Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Tips Bebas Flu di Musim Hujan


Flu memang penyakit langganan banyak orang di musim hujan. Gangguan kesehatan yang disebabkan oleh virus influenza ini makin mudah mampir jika daya tahan tubuh Anda drop. Walau banyak orang menganggap penyakit ini tak terlalu membahayakan, gangguan flu bisa membuyarkan konsentrasi sehingga menghambat produktivitas.

Simak cara sederhana agar Anda terbebas dari flu, terutama di musim hujan:

Gejala : Tenggorok terasa gatal, badan pegal-pegal, hidung berair dan tersumbat, tubuh terasa lelah, demam, dan nyeri pada otot.

Pencegahan:
Minum air putih sebanyak mungkin. Air berfungsi mengangkat racun-racun yang ada dalam tubuh. Usahakan minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk membuang racun-racun dalam tubuh
Cuci tangan. Sebagian virus flu menyebar lewat kontak langsung, jadi usahakan untuk mencuci tangan sesering mungkin pakai sabun di bawah air mengalir.
Mengonsumsi vitamin C untuk menguatkan sistem imunitas tubuh Anda.
Jika gejala mulai muncul, tambahkan dua tetes minyak eukaliptus ke dalam semangkuk air hangat, dan hirup uapnya dalam-dalam.
Relaks dan istirahat cukup. Stres dapat mengurangi kadar cytokines dalam tubuh. Cytokines adalah jenis protein yang bermanfaat mengentaskan infeksi. Jadwal tidur yang teratur serta kualitas tidur yang baik berguna menjaga kesehatan sistem imunitas tubuh Anda.

Makanan Penangkis Flu
Sup ayam. Penelitian mengungkapkan, sup ayam berperan meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, jika disajikan dalam keadaan hangat, uap yang dihasilkan dapat berfungsi mengatasi sesak napas.

Daging rebus. Makanan ini kaya akan seng dan mineral lain yang dapat merangsang beroperasinya sistem kekebalan tubuh.
Buah sitrun dan jus buah-buahan. Buah sitrun dan jus buah-buahan lain memiliki efek antihistamin (antialergi).
Bawang putih. Jenis bumbu dapur ini mengandung zat antivirus sehingga dapat berperan sebagai pencegah infeksi alami. Manfaat bawang putih tidak berkurang meskipun dimasak.
Lada. Lada mengandung capsaicin (sejenis zat yang memberikan rasa hangat), yang dapat membantu melapangkan jalan napas atas (hidung, pangkal hidung, dan laring).
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails