Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

4 Kesalahan Fitnes yang Buat Anda Tambah Gemuk

Anda sudah rajin berolahraga di gym, pola makan pun sudah diatur sedemikian rupa agar kalori tetap seimbang. Tapi masih saja belum mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, atau berat badan tetap berlebih.

Apa yang salah? Bisa jadi, cara Anda berolahraga yang kurang tepat. Dikutip dari thenest, ada empat kesalahan paling umum dalam fitnes yang justru membuat Anda bertambah gemuk.

1. Olahraga di Pagi Hari Tanpa Sarapan
Anda pergi ke gym di pagi hari tanpa sarapan terlebih dulu, dengan harapan membakar kalori lebih banyak. Cara ini jelas salah. Olahraga sebelum makan justru membuat perut terasa lebih lapar dan menyebabkan Anda menyantap makanan lebih banyak setelahnya. Akibatnya, bukan kalori yang terbakar tapi justru lemak yang semakin menumpuk.

Menurut penelitian, sebenarnya tidak masalah Anda berolahraga di pagi, siang atau sore hari. Ada orang yang lebih suka olahraga di pagi hari, tapi ada juga yang lebih nyaman latihan saat sore setelah pulang kantor. Kunci dari fitnes adalah konsistensi, jadi manfaatnya untuk kebugaran dan kesehatan tubuh akan didapat secara maksimal asalkan Anda disiplin dalam waktu fitnes. Jika Anda terbiasa fitnes di sore hari, terus tetapkan seperti itu.

Pastikan juga perut Anda sudah terisi 30 menit sebelum berolahraga, minimal konsumsi pisang atau apel. Tubuh Anda ibarat sebuah mobil, perlu bahan bakar agar bisa berlari secara efisien. Jika perut kosong, tubuh pun tidak bisa bekerja maksimal untuk membakar kalori.

2. Menghabiskan Lebih dari 2 Jam di Gym
Demi mendapat hasil maksimal dalam pembakaran kalori, Anda menghabiskan waktu dua hingga tiga jam di gym. Fitnes untuk membakar kalori dan mendapat bentuk tubuh ideal bukan tergantung pada berapa lama Anda berolahraga, tapi seberapa keras Anda latihan. Anda boleh saja hanya berolahraga sebentar di gym, tapi pastikan latihan yang Anda lakukan berkualitas. Anda bisa dengan mudah membakar kalori dalam waktu 30 menit, dengan meningkatkan intensitas latihan.

Latihan dengan fokus dan intensitas tinggi selama 20 menit akan lebih efektif dibandingkan latihan yang minim gerak selama satu jam. Ditambah lagi, dengan latihan berintensitas tinggi, tubuh Anda akan terus membakar kalori beberapa jam setelah sesi latihan selesai.

3. Melakukan Gerakan Olahraga yang Sama
Jika Anda melakukan gerakan olahraga yang sama dalam periode terlalu lama, tubuh akan beradaptasi dengan gerakan tersebut. Akibatnya, latihan tersebut tidak lagi memberi hasil maksimal pada tubuh Anda dibandingkan saat awal-awal latihan dulu. Gerakan-gerakan olahraga yang dilakukan di tempat fitnes biasanya hanya bermanfaat dalam jangka pendek.

Misalnya saja, latihan angkat beban berguna membentuk otot lengan dan dada. Jika lengan dan dada telah terbentuk sempurna, maka latihan angkat beban tersebut sebaiknya tidak Anda lakukan lagi.

Untuk mendapat hasil lebih maksimal dari olahraga, adalah dengan memberi 'tantangan baru' bagi tubuh untuk mencoba jenis latihan yang berbeda-beda. Ganti gerakan secara konstan, minimal dua minggu sekali. Perubahan tidak perlu terlalu besar. Misalnya, ganti dumbbell squat dengan barbell squat, atau dumbbell ditukar dengan kettlebell.

4. Iri Terhadap Bentuk Tubuh Indah Selebriti
Jika Anda menganggap para selebriti dunia terlahir dengan tubuh yang nyaris sempurna, sehingga tidak memacu Anda untuk olahraga, Anda salah. Menurut beberapa ahli yang telah bekerja dengan beberapa selebriti, sebagian besar selebriti berusaha keras untuk mendapatkan tubuh indahnya seperti sekarang. Sebut saja Halle Berry, Jessica Alba, Cameron Diaz dan Jennifer Lopez. Tubuh mereka yang seksi didapat karena rajin olahraga, menjaga pola makan, bahkan beberapa selebriti punya pelatih, ahli nutrisi dan koki pribadi.

Anda tidak perlu meniru mentah-mentah apa yang dilakukan mereka. Tapi tiru semangat dan usaha mereka, jadikan mereka sebagai motivasi. Tanpa usaha yang keras Anda tidak akan mendapatkan bentuk tubuh idaman.

Sumber: Wolipop

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails