Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Khasiat Buncis Untuk Menekan Kadar Gula Darah

Khasiat Buncis Untuk Menekan Kadar Gula Darah

Siapa yang tidak mengenal buncis, buncis sering terdapat pada bahan makanan. Selain dikonsumsi, manfaat buncis bisa kita dapatkan yang berguna bagi kesehatan tubuh. Buncis dikenal untuk pelengkap bahan makanan seperti sayur sop, oseng-oseng atau tumis buncis, cah buncis dengan sayuran lainnya, hingga direbus sebagai lalapan. Buncis memang tidak sulit untuk ditemui sebab di pasar atau di supermarket pun kita bisa mendapatkannya dengan harga yang tentunya tidaklah mahal. Tanaman ini memang agak mirip dengan kacang polong hanya saja bijinya yang berbeda dan bukan termasuk kedalam jenis kacang-kacangan.

Kandungan Zat Dalam Sayuran Buncis

Buncis memang menjadi sayuran yang sering digunakan oleh ibu-ibu dirumah. Sayuran ini sangatlah sehat dan kaya akan serat. Rupanya jenis tanaman sayuran ini memiliki sejumlah kandungan zat yang penting bagi tubuh manusia. Sayuran ini memiliki kandungan lignin, enzym protease inhibitor, potassium, fosfor, serat, dan kalsium. Selain itu kandungan zat aktif dalam sayuran ini memiliki zat b-sitosterol dan stigmasterol yang mampu meningkatkan produksi insulin. Zat ini berfungsi sebagai pengontrol kadar gula dalam darah sehingga zat ini berguna untuk menekan tingkat kadar gula dalam darah. Hal tersebut pernah dibuktikan dalam suatu percobaan yang dilakukan pada seekor tikus. Tikus tersebut kemudian diberikan induksi diabetes, setelah diberi ekstrak buncis, alhasil kadar gula pada tikus akhirnya normal.

Manfaat Buncis

Selain digunakan dalam bahan masakan, rupanya manfaat buncis juga bisa dirasakan. Seperti dapat melancarkan sistem pencernaan sebab kaya akan serat, mencegah konstipasi, menstimulasi kekebalan tubuh, menetralkan gula darah, mencegah kanker usus besar, mengobati tukak lambung, serta memperkecil resiko terjadinya kanker ganas. Sayuran ini juga membantu mengatasi penderita diabetes melitus
.
Tips Memilih Sayuran Buncis Yang Baik

Sebelum kita mengkonsumsi sayur-mayur seperti sayur yang dalam bahasa belanda ini adalah bootjes, perlu memperhatikan bagaimana cara memilih yang tepat. Misalnya dengan memilih dengan warna yang masih segar, tekstur yang lembut, dan masih muda. Sebelum membeli buncis kita harus tahu terlebih dulu mana yang segar atau tidak.
sc- http://www.kesehatan123.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Buncis Untuk Menekan Kadar Gula Darah"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner