Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MEMBUAT Serum Anti Penuaan Paling MANJUR




Di zaman yang serba maju ini, baik wanita maupun pria pasti ingin terlihat lebih muda. Selain dengan pola hidup yang baik, seperti rajin berolahraga, makan makanan bergizi seimbang dan berbagai bentuk proteksi diri dari dalam terhadap lingkungan luar, tentu saja kita membutuhkan dukungan dari luar juga dengan perawatan-perawatan tertentu menggunakan alat atau obat-obatan untuk mengurangi kerutan pada wajah maupun leher. Namun hal ini tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apakah itu berarti hanya segelintir orang saja yang bisa terlihat lebih muda? Tenang saja, solusinya sangat mudah. Yaitu dengan membuat sendiri serum anti agingnya.

Tapi, sebelum masuk pada tips bagaimana cara membuat serum anti aging, mari kita lihat terlebih dahulu pengertian daripada serum itu sendiri. Serum dapat diartikan sebagai suatu cairan yang mengandung sistem kekebalan terhadap suatu penyakit atau kuman yang apabila dimasukkan ke dalam tubuh seseorang baik secara langsung maupun tidak langsung, maka orang tersebut akan mempunyai kekebalan terhadap penyakit atau kuman yang sama (imunitas pasif – red). Fungsi utama dari serum yaitu mengobati suatu penyakit. Dengan kata lain, penuaan atau aging merupan suatu penyakit yang datang secara alami, yang tidak bisa dihindari maupun di sembuhkan namun dapat diperlambat prosesnya.

Sedangkan anti aging itu sendiri berarti suatu cara atau proses pelambatan penuaan dari dalam tubuh, berlaku tidak hanya penuaan kulit tetapi juga keseluruhan pada bagian tubuh seperti mata yang merabun, tulang yang mengkropos, menopouse pada wanita dan yang lainnya dimana anti aging tersebut akan bekerja sesuai kebutuhan dalam tubuh untuk mengobati atau memperlambat penuaan tersebut.

Nah, disini penuaan yang kita bicarakan yaitu penuaan pada kulit. Dimulai dari timbulnya kerutan, bintik noda hitam maupun kulit kusam. Asam amino dipercaya sebagai suatu zat gizi yang dapat membentuk suatu protein yang dapat meningkatkan hormon pembentuk sel kulit baru. Hal senada juga di ungkapkan oleh Earl Mindel, R.Ph., Ph.D. pada bukunya “Anti-aging Bible” 1996, “... L-Arginine dapat membantu menyembuhkan lepuhan dan luka setelah terjadinya kecelakaan,..”. Oleh karena itu, pembuatan serum anti aging ini akan menggunakan vitamin C sebagai bahan aktifnya.

Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan memperbaiki garis-garis halus serta kerutan kulit. Vitamin C juga berguna dalam dalam pembentukan dan pemeliharaan zat perekat yang menghubungkan sel-sel dengan sel dari berbagai jaringan.Vitamin C bersifat tidak stabil dan mudah teroksidasi, sehingga waktu berfungsinya tidaklah lama. Jika kamu membeli serum vitamin C, selain harganya mahal serum tersebut akan teroksidasi ketika baru setengah terpakai. Tentu akan lebih hemat jika kamu membuat serum anti aging vitamin C sendiri di rumah.

Berikut ini adalah tips membuat serum anti aging vitamin C (dengan kekuatan 10%) di rumah:

Siapkan asam L-askorbat atau L-ascorbic acid (jangan membeli vitamin C yang berbentuk tablet karena bentuk ini biasanya sering memiliki pengisi yang tidak cocok untuk digunakan pada kulit), gliserin murni atau KY jelly atau lotion wajah yang ringan (sebagai base serum), air suling (distilled water). Semua bahan tersebut dapat ditemukan di toko obat, apotek, atau supermarket.

Campur 1/4 sendok teh vitamin C (asam L-askorbat) dengan 1 sendok teh air suling dalam cangkir atau mengkuk kecil. Aduk campuran tersebut sampai asam L-askorbat larut.

Setelah semua asam L-askorbat larut, tambahkan bahan yang akan dijadikan dasar serum anti aging (gliserin murni, KY jelly, atau lotion), dan campurkan hingga merata.

Serum anti aging vitamin C yang kamu buat sudah bisa digunakan.

Masukkan serum yang tersisa ke dalam wadah yang gelap dan simpan di lemari es.

Namun untuk lebih amannya, sisa serum sebaiknya dibuang saja , karena memang sifat vitamin C merupakan vitamin yang paling mudah rusak. Selain itu vitamin C mudah teroksidasi dan proses tersebut dipercepat oleh panas, sinar, alkali, enzim, oksidator, serta oleh katalis tembaga dan besi.

Akan lebih baik jika kamu membuat serum yang segar setiap akan menggunakannya. Kamu bisa mengoleskan serum anti aging vitamin C buatan sendiri di wajah sebelum tidur, dan membersihkannya dengan mencuci wajah pada keesokan harinya. Jadi, tunggu apalagi! Buruan ke toko kimia atau apotek terdekat kamu sekarang juga. Malam ini serum anti aging bisa kamu buat sendiri!

Sumber :
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails