Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

Kotoran telinga serta bagaimana cara mengatasinya?

Banyak orang mengeluh masalah kotoran telinga yang berulang, sementara ada yang tidak menjadi masalah, bagaimana kok bisa begitu?


Pada liang telinga bagian luar terdapat rambut-rambut halus yang fungsinya sebagai penyaring terhadap kotoran yang mungkin masuk dari luar seperti debu.

Kotoran telinga berasal dari kotoran di luar telinga yang tersaring dan kelenjar keringat yang mengering disekitar rambut halus telinga bagian luar.

ear wax

Jenis kotoran telinga ada yang kering, yang umumnya dapat keluar/jatuh sendiri dari lubang telinga dan yang basah, yang umumnya akan lebih lengket pada kulit telinga. Kotoran telinga umumnya akan penuh sekitar 3-4 bulan, jadi sebenarnya tidak perlu untuk membersihkan telinga setiap hari dengan kapas telinga (cotton bud).

Jika harus membersihkan telinga, jangan sampai terlalu dalam karena kemungkinan akan mendorong kotoran lebih dalam dan makin hari akan menumpuk sehingga dapat mengganggu pendengaran dan yang berbahaya dapat merobek gendang telinga.

Jika kotoran telinga terlalu kering dan keras, harus diberikan dulu obat tetes telinga untuk melunakkan kotoran telinga sehingga tidak melukai kulit telinga pada saat dibersihkan


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails