Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

BAHAYA SERING MENAHAN BUANG AIR KECIL

Bahaya menahan kencing? ya.. menahan kencing itu bahaya loh.. setelah membaca dari beberapa artikel di buku, dan pengalaman juga ternyata menahan kencing itu ada bahayanya..


Bisa saja terjadi infeksi, penyumbatan saluran kencing, bahkan tumor.

Ada dua macam penyumbatan, yaitu dari luar dan dari dalam..
dari luar disebabkan oleh benda asing atau batu, dan penyumbatan dari dalam bisa di karenakan infeksi atau tumor. Apabila terjadi gangguan pada saluran kencing maka segera periksalah,karena memang berbahaya penyakit ini.. untuk itu, kalo bisa jangan menahan air kencing,


Ada banyak orang sulit atau mungkin ga bisa buang air kencing disebabkan antara lain, benign prostatic hyperplasia (BPH atau pembesaran prostat), prostatitis (prostat), cystitis, kanker prosat, urethral stricture (penyemitan saluran kencing), dan bladder disorders (ketidak teraturan air kencing), penyebab orang susah buang air kecil juga sangat bergantug pada jenis kelamin. pada pria, gangguan ini umumnya disebabkan oleh pembesaran prostrat jinak dan sumbatan batu. sedangkan pada wanita, biasanya disebabkan oleh sumbatan batu dan infeksi saluran kencing.

ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tidak terserang penyakit susah BAK (buang air kecil)

  • Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang sehat, minum air putih yang zat kapurnya rendah,misalnya air mineral.. minumlah sekurang-kurangnya 3-4 liter sehari.
  • Jangan sering menahan kencing,
  • Jangan duduk terlalu lama, karena dapat menyebabkan susah BAK. jika pekerjaan anda banyak duduk, usahakan sekali2 berdiri untuk relaksasi.
  • Hindari menggunakan pakaian yang ketat, terutama celana, karena dapat mengganggu sistem kerja saluran kencing. pakailah yang longgar saja.
  • Jangan menggunakan celana yang berbahan dasar kaos atau nilo. gunaan celana dalam yang berbahan dasar katun, sebab aman bagi alat vital dan saluran kencing ketimbang yang berbahan dasar kaos atau nilon.
  • Menurut dr R Soetomo Slamet Iman Santoso, ahli penyakit dalam, pada prinsipnya menahan kencing adalah tindakan yang tidak baik. Air yang Anda tahan adalah air limbah, kotoran, dan racun yang harus keluar dari badan. Sekalipun rekan kerja atau atasan membuat Anda terjebak di tengah meeting, sebaiknya Anda lebih tegas meminta izin ke kamar kecil karena hal tersebut sama sekali tidak sehat. Memang, penyakit tidak akan datang tiba-tiba. Namun, jika suatu saat terjadi, hal itu pasti sangat tidak menyenangkan.

Air seni mengandung sisa makanan yang tidak dicerna, sisa minuman yang tidak terserap oleh tubuh, dan kadang kuman yang dikeluarkan oleh ginjal. Jadi, apabila kita tidak berkemih, ada kemungkinan zat-zat tersebut akan merusak saluran kemih kita. Apalagi bila air kencing mengandung kuman. Semakin lama ia di kandung kemih, semakin banyak kuman yang ada. Jika kencing ditahan berjam-jam dan jumlah kuman sangat banyak, kuman itu akan naik ke atas, ke arah ginjal. Hal ini tidak biasa, tetapi bisa terjadi. Akibatnya bisa terjadi gangguan pada ginjal.

Jadi, menahan kencing sampai satu jam sangat tidak dianjurkan. Sebaliknya, jika kita ingin buang air kecil, segera laksanakan. Jadi, segala macam zat yang tidak berguna akan segera keluar dan tidak diberi kesempatan berkembang di dalam badan. Jika sering menahan kencing, akibat lainnya adalah rasa tidak tuntas. Anda bisa kencing lagi 5 menit kemudian setelah Anda pertama kali kencing. Inilah yang disebut dengan anyang-anyangan.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails