Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Kebiasan Yang Membebaskan Dari Nyeri


Punggung terasa cenat-cenut setelah melakukan perjalanan jauh? Atau leher terasa kaku karena harus terus bekerja di depan komputer? Jika jawaban kita adalah iya, maka saatnya salahkan postur tubuh kita yang buruk.

“Tapi sayangnya, kebanyakan dari kita tidak terlalu peduli dengan postur tubuh yang tepat sampai mereka terasa sakit,” jelas Gregory Thielman, PT, asisten profesor terapi fisik dari University of the Sciences di Philadelphia.

Postur tubuh yang baik bukan sekedar membuat punggung tetap tegak, melainkan mengetahui bagaimana mengetahui “bentuk” tubuh yang tepat (dari kepala, bahu, pinggul, hingga lutut) sehingga kita bisa memperbaikinya ketika tubuh mulai keluar jalur.

Berikut tip kilat memperbaiki postur tubuh untuk terhindari dari kebungkukan dan mencegah nyeri.

Ketika Berdiri.
Periksa sikap berdiri kita dengan bantuan cermin. Hadap kesamping, lalu “luruskan” tubuh kita mulai dari telinga, bahu, pinggul, lutut, hingga pergelangan kaki. Perhatikan bagaimana rasanya ketika tubuh kita selaras dengan benar.

Hindari : melengkungkan bahu ke depan, membungkukan punggung, atau mengangkat dagu kita ke depan.

Ketika menyetir mobil.
Usahakan kursi mobil selalu membentuk sudut 90 derajat. Gunakan bantal kecil yang bisa kita letakkan pada punggung bagian bawah sebagai pendukung. Untuk memperbaiki postur tubuh kita, coba miringkan kaca spion ke arah atas sedikit. Langkah ini secara otomatis akan membuat kita duduk lebih tegak, agar kita bisa tetap melihat jendela mobil bagian belakang.

Hindari : Duduk terlalu jauh dari setir. Kebiasaan meregangkan kaki ternyata bisa melukai punggung, jelas Darran W. Marlow, DC, mantan direktur dari divisi kiropraktik di Texas Back Institute. Pastikan lutut kita selalu sejajar dengan pinggul.




Ketika menggunakan sepatu berhak.
Memilih memakai sepatu berhak, artinya kita juga harus lebih sadar terhadap postur kita. Pastikan kuping, bahu, dan pinggul tetap lurus sejajar ketika sedang berjalan. Gunakanlah sepatu dengan hak lebih 7,5 cm hanya untuk acara-acara khusus yang tidak mengharuskan kita berdiri atau jalan terlalu sering. Jangan paksakan menggunakan hak tinggi jika kita merasa tidak seimbang atau tidak nyaman ketika memakainya.

Hindari : menggunakan sepatu berhak tinggi terlalu sering. Mengapa? Hak tinggi akan memberikan efek negatif pada gaya berjalan kita, dengan membuat punggung melengkung dan perut condong ke depan. Ketika menggunakan sepatu berhak, usahakan untuk jangan berjalan hanya menggunakan bagian depan kaki saja, melainkan kerahkan seluruh bagian kaki. Jika letih, gantilah segera dengan sepatu flat.

Ketika mententeng tas.
Kebiasaan keliru yang sering kita lakukan adalah memberikan beban hanya pada satu tangan saja. Jika kita diharuskan memikul beban yang berat, coba bagi beban menjadi dua bagian sama berat agar masing-masing bahu menjinjing beban dengan seimbang.

Hindari : menggunakan bahu yang sama setiap hari. Kebiasaan buruk ini akan membuat bahu yang sering memikul beban tersebut naik. Hasilnya, posisi tulang punggung kita menjadi terganggu, ujar Todd Sinett, pakar kiropraktik.

Ketika berada di depan komputer.
Sering menggunakan komputer? Pastikan telapak kaki kita selalu menempel di lantai dan mata sejajar dengan layar komputer. Jika bangku dan meja yang digunakan terlalu tinggi, kita bisa menggunakan pijakan kaki untuk membuat kaki tetap istirahat secara rata. Thielman juga menyarankan agar kita memilih bangku yang sudah menyediakan sandaran untuk lekungan pada punggung bagian bawah dan tulang belikat kita. Untuk meningkatkan postur tubuh, secara rutin ambil waktu 60 detik untuk berdiri dan berjalan-jalan keliling kantor. Lakukan kebiasaan ini 5 kali pada jam kerja.

Hindari : memanjangkan atau menyilangkan kaki ketika duduk dalam waktu yang lama. Untuk meminimalisasi tekanan pada sendi-sendi, ketika duduk posisikan pergelangan kaki, lutut dan pinggul kita membentuk sudut 90 derajat, saran Thielman.

Ketika tidur.
Dapatkan postur tubuh dan kualitas tidur yang maksimal dengan memperbaiki pose tidur kita. Jika kita tidur telentang, letakkanlah bantal di bawah lutut. Menurut Mayo Clinic Women’s Health Source, dengan membiarkan lutut sedikit ditekuk akan membuat punggung melengkung alami.

Hindari : menggunakan pose telungkup atau tidur dengan menggunakan perut. Pose samping atau telentang jauh lebih baik. Jika tidur dengan posisi menyamping serasa tidak nyaman, kita bisa mengapit bantal di kedua lutut kita untuk memberi sanggaan pada tulang belakang. Trik ini juga akan menghilangkan tekanan pada sendi lumbar dan menyelaraskan kesejajaran postur, jelas Dawn Underwood, DPT, OCS, terapis fisik di Mayo Clinic.

Cukup merubah sedikit kebiasaan, kita sudah bisa membuang jauh-jauh rasa nyeri dan mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik. Dan bonus lainnya, dengan postur tubuh yang benar kita bisa terlihat 2,5 kilogram lebih langsing. Tertarik?

loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails