Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Perawatan Kehamilan Yang Benar


Perawatan kehamilan adalah memberikan pengawasan atau pemeliharaan ibu hamilsampai melahirkan bayinya, dengan tujuan menurunkan angka kesakitan dan angka kematian pada ibu-ibu hamil, melahirkan serta nifas, serta menurunkan angka kematian bayi sampai umur sekitar 1 tahun serta anak-anak prasekolah.
Karenanya seorang Ibu hamil kesehatannya perlu diawasi atau dirawat agar:
• Ibu hamil selalu dalam keadaan sehat dan selamat
• Bila timbul kelainan pada kehamilan atau timbul gangguan kesehatannya, dapat diketahui secara dini dan dapat dilakukan perawatan yang tepat.
• Dapat diberikan penyuluhan tentang cara memelihara diri sendiri waktu hamil
• Dapat diberikan suntikan kekebalan terhadap tetanus
Pelaksanaan Perawatan Kehamilan
a. Memberikan penyuluhan atau menganjurkan para Ibu-ibu untuk pergi memeriksakan kehamilannya ke BKIA/Puskesmas secara teratur.
b. Memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu tentang:
— kebersihan perorangan
— mandi setiap hari
— kuku pendek
— cukup istirahat dan tidur
— makanan bergizi
— keluarga berencana
— anjuran untuk mempersiapkan alat-alat yang diperlukan untuk
persalinan dan untuk bayi yang akan dilahirkan.
c. Dengan pengamatan yang cermat, bila didapati kelainan-kelainan pada ibu hamil atau keluhan-keluhan yang tidak wajar, kirimlah ke BKIA/Puskesmas untuk pemeriksaan dan pengobatan.
Pentingnya Suntikan Kekebalan terhadap Tetanus
Agaknya sudah pernah menyaksikan/menjumpai bayi yang baru lahir berumur 1 minggu atau kurang dengan kejang-kejang karena 3kibat dari pemotongan tali pusat dengan alat yang kotor atau tidak disuci-hamakan terlebih dahulu. Sebagai tindakan pencegahan para ibu hamil, diberi kekebalan dengan suntikan TFT, untuk melindungi ibu dan juga bayinya di dalam kandungan terhadap penyakit tersebut.
Pemeriksaan Kehamilan
Untuk pemeriksaan kehamilan para ibu umumnya pergi ke Puskesmas. Tetapi untuk persalinan, tidak selalu mereka mencari pertolongan ke Puskesmas atau memanggil Bidan ke rumah, malahan sebagian besar ibu-ibu terutama yang bertempat tinggal di pedesaan mereka memanggil dukun bayi.
Oleh karena itu dukun perlu melakukan pemeriksaan dahulu, dan karena itu pula semua penolong persalinan ataupun orang-orang yang memegang kebijakan tentang hal itu, sebelum mereka menolong persalinan, haruslah terlebih dahulu memahami serta mempunyai pengetahuan tentang pelaksanaan pemeriksaan kehamilan secara sungguh-sungguh, dan perlu mengenal dahulu tanda-tanda kehamilan yaitu tanda-tanda hamil muda dan tanda-tanda hamil tua.
http://rachmadrevanz.com
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails