Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

Sesuai dengan namanya, vitamin A adalah vitamin yang pertama kali ditemukan di antara vitamin-vitamin yang lain. Di awal 1900-an diketahui bahwa ada substansi di dalam lemak hewan dan minyak ikan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan hewan yang masih muda. Para ilmuwan kemudian menjulukinya sebagai substansi/ zat larut lemak A karena terdapat pada lemak hewan (animal). Di kemudian hari, namanya diperbarui menjadivitamin A.

Apa manfaatnya untuk tubuh?
• Yang berada di urutan teratas tentu saja untuk penglihatan, terutama perannya yang berhubungan dengan kemampuan mata untuk bisa melihat dalam keadaan gelap. Metabolisme vitamin Adikombinasi dengan beberapa protein tertentu akan membuat pigmen visual yang membantu mata dalam mengatur penglihatan dari kondisi terang (banyak cahaya) ke cahaya temaram. Proses tersebut membutuhkan banyak support dari vitamin A. Jika vitamin A tidak terpenuhi maka rabun senja akan menjadi jackpotnya.

• Melindungi permukaan bola mata
• Vitamin A secara normal disimpan dalam hati yang berfungsi penting dalam sistem kekebalan tubuh. Bila pertahanan tubuh anak rusak karena kurangnya vitamin A maka anak menjadi lebih rentan terhadap infeksi, dan jika telah mengalami infeksi maka kondisinya akan menjadi lebih berat.

• Melindungi keutuhan lapisan sel epitel kulit. Menjaga kulit dan sel selaput membran sehat. Membran sehat akan tetap basah (lembap) dan tahan terhadap serangan sel yang bersifat merusak. Kelembapan akan mencegah bakteri dan virus untuk “mendarat” dan menginfeksi tubuh kita. Sel yang sehat juga lebih tahan terhadap serangan cacar, bahkan kanker.
• Melindungi mulut bagian dalam
• Melindungi sistem pencernaan

• Menjaga sistem pernapasan
• Vitamin A juga penting untuk pertumbuhan dan reproduksi normal, terutama untuk pertumbuhan normal dari tulang dan gigi
• Stroke pun bisa ditangkis jika vitamin A yang dikonsumsi cukup. Memakan cukup buah-buahan dan sayuran adalah pertahanan yang bagus untuk melawan stroke dan komplikasinya.

Artikel Terkait

2 komentar:

  1. terimakasih banyak untuk informasinya tentang fungsi vitamin A, sangat bermanfaat.

    BalasHapus

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails