Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

Kekurangan & Kelebihan Yodium

Yodium dibutuhkan untuk sintesa hormon tiroid. Hampir 80% yodium dalam tubuh ditemukan dalam kelenjar tiroid dan hampir seluruhnya terdapat dalam hormon tiroid. Makanan laut merupakan sumber makanan yang kaya akan yodium. Jumlah iodida (bentuk dari yodium) dalam air yang diminum biasanya tergantung kepada kandungan iodida dalam tanah.



KEKURANGAN YODIUM

Sekitar 10% dari populasi dunia memiliki resiko mengalami kekurangan yodium karena tinggal di daerah ketinggian, dimana air minum hanya sedikit mengandung yodium. Yodium ditambahkan pada beberapa garam meja yang diperjualbelikan (garam beryodium). Pada kekurangan yodium, kelenjar tiroid berusaha untuk menangkap lebih banyak iodida untuk sintesa hormon tiroid dan membesar.

Seorang wanita hamil yang kekurangan yodium dapat melahirkan bayi yang otaknya tidak berkembang sebagaimana mestinya, suatu keadaan yang disebut kretinisme. Pada pemeriksaan darah dan air kemih, menunjukkan kadar yodium yang sangat rendah. Diberikan yodium sebanyak 10 kali dosis harian yang dianjurkan, selama beberapa minggu.


KELEBIHAN YODIUM

Keracunan yodium disebabkan oleh konsumsi yodium dalam jumlah besar setiap hari (sebanyak 400 kali dari dosis harian yang dianjurkan) atau kadang sebagai akibat tinggal di tepi laut. Kelebihan yodium dapat menyebabkan goiter (gondok) dan kadang hipertiroidisme


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails