Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Cerdas Memilih Obat Mengenali Penyakit

Sebagian obat yang dijual di apotek atau warung-warung dapat berkhasiat. Sebagian lainnya tidak berguna sama sekali. Kadang-kadang masyarakat kita menggunakan obatyang baik dengan cara yang salah, sehingga obat tersebut menjadi lebih membahayakan daripada menyembuhkan. Agar berkhasiat, obat harus digunakan dengan benar.

Banyak orang, termasuk sebagian besar dokter dan petugas kesehatan, memberikan lebih banyak obat daripada yang diperlukan dan dengan demikian akan terjadi banyak penyakitserta kematian yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Sebagian obat jauh lebih berbahaya daripada yang lainnya. Sangat disayangkan, bahwa masyarakat kita kadangkala menggunakan obat-obat yang sangat berbahaya untuk menyembuhkan penyakit yang ringan (ada seorang bayi yang meninggal karena ibunya memberikan obat yang berbahaya, yaitu chloramphenicol, untuk menyembuhkan demam). Jangan sekali-kali memakai obat yang berbahaya untuk menyembuhkan penyakit yang ringan.

Petunjuk untuk penggunaan obat:
1. Gunakan obat hanya kalau diperlukan.
2. Pelajari cara penggunaan yang benar dan peringatannya untuk setiap obat yang Anda pakai.
3. Pastikan penggunaan dengan takaran yang benar.
4. Jika obat tersebut tidak menolong, atau menimbulkan gangguan lainnya, hentikanlah penggunaannya.
5. Jika ragu-ragu, mintalah nasihat petugas kesehatan.

Sebagian petugas kesehatan dan banyak dokter memberikan obat-obatan walaupun tidak diperlukan, seringkali karena mereka mengira penderita mengharapkan obat dan tidak akan puas sebelum mendapatkannya. Beritahukan dokter Anda dan petugas kesehatan, bahwa Anda hanya menginginkan obat kalau obat tersebut benar-benar diperlukan.

Perbuatan ini akan menyelamatkan uang Anda dan lebih aman bagi kesehatan Anda. Gunakanlah obat hanya kalau Anda yakin obat tersebut diperlukan dan kalau Anda mengetahui bagaimana cara menggunakanya.
Pustaka Artikel Waspada Terhadap Cara Penggunaan Obat

Cerdas Memilih Obat Mengenali Penyakit, Oleh Agus Wilbowo
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails