Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

5 Makanan yang Penting Dikonsumsi Wanita



Lima makanan ini punya nutrisi penting bagi wanita saat menjalani diet. Karena kaya serat, vitamin, zat besi dan potassium yang baik untuk kesehatan tubuh juga mampu mengontrol berat badan.

Apa saja jenisnya? Cari tahu di bawah ini!

1. Sayuran Hijau
Sayuran hijau sepetrti bayam, kacang polong, asparagus, selada dan brokoli kaya sumber serat, vitamin C, vitamin K dan folic acid. Sayuran ini juga menghasilkan mineral penting seperti kalsium, magnesium, zat besi dan potassium. Konsumsi satu jenis sayuran ini minimal satu porsi sehari.

2. Gandum Utuh
Gandum utuh punya 96 persen serat, nutrisi esensial dan vitamin dibandingkan tepung gandum. Ahli nutrisi Honey Shah, seperti dikutip Times of India menerangkan, "Saya menyarankan klien Saya untuk makan roti gandum, pasta gandum dan beras merah karena mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh serta tidak menambah berat badan."

Awali hari Anda dengan sarapan sereal dari gandum utuh, atau roti gandum panggang.

3. Kacang
Masukkan kacang dalam menu diet Anda. Taburkan cacahan kacang di atas salad atau sereal sarapan atau campurkan bersama yoghurt. Kacang kaya akan kandungan protein, magnesium, vitamin B dan vitamin E yang menjadikannya bahan tepat untuk melawan penyakit kanker dan jantung. Kacang mengandung lemak tinggi, tapi lemak tersebut tidak berbahaya dan bersahabat bagi jantung. Namun pastikan konsumsi kacang Anda tidak berlebihan. Cukup makan 15 - 20 butir almond, kacang mede, atau walnut per minggu.

4. Yoghurt
Yoghurt rendah lemak merupakan sumber vitamin, protein dan kalsium. Yoghurt juga menyimpan bakteri baik yang bisa melawan berbagai penyakit. Konsumsi tiga sampai empat cangkir yoghurt per minggu sudah cukup untuk diet Anda. Tapi pastikan yoghurt tidak mengandung gula. Pilih yoghurt tanpa rasa dan tambahkan buah segar di dalamnya.

5. Buah Berry
Pernah bertanya kenapa sebagian besar produk-produk diet mengandung buah berry di dalamnya? Karena buah berry tinggi serat juga membantu mencegah kegemukan. Berry mempunyai kandungan anti oksidan paling tinggi dibandingkan buah lainnya. Antioksidan dalam buah berry tidak hanya menurunkan risiko terkena penyakit, tapi juga mencegah kepikunan. Konsumsi semangkuk penuh buah berry (strawberry, bluberry, raspberry), tiga kali seminggu.


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails