Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Sekilas "Olahraga Hijau" Yang Baik Untuk Kesehatan Mental

Sekilas "Olahraga Hijau" Yang Baik Untuk Kesehatan Mental
Sebuah riset menyatakan, olahraga selama lima menit di taman atau ruang hijau dapat meningkatkan suasana hati (mood) dan kesehatan mental. Studi ini dipublikasikan dalam American Chemical Society, journal Environmental Science & Technology.


Dalam studi tersebut, Professor Jules Pretty dan Jo Barton dari Interdisciplinary Centre for Environment and Society, Department of Biological Sciences University of Essex Inggris, menjelaskan bahwa melakukan aktivitas fisik di taman (ruang terbuka hijau) dapat menurunkan risiko penyakit mental dan meningkatkan kesehatan.


Menurut peneliti, sampai sekarang tak seorang pun tahu berapa lama harus menghabiskan waktu di ruang hijau untuk mendapatkan manfaat kesehatan.
"Untuk pertama kalinya, dalam literatur ilmiah kami telah mampu menunjukkan bahwa ada hubungan antara keduanya, di mana efek positif alam sangat baik untuk kesehatan mental manusia," kata Pretty.

Peneliti menganalisa 1.252 orang (dari berbagai usia, jenis kelamin dan status kesehatan mental) yang diambil dari sepuluh studi di Inggris. Para penulis mampu menunjukkan bahwa aktivitas di ruang hijau (alam) membawa perbaikan kesehatan mental dan fisik.
Aktivitas yang dimaksud cukup beragam dan sederhana seperti berjalan, berkebun, bersepeda, memancing, berkuda dan bercocok tanam. Perubahan kesehatan terbesar terjadi pada kaum muda dan mereka dengan gangguan mental, meskipun orang-orang dari segala usia dan kelompok sosial juga diuntungkan.

Menurut peneliti, semua lingkungan alam yang hijau dapat memberikan manfaat, termasuk taman di perkotaan.

"Kami tahu bahwa perbaikan kesehatan mental dalam jangka pendek akan memberikan manfaat perlindungan kesehatan jangka panjang. Jadi kami percaya bahwa akan ada manfaat besar untuk individu, masyarakat dan layanan kesehatan jika semua kelompok orang mau mengobati diri sendiri dengan olahraga hijau," tambah Barton.
Sumber :



loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails