Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Makanan yang Membebani Kandung Kemih


Jika memiliki kandung kemih yang terlalu aktif akan membuat orang terganggu jika tiba-tiba merasa ingin buang air kecil, apalagi saat malam hari. Makan atau minum hal-hal tertentu dapat memicu gejala tersebut menjadi lebih buruk.

Terutama karena kandung kemih sensitif terhadap iritasi yang dapat memicu keinginan untuk buang air kecil. Memperhatikan hal-hal yang dapat menjadi pemicu dan menghindarinya dapat mengurangi gejala tersebut.

Punya masalah dengan kandung kemih? Anda tidak sendirian. Menurut National Kidney Foundation, satu dari lima perempuan pernah setidaknya terkena gangguan infeksi saluran kemih, dan 20 persen di antaranya pernah kena berkali-kali.

Infeksi pada saluran kemih terjadi akibat bakteri, sehingga Anda mengalami rasa nyeri saat buang air kecil, bahkan bisa disertai dengan nyeri di perut. Meski konsumsi antibiotik dapat mengatasi gangguan ini, akan lebih baik bila Anda juga melakukan tindak pencegahan dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang bisa memberi beban berlebihan bagi kandung kemih, serta memperburuk gejala infeksi. Ada enam jenis makanan dan minuman yang disorot oleh National Kidney Foundation. Coba intip apa saja:

1. Kopi
Kandungan kafein di dalam kopi dapat menstimulasi otot kandung kemih. Selain itu, kopi juga minuman yang bersifat diuretik, sehingga dapat membuat Anda sering buang air kecil. Selain kopi, minuman lain yang perlu dicermati adalah teh, kola, cokelat, dan minuman energi.

2. Minuman beralkohol
Kebiasaan minum bir, wine, atau jenis alkohol lain tidak hanya berpengaruh buruk pada lambung, namun juga memberi beban berlebihan pada kandung kemih. Hindari konsumsi minuman ini saat Anda sedang mengalami infeksi saluran kemih dan minum banyak air putih untuk membantu mengeluarkan bakteri dari tubuh dan memulihkan infeksi.

3. Minuman yang rasanya asam dan jus
Minuman dengan rasa jeruk atau lemon dapat mengiritasi kandung kemih. Begitu juga dengan jus tomat, nanas, atau anggur, karena sifatnya yang asam. Sifat asam ini dapat memperburuk gejala infeksi pada saluran kemih. Hindari juga konsumsi jus yang terbuat dari buah apel, persik, plum, dan stroberi.

4. Makanan yang pedas
Banyak orang merasa tidak nyaman pada kandung kemih setelah menyantap makanan yang pedas. Jenis makanan ini ternyata bisa menyebabkan iritasi pada kandung kemih dan memperburuk gejala infeksi saluran kemih yang sedang dialami. Sebaiknya, masaklah makanan Anda tanpa cabai, lada, atau saus sambal. Hindari juga menyantap bawang bombay mentah-mentah, lebih baik dimasak dulu agar efeknya tidak terlalu buruk bagi kandung kemih.

5. Pemanis buatan
Banyak orang menggunakannya ketika ingin mengurangi asupan kalori. Namun, menurut penelitian, pemanis buatan dapat memperburuk gejala infeksi pada orang yang mengidap interstitial cystitis kronis. Belum ada bukti bahwa pemanis buatan juga bisa mengiritasi kandung kemih pada orang yang mengalami infeksi saluran kemih. Namun, mencegah akan selalu lebih baik.

6. Minuman bersoda
Mereka yang mengidap radang kronis pada kandung kemih, perlu menghindari minuman jenis ini, termasuk minuman soda tanpa tambahan rasa. Jadi, sebaiknya diganti dengan lebih banyak minum air putih.
Sumber : health.kompas.com & kaskus.us
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails