Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Tips Mudah Meningkatkan Kecerdasan Anak

Meningkatkan kecerdasan anak tidak harus ditempuh dengan cara yang rumit dan kompleks, banyak pilihan cara yang lebih sederhana dan menyenangkan. Berikut ini 5 langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kognitif anak Anda menurut Jamie Loehr, M.D. dan Jen Meyers dalam bukunya berjudul Raising Your Child :

Rutin membaca 20 menit setiap hari

Di usia 12 – 18 bulan merupakan fase penyerapan informasi bagi anak. Manfaatkan moment ini untuk memberikan input lebih banyak dengan membaca bersama, lakukan minimal 20 menit setiap harinya.

Perkenalkan tentang bentuk, warna dan angka

Ajarkan si kecil tentang bentuk benda, warna dan angka setiap saat. Sebagai contoh, ketika si anak sedang memegang bola, katakan “ini bola bentuknya bulat dan berwana biru”. Ketika sedang membereskan mainannya, masukan setiap mainan ke dalam tempatnya sambil ajari dia berhitung “ satu, dua, tiga” dan seterusnya.

Mengenal bagian tubuh

Ajarkan anak Anda nama-nama bagian tubuhnya. Sambil menyebutkan, tunjuklah bagian tubuh yang dimaksud misalnya mata, hidung, kaki, tangan dan bagian tubuh lainnya.

Berikan instruksi

Anak akan merasa senang jika berhasil mengikuti instruksi dari orang tuanya. Berikan instruksi mudah seperti misal memintanya untuk menutup pintu atau mengembalikan mainan ke tempatnya.

Memilih mainan kesukaannya

Ajak anak Anda ke toko mainan, lihat buku katalog bersama-sama lalu minta si anak untuk memilih mainannya sendiri. Setelah itu, ajak anak Anda untuk mencari dan menemukan mainan yang dia pilih.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails