan jumlah oksigen yang diperlukan oleh tubuh saat itu.

Detak jantung atau juga dikenal dengan denyut nadi adalah tanda penting dalam bidang medis yang bermanfaat untuk mengevaluasi dengan cepat kesehatan atau mengetahui kebugaran seseorang secara umum.

"Pada orang dewasa yang sehat, saat sedang istirahat maka denyut jantung yang normal adalah sekitar 60-100 denyut per menit (bpm). Jika didapatkan denyut jantung yang lebih rendah saat sedang istirahat, pada umumnya menunjukkan fungsi jantung yang lebih efisien dan lebih baik kebugaran kardiovaskularnya," ujar Edward R. Laskowski, M.D, seorang physical medicine and rehabilitation specialist, seperti dikutip dari Mayo Clinic, Senin (29/3/2010)

Laskowski menambahkan ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi jumlah denyut jantung seseorang, yaitu aktivitas fisik atau tingkat kebugaran seseorang, suhu udara disekitar, posisi tubuh (berbaring atau berdiri), tingkat emosi, ukuran tubuh serta obat yang sedang dikonsumsi.

Setiap orang bisa mengukur denyut jantungnya sendiri tanpa perlu menggunakan stetoskop. Untuk mengukur denyut jantung di rumah bisa dengan cara memeriksa denyut nadi. Tempatkan jari telunjuk dan jari tengah pada pergelangan tangan atau tiga jari pada sisi leher. Saat merasakan denyut nadi, lihatlah jam untuk mneghitung jumlah denyut selama 15 detik. Hasil yang didapatkan di kalikan empat, maka didapatkan jumlah denyut jantung Anda per menit.

"Meskipun jumlah denyut bervariasi, tapi denyut yang terlalu tinggi atau rendah dapat menunjukkan adanya masalah yang mendasar. Konsultasikan ke dokter jika denyut Anda secara konsisten di atas 100 bpm (tachycardia) atau di bawah 60 bpm (Bradycardia), terutama jika disertai gejala lain seperti pusing, sesak napas atau sering pingsan," ungkapnya.

Denyut jantung seseorang juga dipengaruhi oleh usia dan aktivitasnya. Olahraga atau aktivitas fisik dapat meningkatkan jumlah denyut jantung, namun jika jumlahnya terlalu berlebihan atau di luar batas sehat dapat menimbulkan bahaya.

Untuk mendapatkan nilai denyut jantung maksimal dilakukan dengan cara mengurangi angka 220 dengan usia. Misal usianya 40 tahun, maka jumlah maksimalnya adalah 180 bpm.

Dengan melakukan tes sederhana tersebut, seseorang bisa mengetahui apakah denyut jantunya normal atau tidak. Hal ini juga berguna sebagai diagnosis awal ada atau tidaknya gangguan kardiovaskuler.

detik
READ MORE - Selengkapnya

MEWASPADAI EFEK SAMPING VITAMIN C


Vitamin C punya banyak manfaat kesehatan seperti meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah flu. Tapi terlalu banyak konsumsi vitamin C bukan manfaat yang didapat melainkan efek sampingnya. Apa saja efek sampingnya?

Seperti dilansir anyvitamins.com, Rabu (31/3/2010), vitamin C dikenal juga dengan banyak nama asam askorbat yang merupakan vitamin yang larut dalam air.

Karena larut dalam air, vitamin C dianggap sebagai nutrisi paling aman dan efektif yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin C ini tidak diolah dalam tubuh dan karenanya bisa didapatkan dari pangan atau suplemen.

Makanan yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, lemon, limau, kubis, kembang kol, asparagus, brokoli dan lainnya.

Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen yang membantu penyembuhan luka. Vitamin C juga diperlukan untuk pemeliharaan tulang rawan, tulang dan gigi.

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan penyakit kudis, anemia, masalah gastrointestinal dan dermatitis. Tapi ingat konsumsi vitamin C harus pas, jangan berlebihan untuk menghindari masalah overdosis.

Menurut Food and Nutrition Board dan National Academy of Sciences-National Research Council, dosis vitamin C untuk anak usia 5 tahun sebesar 45 mg per hari. Sedangkan untuk dewasa sekitar 75-150 mg per hari.

Namun pendapat lain mengatakan tubuh masih menoleransi dosis vitamin C hingga 500 gram. Ada juga pendapat mengatakan kemampuan tubuh menyimpan vitamin C bisa mencapai maksimal 2.000 mg/hari, di atas itu sudah tidak diserap tubuh.

Dosis yang berlebihan hanya akan sia-sia masuk ke tubuh dan akan dibuang melalui urine bahkan bisa mengganggu fungsi tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi Vitamin C akan memiliki efek samping seperti sakit kepala, mual, muntah, perut sakit, kelelahan, mengantuk, gangguan pencernaan, kram usus, diare, insomnia, batu ginjal, iritasi di kerongkongan, hingga pengeroposan gigi.

Orang yang punya penyakit kelebihan zat besi atau hemochromatosis juga harus menghindari kelebihan konsumsi vitamin C karena dapat menyebabkan keracunan zat besi.

Sedangkan pada ibu hamil, kelebihan vitamin C selama bulan pertama bisa menekan produksi progesteron yang memicu keguguran.

Makan buah segar dan minum air yang banyak bisa menghilangkan kelebihan vitamin C dari tubuh dan menghindari semua efek samping kelebihan vitamin C.

detik
READ MORE - Selengkapnya

RUPANYA OPERASI PLASTIK BISA BIKIN KECANDUAN


Dalam situasi tertentu, operasi plastik hampir sama seperti merokok karena menimbulkan perilaku kecanduan. Jadi jangan heran orang yang pernah sekali operasi plastik bakal mengulanginya hingga beberapa kali.

Operasi plastik sudah dianggap tidak tabu yang membuat wanita atau pria berkantong lumayan akan terus menyempurnakan tubuhnya melalui operasi plastik.

Awalnya cuma operasi kelopak mata, kemudian operasi bibir, hidung, leher, bokong, pinggang, panggul, kaki dan lainnya.

Bintang film Elizabeth Taylor sepanjang usianya yang 78 tahun telah melakukan 100 kali operasi lebih mulai dari operasi kesehatan, operasi caesar dan terbanyak operasi kecantikan.

Bintang reality show Heidi Montag juga mengakui ia telah menjalani 10 kali operasi plastik dalam satu hari. Meskipun ia tidak mengaku kecanduan, tapi para ahli berpendapat perilaku seperti itu sudah merupakan kecanduan.

"Kecanduan itu ditandai tiga gejala fundamental yaitu mengulangi lagi, ngidam sesuatu dan melakukan sesuatu meskipun memiliki konsekuensi negatif," ujar Tom Horvarth, psikolog di pusat perawatan kecanduan di La Jolla, California, seperti dikutip dari Foxnews, Kamis (1/4/2010).

Horvarth menambahkan meskipun kenikmatan yang didapatkan seseorang dari operasi plastik tidak sama dengan kenikmatan dari zat tertentu seperti merokok, tapi perilaku ini berpotensi menimbulkan adiktif (kecanduan).

"Potensi ini dilihat jika seseorang telah berhasil mengubah tubuhnya dan mendapatkan hasil bagus, maka orang tersebut akan berpikir tentang operasi berikutnya yang ingin diperbaiki dengan operasi plastik. Di sinilah kecanduan operasi plastik dimulai," ungkapnya.

Kebanyakan orang yang telah kecanduan operasi plastik karena ingin memenuhi kebutuhan fisiologisnya. Biasanya orang-orang ini merasa harus tampil cantik di sepanjang waktunya.

Orang yang tidak merasa puas dengan dirinya sendiri dari waktu ke waktu juga akan melakukan apapun untuk meningkatkan kepuasan tubuhnya, sehingga memicu orang untuk ketagihan operasi plastik.

Alasan lain orang ingin melakukan operasi plastik adalah keinginan untuk tampil lebih muda, agar bisa diterima oleh lingkungan sosial. Ada juga yang melakukan operasi agar terlihat tidak terlalu etnis seperti kelopak mata sipit yang dilebarkan.

Dalam beberapa kasus, orang yang melakukan operasi plastik karena memiliki persepsi realistis dari fiturnya yang dalam kondisi medis dikenal dengan gangguan tubuh dismorfi (body dysmorphic disorder).

Jika pasien sudah menunjukkan tanda-tanda kecanduan, maka seorang ahli bedah biasanya akan merekomendasikan pasien untuk melakukan konseling dan membicarakan seberapa perlu dirinya melakukan operasi plastik.

Namun hal ini akan menjadi sangat sulit, terutama jika pasien sebelumnya telah melakukan banyak operasi plastik di tubuhnya. Jika hal ini terjadi maka terapi fisiologis kemungkinan dibutuhkan.

Cara terbaik untuk mencegah kecanduan operasi plastik adalah menghentikannya sebelum benar-benar terjadi. Operasi plastik bukanlah suatu hal yang buruk, tapi jika dilakukan terus menerus dan mengubah banyak hal bisa menjadi sesuatu yang buruk. Seseorang harus tahu kapan dirinya membutuhkan operasi plastik dan kapan tidak.
READ MORE - Selengkapnya

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails