Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

9 Makanan Anti Stres


Stres tak akan pernah dapat dihindari. Walaupun stres dapat membuat seseorang agar senantiasa sadar diri, namun stres berkepanjangan tidak baik bagi kesehatan mental. 

Untuk mengatasi masalah itu, Anda tidak perlu mengeluarkan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah hanya untuk mengikuti terapi antistres. Para ahli telah menemukan cara paling ampuh untuk mengatasi stres, yaitu dengan makanan. Ada sembilan bahan makanan yang dipercaya dapat mengatasi stres, yakni:

1. Jeruk.
Jeruk yang kaya vitamin C dapat mengurangi rasa stres. Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa vitamin C dapat mengurangi stres dan mengambalikan tekanan darah dan kortisol ke tingkat normal setelah situasi penuh tekanan.

2. Ubi.
Saat stres tubuh membutuhkan lebih banyak karbohidrat dan gula. Ubi mengandung karbohidrat, gula, betkaroten, berbagai vitamin, dan juga serat yang dapat membantu tubuh Anda untuk memproses karbohidrat secara perlahan.

3. Aprikot Kering.
Aprikot sarat akan kandungan magnesium, yang merupakan pereda stres dan bahan alami untuk rileksasi otot.

4. Almond, Kenari Hijau, dan Wallnut.
Almond mengandung vitamin B dan E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda, sedangkan walnut dan kenari hijau membantu menurunkan tekanan darah.


5. Daging Kalkun.
Daging kalkun mengandung asam amino yang disebut L-tryptophanyang memiliki efek menenangkan. Asam amino itu memicu pelepasan serotonin, bahan kimia dalam otak untuk perasaan baik. Ini alasan mengapa banyak orang yang mengonsumsi daging kalkun merasa rileks. 


6. Bayam.
Kondisi kekurangan magnesium bisa menyebabkan migrain dan kelelahan. Satu cangkir bayam menyediakan 40 persen kebutuhan magnesium harian Anda.



7. Salmon.
Diet tinggi asam lemak omega-3 melindungi tubuh dari penyakit jantung. Sebuah studi dari Diabetes & Metabolism menemukan bahwa omega-3 menjaga hormon stres kortisol dan adrenalin stabil.


8. Alpukat.
Lemak tak jenuh tunggal dan potasium dalam alpukat membantu menurunkan tekanan darah. The National Heart, Lung, and Blood Institute mengatakan bahwa salah satu cara terbaik menurunkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi cukup kalium.


9. Sayuran Berwarna Hijau.
Brokoli, kale, dan sayuran hijau gelap lainnya adalah vitamin pembangkit yang membantu menjaga tubuh pada saat stres.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Makanan Anti Stres"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner