Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Seputar Menstruasi Pertama Datang


Menstruasi pertama atau menarche adalah hal yang wajar dan pasti dialami oleh setiap wanita normal dan sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Menstruasi merupakan tanda bahwa siklus masa subur telah dimulai yang terjadi saat lapisan di dalam dinding rahim meluruh dan keluar dalam bentuk darah menstruasi.

Dalam keadaan normal, wanita yang telah memasuki usia subur akan melepaskan satu sel telur (ovum) setiap bulannya. Ovum akan dihasilkan dan dilepaskan oleh indung telur (ovarium). Ovum yang dilepaskan tersebut akan berjalan masuk ke dalam rahim melalui saluran telur.

Bila saat itu ada sel sperma yang masuk dan bertemu dengan sel telur, maka akan terjadi pembuahan yang kemudian berlanjut menjadi kehamilan. Dinding rahim akan mengalami penebalan yang disebabkan oleh faktor hormonal dan akhirnya rahim siap menerima janin yang akan tertanam. Bila kehamilan tidak terjadi, maka kadar hormon yang membuat rahim menebal akan mengalami penurunan. Akibatnya dinding rahim bagian dalam akan meluruh dan terjadilah menstruasi.

Umumnya usia 12 tahun adalah saat dimana seseorang mendapatkan menstruasi untuk pertama kalinya, tapi ada juga yang berusia lebih muda maupun lebih tua dalam memulai siklus tersebut. Menstruasi yang terjadi di saat-saat awal memang cenderung tidak teratur. Hal itu adalah normal. Seiring dengan bertambahnya usia, menstruasi akan datang secara teratur setiap bulannya.

Saat seseorang telah mengalami siklus menstruasi, itu artinya tubuh sudah memiliki hormon yang diperlukan untuk proses reproduksi. Hormon itu pula yang akan mempengaruhi berbagai perubahan bentuk tubuh, termasuk perkembangan payudara.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails