Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Bayi Bisa Mengingat Melodi Sejak dalam Kandungan


Paris, Memutarkan musik klasik saat hamil bukan hal yang sia-sia sebab indra pendengaran sudah terbentuk dan berfungsi sejak masih dalam kandungan. Bayi bahkan mampu mengingat melodi musik yang didengarnya selama masih berada dalam kandungan.

Selama ini pendapat para ahli masih bercabang mengenai manfaat musik klasik bagi bayi yang belum lahir. Ada yang menilai bisa meningkatkan kecerdasan, namun ada juga yang menganggap hal itu mungkin hanya sugesti karena memang belum diketahui pasti bagaimana mekanismenya.

Namun setidaknya, penelitian terbaru membuktikan bahwa bayi memang bisa mendengarkan dan bahkan mengingat melodi yang dia dengar di dalam kandungan. Dalam penelitian tersebut, ingatan bayi bisa bertahan hingga usia 1 bulan setelah dilahirkan.

Sebanyak 50 ibu hamil dalam penelitian itu diminta mendengarkan musik saat kandungannya memasuki trimester akhir, dengan cara tertentu agar bayinya juga bisa ikut mendengarkan. Efeknya lalu dibandingkan dengan ingatan bayi ketika sudah lahir.

Saat bayi mulai memasuki usia 1 bulan, para peneliti memperdengarkan musik yang sama dengan yang diputar sang ibu ketika hamil. Efeknya, denyut jantung bayi melambat rata-rata 12 kali/menit dibandingkan ketika mendengar jenis musik lain yang tidak diputar waktu ibunya hamil.

Psikolog dari Paris Descartes University, Carolyn Granier-Deferre yang melakukan penelitian itu mengatakan sistem pendengaran bayi sudah terbentuk pada 3 bulan terakhirnya di dalam kandungan. Sensor pendengaran yang disebut cochlea sudah matang pada 5 pekan menjelang hari kelahiran.

Namun bukan berarti Carolyn mendukung anggapan bahwa mendengar musik saat hamil benar-benar bermanfaat bagi bayi. Ada efek tidak selalu berarti ada manfaat postitif, sehingga jika memang ingin memperkenalkan musik ada baiknya ditunda ketika bayi sudah lahir.

"Ketika bayi sudah lahir, kita bisa melihat apakah si anak suka atau tidak dengan musiknya. Selama masih dalam kandungan rasanya akan lebih sulit untuk menilainya," kata Carolyn seperti dikutip dari Dailymail
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bayi Bisa Mengingat Melodi Sejak dalam Kandungan"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner