Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Tanda-tanda Akan Muncul Penyakit


Apakah Anda pernah tiba-tiba merasa pusing, sakit perut, dan pengelihatan terasa kabur? Mungkin saja itu pertanda kalau kesehatan Anda sedang terganggu.

Berikut adalah 7 (tujuh) daftar tanda dan gejala yang perlu mendapat perhatian, terkait ancaman penyakit yang mungkin menimpa Anda.

1. Penurunan berat badan tanpa tahu sebabnya

Kehilangan berat badan secara tiba-tiba mungkin terdengar sebagai mimpi yang menjadi kenyataan. Tetapi kondisi itu justru bisa menjadi tanda timbulnya masalah kesehatan. Jika Anda kehilangan hingga 10 persen dari berat badan Anda selama enam bulan terakhir - misalnya, jika Anda berat Anda 68 kilogram lalu berkurang sebanyak 7 kilogram - sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya dapat memicu munculnya berbagai kondisi serius, termasuk terlalu aktifnya kelenjar tiroid (hipertiroidisme), diabetes, depresi, penyakit hati, kanker atau malabsorpsi.

2. Demam tinggi Demam tidak selalu menjadi tanda akan bahaya.

Demam memainkan peran penting dalam memerangi infeksi. Jika Anda pernah mengalami demam selama lebih dari tiga hari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Demam tinggi adalah sinyal dari infeksi tersembunyi, yang mungkin saja menyebabkan infeksi pada saluran kemih atau tuberkulosis. Dalam beberapa kasus kanker, seperti limfoma, dapat menyebabkan demam berkepanjangan atau persisten. Jika Anda mengalami demam tinggi sekitar 39,4 derajat Celcius atau lebih, segera konsultasi dengan dokter Anda secepat mungkin.

3. Sesak napas

Sesak napas yang terasa lebih parah daripada hidung tersumbat merupakan sinyal kuat telah terjadi masalah kesehatan. Merasa sesak napas ketika berbaring adalah gejala yang perlu segera dievaluasi. Penyebab sesak napas mungkin karena penyakit paru obstruktif kronik, bronkitis kronis, asma, pneumonia, bekuan darah di paru-paru (emboli paru), jantung dan masalah penyakit paru lainnya.


4. Gangguan buang air besar

Konsultasikan dengan dokter jika melihat perubahan yang tidak biasa atau tidak dapat dijelaskan terkait masalah buang air besar (BAB) seperti misalnya:

* BAB berdarah, hitam atau lengket * Diare atau sembelit * BAB tiba-tiba (tanpa bisa dijelaskan)

Perubahan kebiasaan buang air besar bisa menandakan adanya infeksi bakteri, seperti campylobacter atau salmonella - atau infeksi virus dan parasit. Adapun risiko lain didalamnya seperti sindrom iritasi usus besar dan kanker usus besar.


5. Bingung atau perubahan kepribadian

Segera cari bantuan medis jika Anda mengalami:

* bingung tiba-tiba * bingung soal waktu atau tempat (disorientasi) * mengalami masalah dengan konsentrasi atau memori * perubahan kepribadian atau perilaku, seperti menjadi agresif

Perubahan perilaku atau berpikir bisa disebabkan oleh banyak masalah, termasuk infeksi, anemia, gula darah rendah, dehidrasi atau kondisi kesehatan mental. Kadang-kadang obat tertentu turut berkontribusi terhadap kebingungan atau perubahan kepribadian.

6. Cepat kenyang

Jika Anda sering merasa kenyang lebih cepat daripada biasanya (dengan porsi sedikit), ada baiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Perasaan kenyang yang dimaksud, mungkin juga disertai mual, muntah, kembung, dan penurunan berat badan. Jika demikian adanya, pastikan untuk memberitahu kepada dokter Anda tentang tanda-tanda dan gejala juga.

Kemungkinan, penyebab kenyang yang dimaksud dikarenakan gastroesophageal reflux disease, atau biasa dikenal GERD, dan sindrom iritasi usus besar. Dalam beberapa kasus, masalah lebih serius seperti kanker pankreas bisa menjadi faktor pemicunya.

7. Sensitif terhadap cahaya

Gangguan penglihatan yang disebabkan cahaya kadang menunjukkan perkembangan penyakit migren. Perawatan medis segera dapat membantu mencegah kehilangan penglihatan secara permanen. Migren adalah nyeri kepala berdenyut yang kerap kali disertai mual, muntah. Penderita biasanya sensitif terhadap cahaya, suara bahkan bau-bauan.


loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails