Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut ibu hamil

SELAIN menjaga kondisi kandungan tetap sehat, ibu hamil juga harus memperhatikan kesehatan gigi dan mulut. Lantas, bagaimana caranya?

Berikut ini ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir tabloid Mom & Kiddie.

- Gunakan sikat gigi yang lembut dan ukuran yang sesuai.

- Sewaktu ibu hamil muntah atau sering mengeluarkan air liur, jangan lupa untuk berkumur, bisa dengan air hangat yang dibubuhi garam. Kumur dengan air hangat juga bermanfaat untuk membersihkan sisa lemak- lemak pada rongga mulut dan sela gigi.

- Bila perlu pilih pasta gigi yang tidak merangsang terjadinya alergi, terutama untuk gusi yang sensitif, dan yang terpenting memilih pasta gigi yang akan membuat kondisi mulut menjadi lebih segar sehingga tidak mudah mual. 

- Lakukan penyikatan gigi secara benar dan gerakan sikat melingkar dengan hati hati di sela–sela gigi. Sikat gigi arah atas ke bawah dan sebaliknya arah bawah ke atas. minimal menggosok gigi 2 kali sehari (sebelum dan setelah tidur, lebih baik jika setiap setelah makan).

- Bila ada gangguan kesehatan pada mulut yang perlu menggunakan obat kumur, sebaiknya perhatikan label pada kemasan tentang keterangan kontra indikasi untuk ibu hamil. Penggunaan obat kumur terutama untuk mengatasi bakteri penyebab bau mulut maupun membersihkan keasaman pada rongga mulut ibu hamil perlu berkonsultasi dengan dokter gigi.

- Konsumsi buah buahan berserat yang banyak mengandung Vitamin C dan Vitamin B12 karena baik untuk gusi.

- Penuhi kebutuhan kalsium sesuai dengan anjuran dokter atau bidan, terutama dari sumber zat makanan alami, karena kalsium yang dikonsumsi oleh BuMil juga diserap oleh calon calon bayi.

- Kurangi konsumsi makanan yang manis dan asam, karena jenis makanan seperti itu cenderung bisa menimbulkan masalah kerusakan pada gigi

- Apabila sudah terlanjur mengalami masalah gigi selama kehamilan, maka dokter perlu mengambil tindakan untuk menangani masalah ini. Namun, segala tindakan seperti obat pemutih gigi, dan obat-obatan lainnya, penggunaan X ray selama pemeriksaan gigi, sebaiknya dilakukan setelah bayi Anda lahir. Meskipun X ray gigi menggunakan radiasi yang cukup kecil, namun tentunya harus dihindari untuk lebih meminimalisir efek negatif yang mungkin timbul pada bayi.

Buat ibu yang sedang hamil, penting untuk menjaga kesehatan sekecil apapun ya biar anaknya lahir dengan sehat dan cerdas
loading...

Artikel Terkait

2 komentar:

  1. hmmm
    langsung aja gan kita coba
    kalo s ibu nya malas gi mana yah
    apakah bisa membawa dampak negatif kepada calon anaknya
    memang artikel yang sangat bermanfaat gan
    salam kunjung

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas informasinya gan..

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails