Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

10 Jenis Alergi Paling Aneh



Dari semua alergi yang ada, terdapat juga jenis alergi yang jarang ditemui dan langka. Berikut adalah 10 alergi yang aneh yang pernah ada.

1. Alergi seks

Kesensitifan benih plasma merupakan kondisi yang langka dan dapat menyebabkan reaksi negatif terhadap cairan mani. Gejalanya meliputi munculnya ruam, pembengkakan dan sesak nafas. Namun ada terapi untuk mengatasi alergi ini, seperti menggunakan kondom atau menghabiskan banyak waktu di tempat tidur untuk membuat diri kita nyaman.

2. Alergi air

Meskipun air ada di sekeliling kita, namun percaya atau tidak, ada juga orang yang alergi terhadap air. Alergi air (Aquagenic urticaria) kondisi dimana air dalam suhu apapun dapat mengakibatkan gatal-gatal dan ruam parah. Karena alergi ini belum ada obatnya, maka bagi penderita alergi ini tidak diperbolehkan untuk mandi dan berenang.

3. Alergi sepatu

Ya, ada juga orang yang alergi sepatu. Gejalanya meliputi peradangan dan kulit pecah-pecah akibat material yang digunakan sebagai bahan dasar sepatu itu. Gejala ini bisa semakin parah bila kaki penggunanya juga berkeringat. Karena itu untuk menghindari gejala tersebut, pemakainya harus menggunakan kaos kaki.

4. Alergi olahraga


Meskipun alergi ini bisa dijadikan alasan untuk menghindari pelajaran olahraga, namun penderita alergi ini mempunyai masalah yang tidak bisa dianggap mudah. Gejalanya dimulai dari ruam, masalah pencernaan, hingga ke anafilaksis yang parah. Pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati alergi ini adalah menggunakan antihistamin atau tidak terlalu banyak berolahraga.

5. Alergi matahari

Alergi ini merupakan reaksi kekebalan tubuh terhadap sinar matahari yang mengenai kulit. Gejalanya meliputi gatal yang luar biasa, pusing dan mual. Bahkan ada juga yang sampai kulitnya melepuh atau pendarahan dalam. Satu-satunya cara untuk menghindari alergi ini adalah menggunakan perlindungan kulit saat bepergian atau tidak keluar rumah saat siang hari.

6. Alergi pakaian dalam


Seperti halnya sepatu, pakaian dalam juga memiliki bahan dasar yang bisa mengakibatkan alergi. Yang paling sering adalah bahan dari karet dan lateks. Jadi untuk penderita alergi ini harus bisa memilih pakaian dalam yang cocok untuknya.

7. Alergi teknologi

Di zaman yang serba maju seperti sekarang ini, sangat sulit untuk menghindari teknologi. Contohnya seperti televisi layar datar, telepon atau internet. Namun ternyata ada juga orang yang sebaiknya tidak mendekati teknologi tersebut. Beberapa gejala bisa muncul jika penderita alergi ini mendekati medan elektromagnetik. Karena itu rumah mereka tidak boleh menggunakan ponsel dan microwave.

8. Alergi cokelat


Beberapa orang mungkin tidak bisa hidup tanpa cokelat, tapi ada juga yang bisa. Gejala alergi ini meliputi pusing, ruam atau sesak nafas.

9. Alergi dingin

Penderita alergi dingin bisa mengakibatkan pingsan, syok atau bahkan kematian. Meskipun alergi ini belum bisa disembuhkan, ada obat yang bisa menekan gejala alergi ini.

10. Alergi semua makanan dan minuman kecuali air mineral


Alergi ini sangat langka sampai tidak ada nama untuk alergi ini. Penderita alergi ini bisa mendapatkan masalah pada perut atau muntah-muntah. Karena itu penderita ini kebanyakan dirawat di rumah sakit. Penderitanya harus bisa pandai-pandai memilih makanan atau minuman agar tidak terjadi gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas.(Urbantitan/rei)
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails