Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

TIPS MENCEGAH PERUT KEMBUNG


Kembung sering hadir di perut dan mengganggu aktivitas. Kembung memiliki arti penumpukan udara di dalam sistem pencernaan yang mengakibatkan rasa tidak nyaman.

Perut kembung juga dapat mengganggu penampilan karena menambah sekitar 8 cm ukuran lingkar pinggang baik pada pria maupun wanita. Sekitar 20% penyebab kembung berasal dari gas yang kita telan, dan 80% sisanya berasal dari produk pencernaan.

Makanan yang dikonsumsi oleh seseorang akan dicerna di dalam sistem pencernaan. Namun, beberapa diantaranya tidak dapat dicerna dan sulit untuk diserap oleh usus akibat kurangnya atau tidak adanya enzim tertentu yang membantu pencernaan.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat membuat perut menjadi kembung sebagaimana ditulis klikdokter:

== Minuman berkarbonasi karena terdapat kandungan gas di dalamnya dan pemanis buatan yang banyak terdapat dalam minuman soda, permen karet dan permen dimana sulit untuk dipecah.
== Gandum dan produk susu dapat menjadi penyebab rasa kembung terutama bagi mereka yang menderita intoleransi laktosa atau alergi.
== Beberapa jenis buah dan sayuran termasuk kacang-kacangan, kentang, brokoli, pisang dan kismis memang termasuk makanan yang baik untuk kesehatan. Namun makanan tersebut mengandung gula kompleks dan tepung yang sulit dipecah dan dapat mengakibatkan kembung

Cara mencegah perut kembung:
-- Hindari dan kurangi konsumsi minuman berkarbonasi dan pemanis buatan
-- Hindari makanan bebas gluten
-- Cari makanan bebas produk susu atau yang mengandung lactase. Misalnya produk dari kedelai atau nasi
-- Konsumsi obat dijual bebas yang memiliki kandungan simethicone

Selain berasal dari gas dan produk makanan yang tidak tercerna secara sempurna, rasa kembung juga dapat disebabkan adanya penyakit yang lebih serius seperti irritable bowel syndrome, radang usus halus dan lainnya yang berhubungan dengan saluran pencernaan


TRIBUNNEWS.COM-
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MENCEGAH PERUT KEMBUNG"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner