Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Komplikasi Tekanan Darah Tinggi


Walaupun sebagian besar penderita tekanan darah tinggi telah mengetahui bahwa sewaktu-waktu bisa mengalami kelumpuhan bahkan kematian akibat stroke, tetapi hanya sedikit penderita yang sadar untuk selalu mengontrol tensi (tekanan darah), apalagi minum obat secara teratur.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi
Para penderita hipertensi sedang atau berat, dimana tanpa minum obat tensinya akan tetap tinggi, banyak yang bosan minum obat. Ada pula yang tidak sanggup lagi untuk terus menerus membeli obat penurun tekanan darah yang harganya mahal. Memang, ada obat yang harganya murah. Namun, selain menurunkan tekanan darah obat tersebut juga menimbulkan berbagai macam penyakit baru atau memperberat penyakit yang sudah ada. Efek samping obat yang murah tersebut dapat memperberat rematik gout, meninggikan kadar lemak darah, dan sebagainya.
Berbagai macam komplikasi dapat timbul akibat menderita tekanan darah tinggidalam jangka waktu yang lama. Komplikasi dapat berupa terganggunya fungsi atau kerusakan berbagai organ tubuh. Hal ini disebut dengan istilah target organ hipertensi, yaitu kerusakan pada otak, jantung, ginjal, dan mata karena penyakit hipertensi.
1. Kerusakan pada otak
Kerusakan ini terjadi akibat stroke karena jaringan otak kekurangan oksigen akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah otak. Akibatnya. timbul kelemahan atau kelumpuhan separuh badan dengan berbagai gangguan lainnya. Kerusakan parah bahkan dapat menyebabkan kematian.
2. Kerusakan pada jantung
Komplikasi tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pembesaran otot jantung kiri yang berakhir dengan gagalnya jantung menjalankan fungsinya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Keadaan ini ditandai dengan bengkak pada kaki dan kelopak mata. cepat lelah, dan sesak napas.
3. Kerusakan pada ginjal
Ginjal yang rusak amat berbahaya karena dapat mengakibatkan gagalnya fungsi ginjal untuk mengeluarkan zat-zat berbahaya dan zat yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Penderita akhirnya memerlukan cuci darah.
4. Kerusakan pada mata
Organ penglihatan pun dapat terkena komplikasi penyakit hipertensi. Kerusakan pada mata dapat menyebabkan gangguan penglihatan sampai kebutaan.

Pustaka Artikel Komplikasi Tekanan Darah Tinggi

Ramuan tradisional untuk pengobatan darah tinggi, Oleh Hembing Wijayakesuma,Hembing Wijaya Kusuma,Setiawan Dalimartha
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails