Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Menghadapi Stres Yang Tak Terkendalikan

Beberapa jenis stres tertentu tidak bisa hindari. Anda tidak dapat mencegah maupun mengubahnya, seperti kematian orang-orang yang Anda cintai, sakit parah, atau bencana.

Untuk penyebab stres seperti ini, cara terbaik menghadapinya adalah dengan menerima keadaan itu apa adanya. Ini mungkin sedikit sulit dan butuh waktu lama. Tapi yang jelas, cara ini lebih baik daripada mengeluh terhadap keadaan yang tidak bisa Anda ubah.

1. Jangan berusaha mengendalikan sesuatu yang tidak bisa dikendalikan. Ada banyak hal dalam hidup ini yang berada di luar kendali kita. Salah satunya adalah perilaku orang. Ini tidak bisa Anda kendalikan. Daripada stres memikirkan mereka, lebih baik Anda fokus terhadap segala sesuatu yang bisa Anda kendalikan, misalnya cara Anda menyikapi sebuah masalah. Yang terakhir ini masih bisa Anda kendalikan.

2. Carilah hikmahnya. Jika Anda menghadapi sebuah problem, ingatlah pepatah, "Sesuatu yang tidak membuat kita mati akan membuat kita kuat." Ketika Anda menghadapi sebuah problem, anggaplah itu sebagai tantangan untuk lebih mengembangkan diri. Jika suatu masalah timbul karena kekeliruan Anda, gunakan kekeliruan itu sebagai pelajaran agar tidak mengulanginya lagi di lain waktu.

3. Curahkan isi hati Anda. Jangan malu untuk curhat. Bicarakan masalah Anda kepada seseorang yang bisa dipercaya atau konsultasikan kepada seorang terapis. Curhat bisa menjadi pelampiasan yang baik bahkan meskipun curhat itu tidak membantu Anda menyelesaikan masalah.

4. Belajarlah untuk memaafkan. Terimalah kenyataan bahwa kita tidak hidup di dunia yang sempurna, yang selalu sesuai dengan keinginan kita. Jika orang lain menyakiti Anda, terimalah kenyataan bahwa siapa saja bisa berbuat salah. Jangan biarkan Anda terus dikuasai perasaan marah dan jengkel. Bebaskan diri dari perasaan negatif dengan cara memaafkan orang lain.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menghadapi Stres Yang Tak Terkendalikan"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner