Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

Gejala dan Penyebab Penyakit Rubella


Penyakit Rubella
Rubella disebabkan oleh penularan virus Rubella. Rubella disebut juga German Measles (Campak Jerman).
Gejala dan Penyebab Terjadinya:
1. Penyakit Rubella tidak seberat penyakit Campak yang banyak menimbulkan kematian pada anak-anak. Penyakit Rubella paling hanya menimbulkan demam ringan (anak meriang = subfebril), dan sedikit rewel.

2. Untuk mengenal Rubella secara klinis juga sangat sulit. Bintik-bintik merah di kulit yang pada Campak mudah dikenal baik oleh masyarakat awam, pada Rubella jarang ditemukan. Menurut pars peneliti hanya pada 15-50 persen penderita Rubella yang memperlihatkan gejala bintik-bintik merah di kulit.
3. Gejala lain seperti pilek, mata merah dan batuk-batuk, tidak terjadi pada Rubella. Dan karena Rubella tidak menimbulkan akibat yang serius, penyakit ini tidak mendapat perhatian baik oleh petugas kesehatan maupun oleh pemegang kebijakan kesehatan di Indonesia.
4. Akibat yang serius dan sangat serius adalah jika virus Rubella menulari perempuan hamil apalagi pada umur kehamilan muda di bawah 5 bulan (20 minggu). Karena pada umur kehamilan muda ini, buah kehamilan (embryo) masih dalam fase pertumbuhan dan pembentukan alat-alat tubuh.
5. Seperti juga pada Toxoplasmosis, pada Rubella bayi yang di lahirkan kelak akan menderita cacat kongenital yang jauh lebih berat, yang populer dalam ilmu kesehatan dengan gejala-gejala kongenital Rubella (sindroma Rubella kongenital= Congenital Rubella Syndrome) yaitu cacat jantung bocor, tuli.
Referensi
Macam-macam Penyakit Menular
Oleh Faisal Yatim, DTM&H, MPH


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails