Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Kanker Yang Mematikan!!!

Penyebab seseorang terkena Penyakit Kanker sebetulnya tidak dapat diketahui secara pasti, karena bisa jadi disebabkan oleh beberapa kumpulan faktor yang saling terkait satu sama lain. Namun walaupun demikian ada beberapa faktor yang paling dominan penyebab terjadinya Penyakit Kanker seperti :

1. Faktor Keturunan
Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih untuk menderita penyakit kanker tertentu, jika dibandingkan dengan keluarga yang lain. Jenis penyakit kanker yang paling sering diturunkan dalam keluarga adalah kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit dan kanker usus besar. Misalkan seorang wanita mempunyai resiko menderita penyakit kanker payudara sampai dengan 3 x lipat jika ternyata ibunya atau saudara perempuan yang lainnya ternyata pernah menderita juga penyakit kanker payudara.

2. Faktor Lingkungan
Beberapa faktor lingkungan yang mempengaruhi terjadinya penyakit kanker :
- Lingkungan Perokok, dapat meningkatkan resiko penyakit kanker paru-paru, mulut, laring (pita suara)
- Akibat sering terkena Sinar Ultraviolet dari matahari. 
- Terkena radiasi Sinar Rontgen yang dihasilkan dari pembangkit tenaga nulir.

3. Faktor Makanan
Kebanyakan adalah makanan yang banyak mengandung bahan kimia, seperti :
- Makanan yang di asap dan di asamkan (seperti acar) bisa meningkatkan resikonya terjadi kanker lambung.
- Minuman yang banyak mengandung alkoholnya, sering kali menjadi penyebab timbulnya kanker kerongkongan.
- Zat makanan yang mengandung bahan pewarna

4. Virus
Virus yang paling sering dicurigai sebagai biang penyebab penyakit kanker meliputi :
- Virus Papilloma, penyebab kutil pada alat kelamin, dan juga penyebab terjadinya penyakit kanker leher rahim pada wanita.
- Virus Situmegalo, menyebabkan kanker sistem pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit yang berwarna merah.
- Virus Hepatitis B, menyebabkan penyakit kanker hati.
- Virus Epstein-Bar, di Afrika virus ini menyebabkan Limfoma Burkitt, sedangkan di China menyebabkan kanker hidung dan tenggorokan.

5. Faktor Infeksi
Faktor infeksi ini meliputi :
- Parasit Schistosoma dapat menyebabkan kanker kandung kemih karena terjadinya iritasi yang bersifat menahun pada kandung kemih.
- Infeksi oleh Clonorchis yang dapat menyebabkan kanker pankreas dan saluran empedu.
- Helicobacter Pylori adalah bakteri yang dapat menyebabkan kanker lambung, dan diduga pula bakteri ini dapat menyebabkan peradangan lambung kronis sehingga terjadi peningkatan kecepatan siklus sel.

6. Faktor Perilaku.
Suka merokok, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan daging yang di awetkan. Suka mengkonsumsi alkohol, sering melakukan hubungan intim di usia dini dan sering berganti-ganti pasangan.

7. Faktor Gangguan Keseimbangan Hormonal.
Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon esterogen dan kekurangan hormon progesteron dapat meningkatkan terjadinya penyakit kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim, dan kanker prostat.

8. Faktor Kejiwaan dan Emosional
Sering mengalami stres, suka marah, kebencian yang mendalam dan selalu emosi dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker. Gangguan emosi ini dapat menyebabkan gangguan keseimbangan seluler tubuh.

9. Faktor Radikal Bebas.
Radikal bebas adalah suatu atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai elektron bebas yang tidak berpasangan pada lingkaran luarnya, seperti :
- Radikal bebas yang terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolisme
- Radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dalam bentuk-bentuk racun kimiawi dari makanan, minuman, udara yang terpolusi, dan sinar ultraviolet dari sinar matahari.
- Radikal bebas yang terproduksi pada waktu makan berlebihan maupun dalam keadaan stres yang berlebihan, baik stres secara fisik, psikologis maupun secara biologis.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails