Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MAKANAN TERBAIK UNTUK PENDERITA DIABETES

DIABETES adalah penyakit akibat ganguan metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Hormon ini bertugas membantu menyalurkan gula ke dalam sel agar diubah menjadi energi. Jika jumlah insulin tidak cukup, maka terjadi penimbunan gula dalam darah sehingga menyebabkan diabetes.
Pada penderita diabetes tipe 1, insulin sama sekali tidak dihasilkan oleh organ pankreas. Sedang pada penderita diabetes tipe 2, hanya sejumlah kecil insulin yang dihasilkan. 

Faktor keturunan, pola makan atau gaya hidup yang tidak sehat, kadar kolesterol yang tinggi, jarang berolahraga, dan obesitas adalah beberapa penyebab seseorang terkena diabetes.
Penderita dapat mengendalikan kadar gula yang tinggi dengan mengurangi makanan berlemak dan manis, banyak minum air putih, berolah raga teratur, hingga meminum obat yang dianjurkan dokter. Berikut beberapa makanan super bagi penderita diabetes, seperti dikutip dari laman Reader's Digest. 

1. Sayuran. Sayuran secara alami rendah kalori dan kaya serat, menjadi pilihan karbohidrat sederhana yang disarankan.


2. Buah. Sama halnya dengan sayur, buah cenderung rendah lemak namun kaya akan serat, dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan gula dan kalori pada buah juga aman untuk tubuh. 

3. Kacang-kacangan. Selain kaya serat, kacang juga mengandung lemak baik dan magnesium yang dapat membantu mengatur gula darah Anda. Kacang juga adalah sumber vitamin E dan antioksidan terbaik, yang membantu mencegah kerusakan saraf dan mata.


4. Ikan.Sebagai sumber protein yang baik, ikan dapat menjadi pengganti daging yang tinggi-lemak. Ikan juga adalah sumber terbaik asam lemak omega-3 yang baik menjaga kadar kolesterol baik.

5. Minyak zaitun. Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada minyak khas daratan Mediterania ini, menurut beberapa penelitian, bisa membantu menurunkan kadar gula darah. 

6. Yoghurt. Yoghurt merupakan salah satu produk makanan turunan susu yang kaya protein dan kalsium. Beberapa studi menunjukkan orang yang makan banyak kalsium, akan lebih mudah dalam upaya menurunkan berat badan dan cenderung tak akan resisten akan insulin. 

7. Kayu manis. Penelitian menyebutkan, dengan menambahkan setengah sendok teh bubuk kayu manis perhari pada makanan yang dikonsumsi, kadar gula darah mampu turun. Komponen dalam kayu manis terbukti membantu kinerja insulin, sehingga lebih banyak glukosa masuk dalam sel.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails