Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Penyebab Orang Okinawa Itu Panjang Umur


orang yang mencapai usia di atas 100 tahun, banyak dicapai oleh warga Okinawa, Jepang. Di sana angka penderita penyakit jantung, demensia, dan juga kanker sangat rendah dibandingkan dengan negara lain.

 Foto: fumi chinene 102 tahun

Menurut penelitian Dr. Makoto Suzuki dari Okinawa Centenarian Study, di tahun 2006 saja sedikitnya ada sekitar 740 centenarian di Okinawa (90% wanita) dari total populasi 1,3 juta penduduk. Artinya 50 orang mencapai lebih dari usia 100 tahun dari 100.000 penduduknya.

Mau tahu apa rahasianya? 

1. Di Okinawa, mereka mempraktikkan hera hachi bu, atau makan sampai 80 persen kenyang. Mereka tidak terbiasa makan berlebihan. 

   Foto: oshi okushima 101 tahun

2. Gaya hidup spiritual yang mereka lakoni, seperti  dengan rutin berdoa dan bermeditasi, dipercaya mengurangi tingkat stres dan juga terkait dengan panjangnya usia mereka.
3. Sementara itu rendahnya angka kejadian kanker di Okinawa disebabkan karena pola makan mereka tinggi serat. Mereka juga mengasup nasi, kedelai, buah-buahan, omega-3 yang bersumber dari ikan laut, serta jarang mengonsumsi daging merah dan susu.

4. Dukungan sosial dari lingkungan keluarga dan teman juga sangat kuat di sini. Para penduduk yang sudah berusia lanjut juga masih aktif dalam pergaulan. 

"Ikatan yang sosial yang kuat bukan hanya mengurangi stres tapi juga mencegah penyakit dan membuat panjang umur," kata Dan Buettner, seorang peneliti mengenai panjang umur. Buettner menggolongkan Okinawa sebagai salah satu zona biru di dunia.

sumber: Kompas.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Orang Okinawa Itu Panjang Umur"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner