Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Lumpuh Tidur atau Sleepparalysis tidak ada Kaitannya dengan Mistis

Lumpuh Tidur tidak Berkaitan dengan Mistis

HAMPIR 50 persen dari populasi dunia menderita lumpuh tidur atau sleepparalysis. Kondisi ini terjadi biasanya dengan terjada di tengah malam, merasa lumpuh sejenak, dan tak mampu untuk bergerak atau berbicara, seakan tertindih sesuatu yang berat.

Kondisi yang sering disebut rep-repan ini kerap diasumsikan dengan hadirnya setan yang menduduki tubuh manusia sehingga kita tak mampu bergerak. Ketimbang dikaitkan dengan hal mistis, lumpuh tidur lebih tepat disebut sebagai sebuah gangguan medis yang disebabkan oleh gaya hidup. Apa saja yang perlu kita ketahui dari sindrom ini?

Lumpuh tidur juga dikenal sebagai old hag syndrome yakni suatu kondisi saat seseorang merasakan beban kala tertidur telentang. Orang tersebut merasa lumpuh dan tidak bisa bergerak atau berbicara. Ini terjadi ketika pikiran terjaga, tetapi tubuh masih tertidur.

Setiap kebudayaan, memang memiliki penjelasan sendiri terkait dengan itu. Meski begitu, lumpuh tidur tak membahayakan kesehatan, dan bukan penyakit mental. Hal ini terjadi kala tubuh tertidur, tetapi pikiran terjaga dan sadar akan sekitarnya. Ketika merasa lumpuh, otot-otot kita juga tertidur, dan hanya pikiran yang tersadar. Dalam kondisi seperti ini, otot-otot pernapasan juga tidur sehingga menyebabkan sesak napas. Penderita pun merasa semakin terjepit dan mengalami sesak di dada.

Jika Anda merasa berhalusinasi tentang sesuatu saat mengalami lumpuh tidur, itu adalah normal apalagi bila sebelumnya Anda memang tengah bermimpi buruk. Persepsi adanya kelainan jiwa juga merupakan sesuatu yang salah. Para ahli pun bersikeras bahwa fenomena ini benar-benar kondisi fisiologis dan bukan penyakit mental

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lumpuh Tidur atau Sleepparalysis tidak ada Kaitannya dengan Mistis"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner