Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Pilihan Makanan Sehat Untuk Jantung


Makanan sehat untuk jantung tentunya menjadi salah satu burunan kuliner masyarakat saat ini. Penyakit degeneratif, atau penyakit yang muncul semakin bertambahnya usia merupakan momok bagi masyarakat. Salah satu pencegahannya adalah gaya hidup. Gaya hidup merupakan metode utama untuk mencegah penyakit sepertistroke, penyakit kolesterol tinggi, penyakit darah tinggi, atau penyaki-penyakit jantung dan pembuluh darah lain yang mengancam kehidupan seseorang. Menghindari makan-makanan yang berlemak tentunya menjadi salah satu cara. Namun, kita sebagai manusia harus tetap mengonsumsi makanan setiap hari untuk kebutuhan energi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makan-makanan yang mengandung gizi tinggi.

Sayuran dan Buah-Buahan

Sayur dan buah menjadi salah satu bagian dari konsumsi manusia sehari-hari. Sebagian besar menu makanan akan memakai bahan sayur atau buah-buahan. Namun disarankan kita harus bijak dalam mengonsumsi sayur atau buah tersebut, tujuannya adalah kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya hanya untuk makanan sehatuntuk jantung sehingga tidak perlu semua jenis sayur atau buah harus kita konsumsi. Salah satu buah yang digemari saat ini adalah bluberi. Kandungan anthocyanin yang terdapat dalam bluberi merupakan antioksidan yang diperoleh dari warna birunya. Antioksidan merupakan salah satu zat ampuh untuk melawan radikal bebas, yang salah satu ujung perjalanan dari dampak radikal bebas tersebut adalah penyakit jantung. Selain buah, kita bisa juga mengonsumsi sayur untuk mencegah penyakit jantung. Sayur yang mudah didapat dan murah namun memiliki kandungan gizi yang tinggi adalah bayam. Bayam mengandung berbagai macam kandungan fitokimia, vitamin, dan mineral. Kandungan gizi dari bayam juga diyakini berkhasiat melawan penyakit jantung serta mempertajam penglihatan.

Biji-bijian Kaya Vitamin dan Mineral

Selain sayur atau buah, ternyata biji-bijan juga menjadi salah satu senjata melawan penyakit jantung. Biasa disebut dengan oatmeal, merupakan biji-bijian murni yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat serta efektif menurunkan kolesterol. Saat ini diet kaya oat menjadi salah satu tren konsumsi makanan, terutama bagi mereka yang tidak sempat memasak dan memilih untuk membuat makan instan. Saat ini berbagai macam oatmeal sangat mudah di dapat di swalayan-swalayan terdekat. Oleh karena itu, sudah seharusnya masyarakat mulai peduli terhadap makanan sehat untuk jantung. Apalagi jika sudah tersedia banyak cara serta mudah didapat.
Ikan Salmon, Omega-3 Sangat Baik untuk Jantung

Jika ada yang mengatakan makanan hewani itu tidak sehat untuk jantung, sepertinya untuk jenis ikan yang satu ini tidak berlaku. Ikan salmon saat ini memang masih menjadi olahan makanan untuk kalangan menengah ke atas. Namun hal ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat yang sangat gemar makanan hewani namun takut terserang penyakit kardiovaskular. Salmon merupakan sumber protein dan lemak asam omega-3 yang sangat baik untuk jantung. Bahkan direkomendasikan seseorang untuk mengonsumsi ikan ini seminggu sekali untuk mendapatkan keuntungan yang besar bagi kesehatan jantung. Diyakini memang ikan air dingin ini menjadipilihan makanan sehat untuk jantung kita.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails