Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

4 Cara Pantau Kesehatan Ginjal

4 Cara Pantau Kesehatan Ginjal




Anda sering merasa sakit di bagian pinggang belakang? Bisa jadi, fungsi ginjal Anda sedang terganggu. Anda bisa cek kesehatan kedua ginjal Anda dengan empat cara berikut:


1.Ureum. Ureum adalah hasil akhir metabolisme protein yang berasal dari asam amino. Zat amonia dikirim ke dalam hati dan mencapai ginjal, lalu dibuang sekitar 30 gr setiap hari. Kadar ureum normal yang dihasilkan adalah 20-40 mg untuk setiap 100 cc darah. Tetapi hal itu pun tergantung dari jumlah protein yang diasup, fungsi hati, berat dan tinggi badan seseorang.

2.Kreatinin. Zat ini merupakan produk sisa perombakan kreatin fosfat yang terjadi di otot. Kreatinin adalah zat racun dalam darah. Biasanya ia akan mengendap dalam darah bila ginjal sudah tidak berfungsi dengan normal. Kadar kreatinin yang melebihi 1,6 mg per dl (desiliter), patut diwaspadai, dan memungkinkan Anda harus melakukan hemodialisis (teknik untuk menyaring limbah dalam darah atau di Indonesia biasa disebut cuci darah).

3.Creatinine Clearence Test, merupakan prosedur uji laboratorium yang meneliti efisensi glomerular filtration rate (GFR). Nilai GFR dan jumlah kreatinin dibandingkan, dan hasilnya akan menjelaskan fungsi ginjal.

4.Glomerular Filtration Rate, merupakan hasil keseluruhan indeks pemeriksaan fungsi ginjal. The National Kidney Foundarion menyatakan bahwa hasil tes ini memiliki variasi yang berbeda, tergantung usia, jenis kelamin, dan berat serta tinggi tubuh. (anggita/visualphotos)
loading...

Artikel Terkait

1 komentar:

  1. waaaaaaaahhhhh
    info yang sangat menarik nih
    terima kasih gan atasi info sekaligus ilmunya
    sangat bermanfaat

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails