Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Manfaat USG Untuk Ibu Hamil

USG atau kepanjangan dari Ultra Sono Grafi adalah suatu metode atau alat yang digunakan untuk mengobservasi keadaan bayi dan kandungan dari rahim seorang ibu yang sedang hamil. Cara kerja USG ini adalah dengan menggunakan gelombang suara dimana gelombang suara dipancarkan kedalam rahim kemudian dipantulkan kembali ke media penerima yang kemudian ditampilkan kedalam layar komputer dalam bentuk sesuai aslinya.

Pada masa sekarang ini USG menjadi metode paling ampuh untuk mengetahui kondisi janin didalam rahim, karena USG aman bagi jani dan rahim. Selain itu dengan USG kita bisa melihat langsung apa yang terjadi didalam kandungan pada saat itu juga.

Lalu, manfaat apa saja yang kita dapat dari melakukan USG
Berikut ini manfaat yang akan kita dapatkan dari USG.
  • Untuk Mengetahui usia kehamilan. Usia kehamilan dapat dihitung dengan menggunakan ukuran tubuh fetus, sehingga tanggal perkiraan persalinan dapat ditentukan dengan mudah.
  • Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.
  • Mengidentifikasi adanya Ancaman keguguran. Jika terjadi pendarahan, USG bisa mengidentifikasi dengan baik.
  • Mengidentifikasi adanya masalah dengan plasenta. USG dapat menilai kondisi plasenta dan menilai adanya masalah-masalah seperti plasenta previa dsb.
  • Mengenali Kehamilan ganda/ kembar. USG dapat memastikan apakah ada 1 atau lebih fetus di rahim.
  • Mengukur cairan ketuban. Masalah terjadi ketika kandungan berlebihan cairan ketuban atau terlalu sedikit. Volume ( jumlah cairan) dapat dihitung dengan USG.
  • Kelainan letak janin. Bukan saja kelainan letak janin dalam rahim tapi juga banyak kelainan janin yang dapat di ketahui dengan USG, seperti: hidrosefalus, anesefali, sumbing, kelainan jantung, kelainan kromoson (syndrome down), dll.
  • Mengetahui jenis kelamin dari calon bayi anda.

Demikian manfaat yang akan anda dapatkan dari USG. Pada prinsipnya USG tidak berbahaya buat kandungan anda, jadi tidak ada yang perlu anda takutkan dari USG.

Sumber : idebunda.com
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails