Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

SEKILAS TENTANG TEKNOLOGI TES DNA


Akhir-akhir ini marak di bicarakan tentang kasus pembunuhan atau perselisihan rumah tangga,yang dibicarakan adalah tentang status dari si_Korban Pembunuhan atau identikasi dari korban serta identikasi dari seorang anak yang diragukan statusnya dengan melalui tes DNA

Ketika seseorang dengan alasan yang sangat beragam dan pribadi ingin tahu akan identitasnya, maka salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah identifikasi DNA (Deoxyribo Nucleic Acid). Identifikasi DNA dapat dimanfaatkan untuk mengetahui hubungan biologis antar individu dalam sebuah keluarga dengan cara membandingkan pola DNA individu-individu tersebut. Lembaga Biologi Molekul Eijkman melalui Yayasan GenNeka menawarkan pelayanan identifikasi DNA, berupa tes paternitas dan tes maternitas.


Apakah DNA itu? 

Setiap orang memiliki DNA yang unik. DNA adalah materi genetik yang membawa informasi yang dapat diturunkan. Di dalam sel manusia DNA dapat ditemukan di dalam inti sel dan di dalam mitokondria. Di dalam inti sel, DNA membentuk satu kesatuan untaian yang disebut kromosom. Setiap sel manusia yang normal memiliki 46 kromosom yang terdiri dari 22 pasang kromosom somatik dan 1 pasang kromosom sex (XX atau XY).
DNA Mitokondria ? Tes mtDNA penurunan maternal 

http://faktabukanopini.blogspot.com/

Pola penurunan matrilineal DNA Inti ?Tes Paternitas/Maternitas
http://faktabukanopini.blogspot.com/

Pola penurunan patrilineal dan matrilineal 

Setiap anak akan menerima setengah pasang kromosom dari ayah dan setengah pasang kromosom lainnya dari ibu sehingga setiap individu membawa sifat yang diturunkan baik dari ibu maupun ayah. Sedangkan DNA yang berada pada mitokondria hanya diturunkan dari ibu kepada anak-anaknya. Keunikan pola pewarisan DNA mitokondria menyebabkan DNA mitokondria dapat digunakan sebagai marka untuk mengidentifikasi hubungan kekerabatan secara maternal. Kedua pola penurunan materi genetik dapat diilustrasi seperti gambar sebelumnya. Dengan perkembangan teknologi, pemeriksaan DNA dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan individu yang satu dengan individu yang lain 

Untuk apa saja tes DNA dilakukan? 


Tes DNA dilakukan dengan berbagai alasan seperti persoalan pribadi dan hukum antara lain: tunjangan anak, perwalian anak, adopsi, imigrasi, warisan dan masalah forensic (dalam Identifikasi korban pembunuhan) 

Sampel apakah yang akan diambil untuk tes DNA? 

Hampir semua sampel biologis dapat dipakai untuk tes DNA, seperti buccal swab (usapan mulut pada pipi sebelah dalam), darah, rambut beserta akarnya, walaupun lebih dipilih penggunaan darah dalam tabung (sebanyak 2ml) sebagai sumber DNA. 

Cara pengambilan sampel: Sampel darah diambil sebanyak 2 ml dengan menggunakan tabung EDTA kemudian diberi label yang jelas, dan tanggal pengambilan sampel. Sampel disimpan pada suhu 4°C. 

Apakah tes paternitas? 


http://faktabukanopini.blogspot.com/

Tes paternitas adalah tes DNA untuk menentukan apakah seorang pria adalah ayah biologis dari seorang anak. Kita semua mewarisi DNA (materi genetik) dari orang tua biologis kita. Tes paternitas membandingkan pola DNA anak dengan terduga ayah untuk memeriksa bukti pewarisan DNA yang menunjukkan kepastian adanya hubungan biologis. 

Apakah tes maternitas? 

Tes maternitas adalah tes DNA untuk menentukan apakah seorang wanita adalah ibu biologis dari seorang anak. Seperti pada tes paternitas, tes ini membandingkan pola DNA anak dengan terduga ibu untuk menentukan kecocokan DNA anak yang diwariskan dari terduga ibu. Umumnya tes maternitas dilakukan untuk kasus, seperti kasus dugaan tertukarnya bayi, kasus bayi tabung, kasus anak angkat dan lain-lain. 



Metoda identifikasi DNA apakah yang digunakan dalam tes paternitas dan tes maternitas? 

Identifikasi DNA untuk tes paternitas dilakukan dengan menganalisa pola DNA menggunakan marka STR (short tandem repeat). STR adalah lokus DNA yang tersusun atas pengulangan 2-6 basa. Dalam genom manusia dapat ditemukan pengulangan basa yang bervariasi jumlah dan jenisnya. Identifikasi DNA dengan penanda STR merupakan salah satu prosedur tes DNA yang sangat sensitif karena penanda STR memiliki tingkat variasi yang tinggi baik antar lokus STR maupun antar individu. 

Siapa saja yang perlu di periksa untuk tes paternitas? 


Ibu, anak dan terduga ayah,atau dapat dikatakan keluarga sekandung 

Dapatkah tes paternitas dilakukan bila hanya terduga ayah dan anak saja yang diperiksa? 


Dapat, tetapi hanya bila ibu biologis tidak bersedia di tes. Partisipasi ibu pada tes paternitas dapat membantu menyingkirkan separuh DNA anak, sehingga separuhnya lagi dapat dibandingkan dengan DNA terduga ayah. Akan tetapi kami dapat melakukan tes paternitas tanpa partisipasi ibu, dengan menggunakan analisis tambahan (penambahan penanda) memberikan hasil yang sama akuratnya, tanpa dipungut biaya tambahan. Apabila anak belum dewasa maka di perlukan fotokopi surat kelahiran dan atau surat perwalian anak yang menyatakan terduga ayah atau wali anak memiliki hak untuk membawa anak tersebut untuk melakukan tes paternitas. 





Apakah perlu surat dokter untuk melakukan tes DNA? 

Tidak, walaupun kami sering bekerjasama dengan dokter dan banyak kasus kami berhubungan dengan mereka, tetapi untuk tes DNA ini tidak perlu surat pengantar dokter. Pengguna jasa dapat meminta dan menjadwal tes paternitas dan/atau tes maternitas secara langsung sesuai dengan keinginannya. 


Apakah harus ada persiapan sebelum tes DNA? 

Tidak, alkohol, obat2an, makanan, umur atau gaya hidup tidak akan mengubah pola DNA seseorang.

Apakah tes paternitas dapat dilakukan sebelum anak lahir? 

Dapat, dengan analisis DNA, tes paternitas dapat dilakukan sebelum anak dilahirkan (prenatal). Tes DNA dapat dilakukan dengan sampel dari jaringan janin (Chorionic Villi Sample, CVS) umumnya pada umur kehamilan 10-13 minggu, atau dengan cara amniosentesis pada umur kehamilan 14-24 minggu. Untuk pengambilan jaringan janin ini harus dilakukan oleh ahli kebidanan/kandungan. Ibu yang ingin melakukan tes DNA prenatal harus berkonsultasi dengan ahli kebidanan/kandungan. 



Bagaimana kalau terduga ayah berada di kota lain? 


Dengan surat pengantar dari dokter, terduga ayah dapat diambil darahnya di kota domisili dan mengisi formulir surat pernyataan persetujuan untuk melakukan tes paternitas serta menandatanganinya di atas materai. 

Berapa akurasi hasil tes paternitas dan tes maternitas? 

Tes DNA adalah 100% akurat bila dikerjakan dengan benar. Tes DNA ini memberikan hasil lebih dari 99.99% probabilitas paternitas bila DNA terduga ayah dan DNA anak cocok (matched). Apabila DNA terduga ayah dan anak tidak cocok (mismatched) maka terduga ayah yang di tes 100% bukanlah merupakan ayah biologis anak tersebut. Konfirmasi dilakukan dengan mengulang tes terhadap terduga ayah. 

Berapa lamakah hasilnya dapat diperoleh? 

Hasil tes DNA akan selesai dalam 12 hari kerja terhitung dari tanggal diterimanya sampel. 

Apakah hasil ini dapat digunakan sebagai bukti hukum? 

Hasil tes ini hanya dapat digunakan sebagai referensi pribadi, kecuali jika sampel yang diperiksa diambil melalui prosedur hukum (surat dan polisi atau jaksa), maka sampel ter­sebut memiliki kekuatan hukum. 

Apakah kerahasiaan hasilnya terjamin? 

Tentu, karena pertanyaan mengenai paternitas sangat sensitif, seluruh informasi pasien, mengenai tes dan hasil tes akan dijamin kerahasiaannya. Hasil tes DNA hanya akan diberikan kepada individu yang melakukan tes. 

Apakah sampel yang akan diperiksa harus diambil
pada waktu yang bersamaan? 

Tidak, sampel dapat diambil dan disimpan sampai seluruh individu yang akan diperiksa telah terkumpul, dan pada saat itu tes baru dapat dilakukan. 

Apakah ada batasan umur untuk melakukan tes DNA? 

Tidak, tes DNA tidak dipengaruhi oleh umur. Tes dapat dilakukan pada janin dan bahkan pada orang yang sudah meninggal. 

Apakah tes mtDNA penurunan maternal (mtDNA maternal lineage test)? 

Tes mtDNA penurunan maternal digunakan untuk menentukan apakah dua atau lebih individu mempunyai hubungan keluarga melalui ibu mereka (secara maternal/garis ibu). Tes ini sering digunakan untuk memberikan bukti tambahan pada kasus maternitas yang sulit dimana terduga ibu tidak dapat di tes. Hasil dari tes ini juga dapat digunakan untuk konfirmasi hubungan biologis dari anak angkat. 

Metode identifikasi DNA apakah yang digunakan dalam tes mtDNA penurunan maternal? 

Dalam tes mtDNA yang diturunkan secara maternal, identifikasi DNA dilakukan dengan membandingkan mtDNA ibu dengan mtDNA anak. Pada tes ini, karena DNA mitokondria hanya diwariskan secara maternal pada anaknya, bila pola mtDNA seorang ibu sama dengan pola mtDNA anak maka dikatakan bahwa kedua individu tersebut memiliki garis keturunan maternal yang sama. Jika pola mtDNA nya tidak cocok, maka kedua individu tersebut dinyatakan 100% bukan berasal dari satu garis keturunan ibu. 

Apakah tes Y-STR penurunan paternal (Y-STR paternal lineage test)? 

Tes Y-STR penurunan paternal digunakan untuk menentukan apakah dua atau lebih laki-laki mempunyai hubungan keluarga melalui ayah mereka (secara paternal/garis ayah). Tes ini sering digunakan untuk memberikan bukti tambahan pada kasus paternitas yang sulit dimana terduga ayah tidak dapat di tes. Hasil tes ini juga dapat digunakan untuk konfirmasi hubungan biologis dari anak laki-laki angkat. 

Kapan tes Y-STR harus digunakan? 
Apabila sampel DNA yang diperiksa merupakan campuran DNA wanita dan laki-laki, dengan komponen DNA laki-laki pada sampel lebih sedikit dari komponen DNA wanita, maka tes Y-STR akan memberikan pola DNA laki-laki. Pada sampel yang diperiksa apabila terjadi kontribusi DNA laki-laki lebih dari satu, maka tes Y-STR dapat membantu membedakan kontributor.


Persyaratan yang diperlukan dalam melakukan identifikasi DNA 

Pengguna jasa harus menyerahkan fotokopi kartu identitas diri (KTP/ paspor), akte atau surat keterangan lahir anak dan foto-foto dari individu yang diperiksa. Pengguna jasa juga harus menandatangani surat pernyataan persetujuan tes DNA di atas materai. 

Biaya pemeriksaan 

Biaya tes paternitas yang dilakukan oleh seorang anak dan seorang terduga ayah, dengan atau tanpa kehadiran ibu adalah Rp.7.500.000,-/per paket *, biaya ini sudah termasuk biaya konsultasi pemeriksaan identifikasi DNA seharga Rp. 350.000,-. Jika anda akan memeriksakan lebih banyak orang (lebih dari satu tersangka ayah, saudara, dll), mereka dapat dilibatkan dalam proses pemeriksaan dengan biaya tambahan Rp. 2.500.000,-/per orang *. 

Biaya tes mtDNA penurunan maternal untuk dua individu adalah Rp. 4.000.000,- per paket *. 

Biaya tes Y-STR penurunan paternal untuk dua individu adalah Rp. 5.000.000,- per paket *. 

http://www.gallerydunia.com
 
READ MORE - Selengkapnya

Gangguan Kepribadian Antisosial


Kasus yang melibatkan terpidana mati Ryan atau Veri Idham Henyansyah kembali mencuat setelah adanya upaya peninjauan kembali (PK) dari pengacaranya terkait vonis hukuman mati yang dijatuhkan.  Ryan Kamis (22/9/2011) kemarin hadir di Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat dalam persidangan dengan agenda pembacaan alasan kuasa hukum melakukan peninjauan kembali.
Kata-kata Gangguan Jiwa dan Psikopat kemudian mulai muncul dalam persidangan yang dikemukakan oleh pengacara Ryan. Sayangnya, penggunaan kata Psikopat ini tidak sepenuhnya tepat dalam kerangka diagnosis gangguan jiwa karena istilah tersebut sudah tidak dikenal dalam diagnosis gangguan jiwa.
Beberapa kalangan kesehatan jiwa kemungkinan besar akan menjawab sama bila ditanya tentang apa yang terjadi pada kesehatan jiwa Ryan. Kemungkinan diagnosis yang paling mungkin adalah suatu Gangguan Kepribadian Antisosial yang dulunya lebih dikenal sebagai Psikopat.
Tentunya hal ini merupakan diagnosis banding saja, karena untuk menegakkan diagnosis yang tepat perlu melakukan pemeriksaan yang langsung dan lengkap. Psikiater tidak mungkin mendiagnosis hanya berdasarkan berita di koran saja tanpa melihat pasien secara langsung.
Lalu apakah itu gangguan Kepribadian Antisosial? Gangguan kepribadian antisosial dalam pedoman diagnosis gangguan jiwa menurut DSM IV-TR (keluaran American Psychiatric Association) dan ICD 10 (keluaran Badan Kesehatan Dunia/WHO) merupakan bagian dari Gangguan Jiwa.
Orang yang mengalami gangguan kepribadian tidak menyadari dirinya sakit. Ia merasa tidak ada yang salah dengan dirinya, sehingga orang seperti ini tidak akan datang ke pikiater atau psikolog klinis untuk meminta disembuhkan. Ketiadaan tilikan ke dalam diri ini yang membuat gangguan kepribadian memiliki kemungkinan sembuh yang kecil.
Gangguan kepribadian yang banyak dihubungkan dengan perilaku kekerasan dan kriminalitas adalah gangguan kepribadian antisosial. Kepustakaan mengatakan sekitar 70 persen orang yang dipenjara mengalami gangguan kepribadian tipe ini. Bila mengalami gangguan ini, individu tidak mampu untuk mentaati norma-norma sosial yang ada di masyarakat. Walaupun banyak dihubungkan dengan tindakan-tindakan kriminal, bukan berarti gangguan ini sama artinya dengan kriminalitas.
Kejadian gangguan kepribadian ini di dalam masyarakat adalah sekitar 3 persen untuk laki-laki dan 1 persen untuk perempuan. Biasanya terjadi di daerah urban yang miskin atau tingkat ekonomi sosialnya rendah. Beberapa perilaku yang sering terjadi pada individu dengan gangguan ini adalah ; berbohong, kekerasan terhadap orang lain, kabur dari rumah, pencurian, berkelahi, penggunaan narkoba dan aktivitas-aktivitas melanggar hukum. Beberapa laporan mengatakan, perilaku tersebut dimulai bahkan saat masa kanak-kanak.
Individu yang mengalami gangguan seperti ini tidak mengalami gangguan kecemasan atau depresi akibat perbuatannya. Penjelasan yang terkadang di luar akal sehat tentang perbuatannya seringkali membuat ahli kesehatan jiwa berpikir apakah ini suatu gangguan skizofrenia. Tetapi dari pemeriksaan mental biasanya tidak pernah ditemukan adanya waham ataupun pikiran-pikiran tidak rasional.
Bahkan, seringkali individu dengan gangguan ini menunjukkan adanya daya pikir yang tinggi dan kemampuan berbicara yang melebihi rata-rata. Untuk itulah, sering ditemukan perilaku yang manipulatif terhadap orang lain. Mereka tidak dapat dipercaya dan hampir tidak pernah berkata benar tentang tindakannya. Kita melihatnya sebagai orang yang tidak punya hati nurani.
Apakah bisa dihukum?
Individu yang mengalami keadaan seperti ini biasanya tidak menyadari bahwa dirinya sakit. Hampir dapat dipastikan ketika gangguan ini berkembang, maka gangguan ini tidak akan mengalami masa perbaikan. Walaupun ada beberapa ahli yang mengatakan akan berkurang menjelang masa dewasa lanjut.
Kebanyakan gangguan kepribadian memang seringkali sulit diobati. Keadaan ini diperparah karena individu yang mengalami gangguan ini tidak punya tilikan atau kesadaran diri bahwa dirinya perlu diobati. Orang di sekitar individu yang akan merasakan dampak yang sangat tidak menyenangkan dari perilaku orang yang mengalami gangguan ini.
Walaupun disebut gangguan jiwa, tapi bukan berarti orang yang mengalami gangguan ini tidak dapat dihukum. Peristiwa yang terjadi pada kasus Ryan akan menempatkan Ryan pada tuntutan hukum yang jelas.
Seperti kita ketahui dulu, semua orang tahu bahwa Ryan melakukan hal tersebut salah satunya juga karena faktor materi. Ini dapat terlihat bahwa harta si korban diambil oleh pelaku. Ryan juga tahu kalau perbuatannya berkonsekuensi hukum sehingga menyembunyikan si korban dengan mengubur atau terakhir memutilasinya.
Dalam buku Psikiatri Forensik, guru saya pakar Psikiatri Forensik, Dr. Wahjadi Darmabrata, SpKJ(K), menyatakan, “Dahulu diagnosis gangguan jiwa dianggap cukup untuk menyatakan bahwa terdakwa dibebaskan dari tuntutan. Padahal, sebenarnya yang diharapkan adalah kepastian seberapa jauh kemampuan tanggung jawab terdakwa terhadap perbuatannya yang melanggar hukum.
Untuk itulah, pemeriksaan yang mendasar terhadap kasus Ryan perlu dilakukan oleh psikiater forensik yang memahami gangguan kejiwaan dan kriminalitas yang terkait dengan kondisi yang dialami pelaku.
Pemeriksaan yang tepat dan cermat akan membuat hasil pemeriksaan dapat menjadi bahan pertimbangan hakim dalam memberikan keputusan kepada pelaku yang sering dianggap mengalami gangguan jiwa dan tidak bisa dihukum.
Artikel : Dr. Andri, SpKJ -( Psikiater, Pengamat Kesehatan Jiwa) di Kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

Jangan Belah Obat Tablet Karena Ternyata Berbahaya


Ini warning bagi semua yang sering meminum obat tablet dengan cara di belah menjadi dua atau lebih. Betapa tidak, ternyata, kebiasan yang dianggap lumrah ini sangat berbahaya dikarenakan tablet yang telah terpotong bisa membuat dosis obat menjadi salah.

Dilansir Journal of Advanced Nursing, Dosis beracun dan terapeutik merupakan konsekuensi bagi orang yang sering meminum tablet dengan cara ini khususnya untuk tablet ukuran kecil.

Disebutkan juga, Peneliti berhasil memastikan tablet yang dipotong kemanjurannya berkurang 15-25 persen. “Tablet terpotong dan tidak terbagi dalam ukuran sama bisa juga menyebabkan bahan pokok di dalam obat tersebut hilang”

http://www.lintas.me
READ MORE - Selengkapnya

Yang Harus Dihindari Pemakai Kawat Gigi


Kawat gigi atau braces merupakan bagian dari perawatan orthodonti untuk mempercantik gigi yang kurang rapi. Berbeda dengan dahulu, kini braces memiliki berbagai tampilan yang trendi dan bergaya sehingga makin banyak orang tertarik menggunakannya.

Yang penting untuk diperhatikan para pengguna kawat gigi adalah masalah kebersihan dan kesehatan gigi. Bagian kawat, karet, dan materi lain yang dipakai di gigi bisa menarik sisa makanan dan plak yang akan menodai gigi, bahkan menimbulkan lubang jika kita malas membersihkannya.

Dokter gigi merekomendasikan agar pengguna kawat gigi menyikat gigi setiap kali selai makan atau ngemil dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, serta secara teliti membersihkan makanan yang mungkin masih terselip di sela kawat gigi.

Ketika memakai kawat gigi, kebanyakan makanan masih bisa kita konsumsi terutama jika kita memotongnya menjadi bagian kecil. Akan tetapi ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari.

- Makanan keras dan permen

Makanan yang terlalu keras, snack, serta permen yang keras sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan kawat bengkok, pecah, atau pun terlepas dari karet. Bila Anda ingin makan buah atau makanan yang keras, sebaiknya pototng-potong menjadi bagian kecil.

Jika ingin makan kacang, tumbuklah sebentar, sementara itu sebaiknya permen tidak digigit tetapi dihidap. Sebaiknya hindari pula menggigit es batu.

- Makanan yang lengket

Makanan atau permen yang lengket akan menempel pada gigi dan bagian-bagian kawat sehingga berpotensi merusak karet dan kawatn. Jika ada yang tersangkut umumnya juga lebih sulit dibersihkan.

- Makanan dengan kadar keasaman tinggi

Makanan yang mengandung asam yang tinggi, seperti lemon, jeruk nipis atau soda bisa merusak enamel gigi dan menyebabkan warna gigi tidak rata. Dampaknya akan jelas terlihat sesudah braces dilepas.
kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

Jangan Pakai 5 Benda Ini Bersama Orang Lain


Berbagi, sejak kecil orangtua sudah mengajarkan kita pentingnya perbuatan tersebut dalam hidup. Tetapi, dalam hal kesehatan ada beberapa benda yang sebaiknya tidak Anda bagi pemakaiannya dengan orang lain.

1. Sikat gigi

Jangan pernah berbagi sikat gigi dengan orang lain, bahkan dengan pasangan yang baru saja Anda cium. Menurut Chuck Gerba, ahli mikrobiologi lingkungan dari Universitas Arizona, AS, saat kita menyikat gigi ada sebagian kulit yang terkelupas dan mungkin menempel di sikat gigi.

"Ada beberapa jenis virus yang bisa berpindah melalui sikat gigi, seperti hepatitis B dan C, HIV, serta penyakit saluran pernapasan," katanya. Hal itu terutama jika kita sedang menderita luka di bagian mulut atau radang gusi.

2. Sisir

Meski tampak tidak berbahaya, namun menurut Gerba sisir juga bisa menjadi media penularan penyakit. "Beberapa jenis bakteri dan bakteri yang kebal antibiotik atau MRSA bisa ditemukan pada sisir karena lapisan kulit kepala bisa tersangkut di sisir," katanya.

Ia menyarankan agar kita selalu membawa sisir pribadi. Namun bagaimana dengan sisir di salon? Gerba merekomendasikan agar kita memilih salon langganan yang bersih sehingga bisa dipastikan mereka secara rutin membersihkan alat-alatnya.

3. Ponsel

Tahukah Anda telepon seluler (ponsel) menyimpan banyak bakteri karena seringnya ia disentuh namun tak pernah dibersihkan. Bahkan, menurut penelitian ponsel milik wanita jauh lebih kotor dibanding ponsel kepunyaan para pria. Salah satu penyebabnya adalah wanita juga sering menyentuh alat kosmetik dan mereka lebih rentan terkena flu. Penelitian menunjukkan bakteri yang sering tertinggal di permukaan ponsel antara lain bakteri penyebab influenza.

4. Pisau cukur

Pisau cukur juga termasuk dalam benda yang wajib Anda pakai secara pribadi. Terlihat atau tidak, pisau cukur sering menggores kulit hingga berdarah. Beberapa penyakit infeksi seperti hepatitis B bisa ditularkan melalui penggunaan pisau cukur yang tidak steril. Apalagi banyak orang pembawa (carrier) virus hepatitis yang tidak menyadari dirinya mengidap virus ini.

5. Kosmetik

Berhati-hatilah saat menggunakan contoh produk kosmetik di toko karena sudah dipakai oleh ratusan pembeli. Penelitian selama dua tahun menemukan jumlah bakteri yang sangat banyak pada berbagai sampel produk kosmetik di departement store, terutama lipstik, krim wajah, dan kuas pemulas wajah dan mata. Pada penelitian yang dilakukan di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, itu ditemukan bahwa jumlah bakteri di sampel kosmetik pada hari minggu jauh lebih banyak dibanding hari lain.
kompas.com

READ MORE - Selengkapnya

Tanda-Tanda Kelainan Pada Kehamilan


Bila dijumpai kelainan-kekainan pada kehamilan, pemeriksa harus segera merujuk, kerenanya harus dikenal dahulu tanda-tanda kelainan kehamilan tersebut, yakni:
1. Panas
Bila penderita mengeluh panas, Ia perlu memperoleh obat-obatan. Rujuklah ke Puskesmas untuk pemeriksaan/tindakan selanjutnya.
2. Pucat
Penderita dengan keluhan sangat pucat, selalu merasa letih, tidak ada nafsu makan, ini berarti tidak mempunyai cukup darah dalam badannya dan keadaannya lemah. Bila keadaan ini tidak lekas diobati akan dapat membahayakan persalinan; ibu dapat mengalami perdarahan.
3. Muntah-muntah yang berlebihan
Muntah-muntah pada pagi hari dalam masa hamil muda adalah normal. Namun muntah-muntah yang terjadi sepanjang hari atau muntah-muntah lebih dari 6 kali sehari akan mempengaruhi kesehatan umum, perlu dirujuk.

4. Perdarahan pada kehamilan sebelum waktunya

Tiap perdarahan dari liang sanggama pada ibu hamil setelah kehamilan 7 bulan, perlu perhatian, lekaslah rujuk.
5. Letak Anak yang salah
Umumnya anak lahir dengan kepala dahulu. Tetapi adakalanya bayi lahir dengan bokong dahulu, dan bila lahirnya terlalu lama, bayi dapat meninggal. Hal ini sebenarnya dapat dicegah yaitu bila pada periksa raba dapat diketahui bahwa letak bayi salah, maka rujuklah ke Puskesmas/Rumah Sakit agar persalinannya dapat ditolong oleh tenaga Puskesmas/Rumah Sakit.
READ MORE - Selengkapnya

Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Kanker Yang Mematikan!!!

Penyebab seseorang terkena Penyakit Kanker sebetulnya tidak dapat diketahui secara pasti, karena bisa jadi disebabkan oleh beberapa kumpulan faktor yang saling terkait satu sama lain. Namun walaupun demikian ada beberapa faktor yang paling dominan penyebab terjadinya Penyakit Kanker seperti :

1. Faktor Keturunan
Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih untuk menderita penyakit kanker tertentu, jika dibandingkan dengan keluarga yang lain. Jenis penyakit kanker yang paling sering diturunkan dalam keluarga adalah kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit dan kanker usus besar. Misalkan seorang wanita mempunyai resiko menderita penyakit kanker payudara sampai dengan 3 x lipat jika ternyata ibunya atau saudara perempuan yang lainnya ternyata pernah menderita juga penyakit kanker payudara.

2. Faktor Lingkungan
Beberapa faktor lingkungan yang mempengaruhi terjadinya penyakit kanker :
- Lingkungan Perokok, dapat meningkatkan resiko penyakit kanker paru-paru, mulut, laring (pita suara)
- Akibat sering terkena Sinar Ultraviolet dari matahari. 
- Terkena radiasi Sinar Rontgen yang dihasilkan dari pembangkit tenaga nulir.

3. Faktor Makanan
Kebanyakan adalah makanan yang banyak mengandung bahan kimia, seperti :
- Makanan yang di asap dan di asamkan (seperti acar) bisa meningkatkan resikonya terjadi kanker lambung.
- Minuman yang banyak mengandung alkoholnya, sering kali menjadi penyebab timbulnya kanker kerongkongan.
- Zat makanan yang mengandung bahan pewarna

4. Virus
Virus yang paling sering dicurigai sebagai biang penyebab penyakit kanker meliputi :
- Virus Papilloma, penyebab kutil pada alat kelamin, dan juga penyebab terjadinya penyakit kanker leher rahim pada wanita.
- Virus Situmegalo, menyebabkan kanker sistem pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit yang berwarna merah.
- Virus Hepatitis B, menyebabkan penyakit kanker hati.
- Virus Epstein-Bar, di Afrika virus ini menyebabkan Limfoma Burkitt, sedangkan di China menyebabkan kanker hidung dan tenggorokan.

5. Faktor Infeksi
Faktor infeksi ini meliputi :
- Parasit Schistosoma dapat menyebabkan kanker kandung kemih karena terjadinya iritasi yang bersifat menahun pada kandung kemih.
- Infeksi oleh Clonorchis yang dapat menyebabkan kanker pankreas dan saluran empedu.
- Helicobacter Pylori adalah bakteri yang dapat menyebabkan kanker lambung, dan diduga pula bakteri ini dapat menyebabkan peradangan lambung kronis sehingga terjadi peningkatan kecepatan siklus sel.

6. Faktor Perilaku.
Suka merokok, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan daging yang di awetkan. Suka mengkonsumsi alkohol, sering melakukan hubungan intim di usia dini dan sering berganti-ganti pasangan.

7. Faktor Gangguan Keseimbangan Hormonal.
Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon esterogen dan kekurangan hormon progesteron dapat meningkatkan terjadinya penyakit kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim, dan kanker prostat.

8. Faktor Kejiwaan dan Emosional
Sering mengalami stres, suka marah, kebencian yang mendalam dan selalu emosi dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker. Gangguan emosi ini dapat menyebabkan gangguan keseimbangan seluler tubuh.

9. Faktor Radikal Bebas.
Radikal bebas adalah suatu atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai elektron bebas yang tidak berpasangan pada lingkaran luarnya, seperti :
- Radikal bebas yang terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolisme
- Radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dalam bentuk-bentuk racun kimiawi dari makanan, minuman, udara yang terpolusi, dan sinar ultraviolet dari sinar matahari.
- Radikal bebas yang terproduksi pada waktu makan berlebihan maupun dalam keadaan stres yang berlebihan, baik stres secara fisik, psikologis maupun secara biologis.
READ MORE - Selengkapnya

7 Pemicu Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan salah satu penyakit yang pasti diderita 8 dari 10 orang dewasa dalam hidupnya. Paling sering sakit punggung terjadi karena meregangnya otot punggung atau meregangnya ligamen. Namun ada kalanya sakit timbul begitu saja secara perlahan.
Pemakaian dan pembebanan pada diskus atau bantalan tulang lama kelamaan akan menimbulkan perubahan struktur atau keseimbangan normal. Padahal masalah bantalan, sendi atau otot akan menimbulkan rasa nyeri ketika dipakai bergerak.

Terlepas dari bagaimana terjadinya nyeri tersebut, seringkali pasien, bahkan dokter, kesulitan menemukan pemicu nyeri punggung. Namun menurut Arya Nick Shamie, juru bicara American Academy of Orthopedic Surgeons, ada beberapa penyebab nyeri punggung yang sering tidak disadari.

1. Olahraga berat di akhir pekan

Kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor risiko yang membuat seseorang lebih rentan terkena nyeri punggung. Keadaan ini diperberat dengan kebiasaan olahraga berlebihan hanya di akhir pekan.

"Jika kita melakukan sesuatu yang berat setelah sepanjang minggu lebih banyak beraktivitas pasif, kita sangat beresiko mencederai diri," kata Shamie. Ia menambahkan olahraga high impact yang dilakukan tanpa pemanasan untuk menguatkan batang tubuh (core) akan membuat otot-otot tidak kuat mendukung gerakan yang dilakukan.

Karena itu ia menyarankan agar setidaknya kita melakukan latihan dasar untuk penguatan batang tubuh 15 menit setiap hari serta pemanasan agar batang tubuh dan otot-otot lebih siap ketika kita berolahraga lebih intens di akhir pekan.

2. Menggendong anak

Menggendong anak di punggung, terlebih jika berat badan anak cukup besar, akan menyebabkan tekanan yang besar pada tulang punggung. Apalagi jika si anak banyak bergerak, risikonya adalah salah urat.

3. Duduk membungkuk 

Duduk dengan punggung melengkung dalam waktu lama akan menyebabkan tulang lumbal tidak tersangga dengan baik sehingga tekanan pada diskus semakin besar. "Akan tetapi tekanan paling besar pada diskus terjadi ketika kita dalam posisi duduk kemudian dalam posisi miring hendak mengambil sesuatu dari lantai. Karena itu jika ingin memungut sesuatu berdirilah dulu baru berjongkok untuk mengambilnya," katanya.

4. Merokok

Merokok akan menyebabkan diskus memburuk dengan cepat. Diskus atau bantalan tulang ini memiliki dinding fibrosa di bagian luar yang melindungi gel di dalamnya.

5. Memilintir pinggang

Semua gerakan yang melibatkan rotasi di bagian perut atas secara berulang-ulang akan menyebabkan trauma mikro pada tulang punggung bawah. Kerusakan ini akan berakumulasi dan beresiko menyebabkan kerusakan di kemudian hari.

6. Kurang tidur

Diskus tulang belakang tidak memiliki pembuluh darah sehingga mereka tidak mendapat cukup nutrisi. Akibatnya diskus lebih rentan retak dan dehidrasi. "Usahakan untuk tidur cukup minimal 7 jam setiap malam karena di malam hari diskus akan terhidrasi kembali," katanya.

7. Kasur empuk

Alas tidur yang terlalu empuk dan melengkung di bagian tengah akan membuat struktur tulang berubah.
READ MORE - Selengkapnya

Resep Mengobati Penyakit Kelamin

Banyak sekali macam penyakit kelamin yang menyerang manusia. Penyakit ini biasanya diderita oleh mereka-mereka yang suka jajan atau menjajakan diri ditempat-tempat pelacuran.

Umumnya penderita penyakit ini merasa malu untuk memeriksakan penyakitnya kepada seorang dokter, walaupun ia sendiri tahu kalau penyakit tersebut sangat berbahaya.

Untuk menyembuhkan macam-macam penyakit kelamin ini bisa di coba dengan menggunakan resep :
a. Beberapa lembar daun kobis yang sudah tua.
b. Beberapa siung bawang putih.
c. Bawang merah secukupnya, dan
d. Air perasan jeruk nipis.


Caranya:
1. Daun kobis, bawang putih dan bawang merah diiris-iris sampai halus, lalu dimasukkan ke dalam panci.

2. Setelah itu embunkan di udara terbuka selama 1 malam dan pada keesokan harinya anda remas-remas, lalu campurkan dengan air perasan jeruk nipis.

3. Kemudian Anda ambil airnya dan minumlah setiap pagi. Selain itu dianjurkan pula untuk tidak berhubungan seksual dengan wanita-wanita yang bukan istrinya (WTS). Bila Anda patuh,


MENGOBATI SAKIT KENCING NANAH (GONORHOE)

Penyakit ini disebabkan oleh kuman diplo coccus, yang ber bentuk bulat mirip dengan biji kopi, dan hidupnya berpasangan.
Pada penderita laki-laki terdapat radang dari saluran air seni yang mengeluarkan lendir bernanah, sehingga menetes terus-menerus dari lobang kencingnya.
Apabila kencing, maka kencingnya terasa panas sekali, maka kebanyakan penderita membatasi minumnya dengan harapan agar tidak sering-sering kencing. Tiap kali sehabis kencing, maka penderita harus mencuci tangannya hingga bersih
Sebab kuman yang melekat pada tangannya itu sangatlah berbahaya sekali jika sampai masuk di mata.

Apabila pada wanita kuman-kuman tersebut meradang seluruh selaput lendir dari kemaluan sehingga menyebabkan keluarnya lendir bernanah dari lubang kemaluannya yang biasa disebut darah putih atau piktay.
Karena bertambahnya kuman-kuman lain yang masuk dari luar, maka darah putih ini sering berbau tidak sedap dan bisa menyebabkan gatal-gatal di kulit sekitar vaginanya. Pada wanita, saluran air seni letaknya terpisah dari lubang kemaluannya, pada permulaan sakit gonorhoe kencingnya tidak terasa panas atau nyeri, tapi lama-kelamaan kumannya menjalar ke saluran air kencing hingga kemudian kencingnya juga terasa panas dan sakit.

Jika anda mengalami sakit yang demikian, maka lakukan resep dibawah ini

1. Serbuk dari kayu cendana 1 sendok ten.
2. 20 butir buah kemukus.
3. 20 helai daun kumis kucing (remujung)
Setelah semua bahan anda dapatkan, maka tumbuklah semua, lalu rebuslah dengan air 1 gelas selama 10 menit. Lalu saringlah, me-minumnya ditambah dengan gula jawa atau madu, setiap hari 2 kali atau 3 kali. Dan tiap kali pengobatan dibuat lagi rebusan baru.

Selain itu ada lagi resep yang agak berbeda:

- Ambillah kulit kamboja 2 jari tangan.
- 20 helai daun kumis kucing.
Kulit kambojanya ditumbuk halus lalu direbus bersama-sama de¬ngan 2 gelas air minum, selama 15 menit.
Sesudah disaring lalu diminum dengan gula batu, 2 kali sehari satu gelas. Dan tiap kali akan mengobati supaya membuat rebusan yang baru.
Dengan menggunakan cara seperti itu, maka penyakit yang berbahaya seperti diatas akan sembuh. Penyakit gonorhoe dapat menyebabkan kemandulan bagi perempuan juga lelaki. Jika menjangkiti wanita yang kebetulan hamil penyakit tersebut tidak dapat menyerang bayi yang berada dalam kandungan.
Tips Kesehatan, Jakarta - Penyakit kelamin adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman yang ditularkan melalui hubungan seks oral maupun melalui hubungan kelamin.

Berikut ini beberapa, Jenis, Ciri dan Tanda Penyakit Kelamin:

HERPES

  • Disebabkan oleh virus, dapat diobati tetapi tidak dapat disembuhkan
  • Gejala timbul antara 3 sampai 10 hari setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit ini
  • Gejala awal muncul seperti lecet yang kemudian terbuka menjadi lubang kecil dan berair.
  • Dalam 5 sampai 10 hari gejala hilang
  • Virus menetap dalam tubuh dan dapat timbul lagi sesuatu saat, dan kadang-kadang sering
  • Wanita kerap kali tidak sadar bahwa ia menderita herpes akrena lecet terjadi di dalam vagina

SYPHILIS

  • Disebabkan oleh bakteria. Lesi muncul antara 3 minggu sampai 3 bulan setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit ini
  • Luka terlihat seperti lubang pada kulit dengan tepi yang lebih tinggi. Pada umumnya tidak terasa sakit
  • Luka akan hilang setelah beberapa minggu, tetapi virus akan menetap pada tubuh dan penyakit dapat muncul berupa lecet-lecet pada seluruh tubuh Lecet-lecet ini akan hilang juga, dan virus akan menyerang bagiantubuh lain
  • Syphilis dapat disembuhkan pada tiap tahapan dengan penicillin
  • Pada wanita lesi dapat tersembunyi pada vagina

VAGINISTIS

  • Infeksi pada vagina yang biasanya menyebabkan keluarnya cairan dari vagina yang berbau dan menimbulkan ketidak nyamanan
  • Disebabkan oleh berbagai jenis bakteri (bakteri gonorrhea, chlamydia) atau jamur
  • Juga dapat disebabkan oleh berbagai bakteri tidak berbahaya yang memang menetap pada vagina
  • Dapat diselidiki dengan meneliti cairan vagina tersebut dengan mikroskop
  • Pada umumnya dapat disembuhkan dengan obat yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

BISUL PADA ALAT KELAMIN

  • Disebabkan oleh virus (Virus Human Papilloma atau HPV)
  • Muncul berupa satu atau banyak bisul atau benjolan antara sebulan sampai setahun setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit tersebut
  • Pada umumnya tidak dapat terlihat pada wanita karena terletak di dalam vagina, atau pada pria karena terlalu kecil. Dapat diuji dengan lapisan cuka
  • Dapat berakibat serius pada wanita karena dapat menyebabkan kanker cervix
  • Bisul pada kelamin ini dapat disembuhkan, wanita harus menjalankan pap smear setiap kali berganti pasangan intim

KUTU KELAMIN

  • Sangat kecil (lebih kecil atau sama dengan 1/8 inch), berwana kelabu kecoklatan, menetap pada rambut kemaluan.
  • Dapat disembuhkan dengan obat cair yang digosokkan pada rambut kelamin

KUTU DI BAWAH KULIT

  • Mirip dengan kutu kelamin, tetapi ukurannya lebih kecil dan menetap di bawah kulit
  • Menyebabkan luka-luka kecil dan gatal di seluruh tubuh
  • Diobati dengan obat cair yang diusapkan ke seluruh tubuh
  • Pakaian, seprei dan handuk harus dicuci setelah pengobatan, karena kutu dapat menetap pada kain-kain terebut

AIDS (ACQUIRED IMMUNE DEFICIENCY SYNDROME)/HIV DISEASE

  • Penyakit akibat hubungan intim yang paling serius, menyebabkan tidak bekerjanya sistim kekebalan tubuh
  • Tidak ada gejala yang nyata tanpa penelitian darah
  • Dapat menyebabkan kematian setelah sepuluh tahun setelah terinfeksi virus HIV, tetapi pengobatan telah ditemukan
  • Disebarkan melalui hubungan intim [berciuman, making love], hubungan dengan lendir penderita dan pemakaian jarum suntik secara bersamaan.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails