Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Manfaat Dibalik Kesegaran Mentimun


Buah mentimun memang cukup akrab dijumpai dipasaran. Sebagai sayuran, lalapan atau bisa juga dijadikan sebagai minuman segar. Selain sebatas dimanfaatkan sebagai campuran makanan, dibalik kesegaran daging buahnya yang mengandung banyak air ini tersimpan banyak manfaat.


Manfaat & Kandungan Gizi Mentimun

Selain bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah, rasa mentimun yang segar juga enak diolah sebagai campuran sayuran. Mentimun memiliki kandungan 0,65 % protein, 0,1 % lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2 %. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C
.


Mentimun dikatakan juga mengandung 35.100 - 486.700 ppm asam linoleat sebagai suku cucurbitaceae yang biasanya mengandung kukurbitasin, mentimun kemungkinan juga mengandung senyawa tersebut. Kukurbitasin merupakan senyawa yang mempunyai aktivitas sebagai anti tumor.

Lantas manfaat apalagi yang bisa dipetik :

  • Biji timun sendiri mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati anak - anak yang menderita cacingan.
  • Apabila Anda menderita sakit pada tenggorokan yang menyebabkan sulit bicara (batuk) dapat dirawat dengan biji timun. Caranya : sedikit biji timun dicampurkan dengan sedikit garam dan dikumur beberapa kali sehari. Pengobatan ini dipercaya dapat mengembalikan suara yang hilang akibat sakit tersebut.
  • Penyakit pening - pening yang berkesinambungan sehingga dapat menurunkan berat badan dapat diatasi dengan mengkonsumsi mentimun mentah atau yang telah dimasak. Selain itu, mentimun dapat juga digunakan untuk mengobati penyakit disentri.
  • Mentimun juga sering manfaatkan sebagai obat kecantikan alami. Ambil buah secukupnya dicuci bersih lalu diparut. Dipakai untuk kompres pada demam, dibubuhkan pada luka, luka bakar, bercak noda di kulit, jerawat, membersihkan kulit muka yang berminyak dan mengurangi kulit yang gatal.

loading...

Artikel Terkait

1 komentar:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails