Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Beberapa Gejala-Gejala Kanker Usus Besar


Seringkali bila kanker dapat dideteksi lebih dini dan pengobatan dilakukan dengan baik, maka peluang kesembuhannya akan jauh lebih besar.
 
Karena itu, ada baiknya Anda mewaspadai gejala-gejala yang tidak normal pada tubuh Anda dan melakukan pemeriksaan secara teratur.

Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda tentang gejala-gejala kanker usus besar yang perlu Anda waspadai dan bagaimana melakukan pencegahan dari serangan kanker usus besar.

Gejala-Gejala Kanker Usus Besar

Sejumlah tanda dan gejala-gejala kanker usus besar adalah adanya darah dalam kotoran, perubahan dalam pola defekasi (BAB), dan nyeri perut di sebelah bawah yang tidak hilang. Selain itu ambeien juga bisa menjadi tanda awal penderita kanker usus besar. BAB berdarah memang tidak selalu identik dengan kanker namun jika terjadi terus-menerus, maka perlu diwaspadai sebagai gejala kanker usus besar.

Jika terjadi perubahan pola buang air besar (BAB) seperti sulit BAB dan menderita diare kronis, maka seseorang harus mulai sadar untuk pergi ke dokter. Apalagi, jika muncul gejala kanker pada umumnya, seperti lemah, berat badan turun, dan menderita anemia.

Pencegahan Kanker Usus Besar

Dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, menghindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi, menghindari rokok dan minum alkohol secara berlebihan, melakukan olahraga secara teratur, konsumsi kalsium dan asam folat, dan segera lakukan kolonoskopi dan polipektomi pada pasien yang ditemukan adanya polip pada usus.
loading...

Artikel Terkait

1 komentar:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails