Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Manfaat Senam Yoga untuk Ringankan Arthritis dan Fibromyalgia

Yoga Efektif Ringankan Arthritis dan Fibromyalgia
ADA 2 penelitian berhasil membuktikan bahwa penderita rheumatoid arthritis (RA) dan fibromyalgia yang berlatih yoga mangalami perbaikan signifikan secara statistik pada penyakit tersebut. 

Penelitian pertama dilakukan di Uni Emirat Arab (UEA) terhadap 47 pasien. Terlihat, pasien yang menyelesaikan 12 sesi yoga Raj yakni salah satu jenis yoga dengan gayalembut dengan menggabungkan teknik latihan dan pernapasan menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam skor aktivitas penyakit. Namun, tidak ada perbaikan signifikan secara statistik pada skala kualitas hidup. 

"Kebanyakan pasien RA tidak berolahraga secara teratur padahal meskipun ada fakta bahwa mereka aktif secara fisik mengalami penurunan rasa nyeri," kata Dr Humeira Badsha MD, rheumatologist dan pendiri Emirates Arthritis Foundation, Dubai, UAE. 

"Walaupun penelitian kami telah dilakukan dalam kelompok kecil pasien, terlihat manfaat yang jelas bagi pasien yang secara teratur berlatih yoga Raj. Kami percaya bahwa berlatih yoga dalam jangka panjang bisa menghasilkan perbaikan yang signifikan. Kami pun berharap untuk menggelar studi lebih lanjut tentang manfaat yoga pada RA," tambah Badsha seperti dikutip dari Medicalnewstoday (27/5). 

Sementara itu, hasil penelitian lain yang menyelidiki efek yoga pada kualitas hidup pasien dengan fibromyalgia menunjukkan bahwa skor kualitas hidup, setelah delapan sesi program yoga klasik yang menggabungkan postur yoga yang lembut, teknik pernapasan, dan meditasi, mengalami perbaikan nilai disertai penurunan signifikan pada tingkat kecemasan pasien. 

Sering cemas merupakan gejala utama pada pasien dengan kondisi ini. Ini tentunya merupakan langkah positif dalam meningkatkan kehidupan orang yang menderita fibrolmyalgia. Penelitian itu dipresentasikan pada kongres tahunan EULAR 2011

mediaindonesia.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Senam Yoga untuk Ringankan Arthritis dan Fibromyalgia"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner