Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

RAMUAN TRADISIONAL UNTUK PENYAKIT ASMA

Ramuan I

Bahan-bahan

Untuk obat dalam, sediakan kencur secukupnya, dau sendok makan madu, dan satu butir telur ayam. Sementara itu, untuk obat luar, sediakan tujuh lembar daun sirih, satu sendok teh lada putih, dan minyak kayu putih.

Cara membuat
Kencur dicuci bersih, lalu diperut dan diperas. Hasil perasan kencur dicampur dengan madu dan telur ayam, lalu dikocok. Sebelum diminum, campuran ini didiamkan sebentar. Ramuan ini digunakan sebagai obat dalam. Sementara itu, ramuan obat luar dibuat dengan menggerus daun sirih dan lada putih hingga lumat dan halus. Hasil gerusan tadi dicampur dengan minyak kayu putih secukupnya. Penggunaannya dilakukan dengan cara membalurkan ramuan ini di dada dan leher.

Ramuan II
Bahan-bahan
Enam lembar daun randu (kapuk) yang masih muda dan satu sendok makan madu.

Cara membuat

Daun randu dicuci bersih lalu digiling hingga halus. Hasil gilingan daun randu diseduh dengan secangkir air panas dan ditambahkan madu. Air seduhan tersebut disaring.

Cara memakai
Dosis yang dianjurkan cukup dua kali sehari sebayak dua sendok makan. ramuan ini diminum dalam keadaan hangat-hangat kuku.

Ramuan III
Bahan-bahan
Sepuluh siung bawang putih dan satu sendok makan madu.

Cara membuat
Bawang putih dikupas dan dicuci bersih, Kemudian dipotong-potong agak tipis. Hasil irisannya direbus dengan dua gelas air sampai tersisa hanya sekitar seperempat gelas. Air rebusan didinginkan, lalu disaring. Sebelum diminum, ditambahkan madu.

Cara memakai
Dosis yang dianjurkan tiga kali sehari sebanyak setengah gelas.

Ramuan IV
Tanjung
Bahan-bahan
Satu genggam daun tanjung muda dan dua sendok makan kikisan kayu cendana.

Cara membuat
Daun tanjung muda dikeringkan dan dijadikan serbuk. Serbuk daun tanjung dicampur dengan kikisan kayu cendana.

Cara memakai
Jika penyakit asma kambuh, isaplah ramuan ini beberapa kali.

Ramuan V
Bahan-bahan
Delapan lembar daun sirih, dua belas lembar daun akar gamat, dua puluh butir biji buah putat, tiga puluh butir lada putih, dan tiga sendok teh minyak kayu putih.

Cara membuat

Semua bahan dicuci hingga bersih, lalu ditumbuk sampai halus. Campuran bahan yang sudah halus diremas-remas sambil dicampur dengan minyak kayu putih.

Cara memakai
Ramuan ini dibalurkan ke bagian dada dan punggung penderita asma.

Ramuan VI
Bahan-bahan
Tujuh lembar daun sambiloto, satu sendok teh saga manis, satu sendok teh bunga belimbing, tujuh biji cengkih, tujuh biji kemukus, dan satu jari tangan kayu manis.

Cara membuat
Semua bahan dicuci bersih, lalu direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, air rebusan tersebut disaring.

Cara memakai
Ramuan ini diminum tiga kali sehari sebanyak setengah gelas setiap minum.

Ramuan VII

Bahan-bahan
Sepuluh batang sereh dan gula secukupnya.

Cara membuat
Batang sereh dicuci bersih, lalu dimemarkan. Setelah itu, batang sereh direbus dengan lima gelas air, lalu ditambahkan gula secukupnya. Setelah tersisa sekitar dua setengah gelas, air rebusan diangkat dan didinginkan.

Cara memakai
Ramuan ini diminum empat kali sehari sebanyak setengah gelas setiap minum.

Ramuan VIII

Bahan-bahan
Satu atau dua buah mengkudu yang sudah matang, wortel, dan jeruk lemon secukupnya

Cara membuat
Buah mengkudu yang sudah matang dicuci bersih, dipotong-potong kecil, lalu dibuat jus dengan cara di-blender. Wortel dan jeruk lemon juga dibuat jus masing-masing sebanyak satu gelas. Jus wortel dan jeruk lemon ditambahkan ke dalam jus mengkudu, lalu diaduk secara merata.

Cara memakai
Ramuan ini diminum tiga kali sehari secara teratur.

Ramuan IX

Bahan –bahan
Dua buah mengkudu yang sudah matang, satu siung jahe, dan madu secukupnya.

Cara membuat
Buah mengkudu dan jahe dicuci bersih, lalu dipotong-potong. Setelah itu, di-blender dan ditambahkan air secukupnya, lalu direbus hingga mendidih. ke dalam rebusan tersebut ditambahkan madu secukupnya, lalu diaduk hingga merata. Ramuan ini dapat diminum dalam keadaan hangat.

Ramuan X

Bahan-bahan
Lima belas gram jahe, dua ratus gram lobak, dan dua sendok makan madu.

Cara membuat
Semua bahan dicuci bersih, lalu di-blender dan ditambahkan madu. Aduk hingga merata, dan dapat segera diminum.

Cara memakai
Dapat diminum 2 kali sehari secara teratur.

Ramuan XI

Bahan-bahan
Lima belas gram jahe, sepuluh gram daun jinten, satu ibu jari kayu manis, lima belas gram umbi bidara upas, empat butir kemukus, dan satu sendok makan madu.
Cara membuat
Semua bahan dicuci bersih, lalu direbus dalam 600 ml air hingga tersisa sekitar 300 ml. kemudian, larutan tersebut disaring dan ditambahkan madu, lalu diaduk hingga merata.
Cara memakai
Dapat diminum 2 kali setiap hari.

Ramuan XII

Bahan-bahan
Lima gram jahe dan tiga puluh gram sambung nyawa.

Cara membuat
Jahe dikupas lalu bersama sambung nyawa dicuci bersih. Setelah itu, direbus dalam 500 ml air hangat hingga tersisa sekitar 250 ml, lalu disaring.

Cara memakai
Air rebusannya diminum selagi hangat sebanyak 2 kali setiap hari.

Selain perawatannya dengan berbagai ramuan tradisional, penderita asma dianjurkan untuk tidak merokok, mengurangi makanan atau minuman dingin, tidak mandi terlalu malam, serta menjaga emosi dan stamina supaya tetap stabil.

Artikel Terkait

1 komentar:

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails