Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Gadis Cilik 3 Tahun Diangkat Payudaranya Karena Kanker


Kanada, Pengangkatan payudara biasanya dilakukan oleh wanita dewasa yang menderita kanker payudara. Tapi di Kanada, seorang gadis cilik yang didiagnosa kanker payudara harus menjalani operasi pengangkatan payudara saat usianya 3 tahun.

Belum genap usia 4 tahun, Aleisha Hunter dinyatakan sebagai penderita kanker payudara termuda di Kanada.

Menurut ibu Aleisha, ia menemukan ada benjolan kecil di payudara kanan putrinya ketika mandi saat berusia 2 tahun. Akhirnya setelah mencari tahu penyebab benjolan tersebut, saat usia 3 tahun dokter mendiagnosa Aleisha dengan juvenile breast carcinoma (kanker payudara remaja), yaitu bentuk kanker yang jarang terjadi.

"Kanker payudara bisa terjadi pada anak dan remaja, tetapi hal itu sangat jarang terjadi pada anak perempuan yang belum pubertas," jelas Dr Thomas Olson, direktur medis Aflac Cancer Center and Blood Disorders Service di Atlanta, dilansir CNN, Senin (24/1/2011).

Menurut The National Institute for Health, kurang dari 5 persen kanker payudara invasif terjadi pada wanita di bawah usia 40 tahun. Dan ada sekitar 12,2 persen yang lahir hari ini akan mengalami kanker payudara selama hidupnya.

"Ada banyak wanita dewasa yang telah diuji dan tahu bahwa mereka membawa mutasi gen kanker payudara. Saya pikir sangat penting bagi mereka untuk menyadari bahwa tidak ada bukti untuk mendukung risiko kanker payudara di masa kecil untuk anak perempuan mereka," kata Dr Sharon Plon, Kepala Texas Children's Cancer Center Genetics Clinic.

Dokter Dr Nancy Down, kepala deputi pembedaha di North York General Hospital, dokter yang menangani Aleisha, memutuskan mastektomi (pengangkatan payudara) radikal ganda pada Aleisha saat berusia 3 tahun karena tumor telah tumbuh cukup besar.

Tapi Aleisha tidak menjalani pengobatan kemoterapi atau radiasi.

"Kapanpun Anda bisa mengalami kasus yang jarang dan harus diberlakukan dengan logis. Pertama Anda tahu memerlukan pembedahan, pertanyaannya adalah apakah kemoterapi akan menambah terapi. Anda bisa memberikan kemoterapi kecuali jika Anda benar-benar berpikir itu akan membantu," kata Olson seorang ahli onkologi pediatrik.

Dr Down mengatakan, tipe yang jarang dari kanker ini tumbuh lambat, tidak menyebar agresif seperti jenis dan prognosis kanker lain. Dia juga mengatakan Aleisha akan mendapatkan bedah rekonstruksi pada payudaranya saat memasuki usia pubertas.

"Jika orang tua curiga terhadap sesuatu yang tidak biasa, Anda harus mendukung anak Anda yang terbaik dan sangat penting untuk menindaklanjuti jika Anda khawatir," kata Dr Plon.

Pada bulan November lalu, Aleisha mendapat penghargaan 2010 Ambassador for Random Act of Kindness (RAK) Day tempat asalnya Cambridge dan North Dumfries, Kanada.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gadis Cilik 3 Tahun Diangkat Payudaranya Karena Kanker"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner