Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

Penyebab Kenapa telinga bisa berjamur?

Jamur umumnya timbul pada tempat-tempat yang lembab, lubang telinga kita umumnya kering. Telinga yang berjamur umumnya diakibatkan lubang telinga yang sering lembab sampai basah/berair. Istilah medis jamur pada telinga disebut otomikosis. Telinga yang lembab atau berair diakibatkan karena infeksi pada rongga telinga luar, umumnya akibat terlalu sering membersihkan telinga dengan kapas/cotton bud.


otomycosis
ear fungus

Jika ingin membersihkan telinga jangan terlalu dalam dan terlalu keras, yang dapat mengakibatkan lecet pada kulit, sehingga menjadi lembab dan berair, jika berlangsung lama maka timbullah jamur.


GEJALA
Gejala yang timbul umumnya telinga terasa gatal sekali dan jika dibiarkan akan timbul sakit pada telinga dan dapat menyebabkan telinga mengeluarkan cairan. Jika hal ini terjadi, kita harus segera ke dokter, karena telinga harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum diberi obat tetes, supaya lebih efektif.


PENCEGAHAN / PENGOBATAN
Pengobatan telinga dengan berjamur umumnya agak lama, umumnya selama 2 minggu dan jika tidak dilakukan pencegahan hal ini dapat timbul berulang. Pencegahan yang paling mudah ialah jangan membersihkan telinga terlalu sering dan dalam dengan cotton bud apalagi dengan alat-alat pengait yang terbuat dari logam/besi.

Artikel Terkait

1 komentar:

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails