Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Penyakit Balantidiasis

Penyakit balantidiasis, kiranya perlu dipertimbangkan pada penderita buang air besar dengan tinja berlendir dan darah (disentri), apalagi bila disenai keluhan mulas. Penyakit ini menurut publikasi termasuk endemis di negeri tropis.
Balantidiasis adalah suatu penyakit disentri yang disebabkan oleh Balantidium coil (B.coli) sejenis parasit bersel sate.

Parasit B.coli mempunyai bentuk tropozoit (vegetatif) dan bentukkista. Bentuk tropozoit berbentuk lonjong, berukuran 60-70 mikron, dan mempunyai dua inti. Bentuk vegetatif bergerak dengan bulu getar yang pendek di seluruh permukaan sel. Pada bagian depan terdapat lubang dengan saluran sederhana yang berfungsi sebagai mulut dengan bulu getar yang lebih panjang untuk mengambil makanan.

Tropozoit berkembang biak dengan cara membelah secara transversal (melintang) yang kemudian menjadi bentuk kista di dalam usus besar manusia. Bentuk ini bisa keluar bersama kotoran.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit Balantidiasis"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner