Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

OBAT TRADISIONAL Alami untuk Obati Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan sangat menyiksa sekali, apalagi pas saat kita menelan, perih banget. Sebagian besar penyebab sakit tenggorokan adalah virus, bukan bakteri yang bisa dilenyapkan dengan antibiotik. Jadi pada dasarnya, perawatan untuk melegakan tenggorokan bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan alami, tanpa obat. 


Beberapa hal yang bisa Anda lakukan di antaranya: 

1. Istirahat cukup dan minum banyak cairan. 

2. Berkumurlah dengan air hangat yang dicampur dengan garam (1 sendok teh garam per 1 gelas air) 

3. Hisaplah pastiles 

4. Hisaplah makanan beku seperti es loli 

Untuk menyembuhkan rasa sakit, kompreslah tenggorokan Anda dengan kain yang telah direndam dalam air hangat. Anda juga bisa mencoba campuran hangat chamomile: campurkan 1 sendok makan bunga chamomile kering ke dalam 1 atau 2 gelas air mendidih, biarkan selama 5 menit. Masukkan kain atau handuk bersih ke dalam teh, peras airnya, kemudian letakkan ke tenggorokan Anda. Angkat kain kalau sudah dingin dan ulangi sampai Anda merasa lebih baik. 

Plester garam juga bisa membantu mengurangi rasa sakit. Campurkan 2 cangkir garam laut ke dalam 5 atau 6 sendok makan air hangat-hangat kuku. Garamnya seharusnya lembab tetapi tidak terlalu basah. Letakkan garam di tengah lap piring, kemudian gulunglah lap dan tutupkan ke sekitar leher. Tutuplah dengan kain kering atau lap piring kering lainnya. Biarkan sampai Anda merasa nyaman. 

Cobalah menghisap uap untuk meredakan rasa sakit. Alirkan air panas dalam tempat berendam Anda, kemudian letakkan handuk di sekitar kepala Anda untuk menghambat uap, bersandarlah ke tempat berendam sambil tetap mengalirkan air panas. Tarik napas dalam-dalam melalui mulut dan hidung selama 5-10 menit. Ulangi beberapa kali dalam satu hari. 

Tindakan yang perlu dilakukan adalah: berkumur setiap beberapa jam sekali dengan air garam hangat, jangan merokok, hindari makanan pedas dan gorengan serta banyak minum air putih dan jus buah. 

Obat alami yang satu ini juga bisa. Daun lidah buaya kupas ambil dagingnya 90 gram, Jeruk lemon peras ambil airnya 1/2 buah dan Madu secukupnya. Cuci daging lidah buaya, blender lalu panaskan hingga mendidih.setelah hangat tambahkan air perasan jeruk lemon dan madu, aduk rata. Minum 3 kali sehari 

Bisa juga menggunakan daun Sambiloto kering5 gram, Daun sirih5 lembar. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas lalu saring. Gunakan airnya untuk berkumur setiap beberapa jam sekali, lalu telan.

Artikel Terkait

2 komentar:

  1. obat tradisonal, obat alami dan obat herbal memang meyakinikan...

    BalasHapus
  2. Ane Coba Y Gan , ,Makasih Infonya. ,

    :)
    :-D

    BalasHapus

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails