Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENYEBAB SAKIT TELINGA PADA IBU HAMIL

Sakit telinga pada ibu hamil dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Sakit telinga pada ibu hamil ini bisa disebabkan oleh hal-hal yang ringan ataupun akibat peyakit yang perlu diwaspadai. Berikut sedikit ulasannya.

Kehamilan merupakan sebuah hal yang istimewa yang memerlukan banyak perhatian serta perawatan. Ini adalah salahsatu wujud dari anugrah serta kebesaran yang maha kuasa untuk manusia.

Saat hamil, wanita kerap kali mengalami banyak situasi yang lebih rawan dari pada saat sebelum hamil hingga memerlukan semakin banyak perhatian demi untuk melindungi kesehatan ibu serta janin yang dikandungnya. Diantara yang menjadi masalah dan sering terlupakan yang dihadapi ibu hamil yaitu sakit telinga saat hamil. 

Di dalam sebagian jurnal kesehatan dibicarakan bahwa problem pendengaran pada ibu hamil memanglah biasa berlangsung. Tetapi biasanya hal ini berlangsug hanya sesaat. Sakit telinga pada ibu yang sedang mengandung umumnya berlangsung pada saat pertengahan atau akhir dari umur kehamilan.

Hal tersebut biasanya dapat terjadi karena ada masalah pada syaraf yang terdapat dalam telinga sedang tidak sukses menghantarkan gelombang nada yang diterima gendang telinga untuk ditransfer ke otak. Hal seperti ini sering juga dikatakan sebagai sensorinural deafness. 

Permasalahan sakit telinga ketika hamil dapat berlangsung dengan tiba-tiba selama tiga hari tanpa diketahui sumber penyebabnya serta sering berlangsung pada sebelah telinga saja. Beberapa pasien tidak dapat mendengarkan nada yang frekuensi gelombangnya dibawah 30 db.

Walau demikian masalah tersebut di atas umumnya dapat pulih dengan sendirinya tanpa penyembuhan, tetapi mungkin saja bisa terulang lagi di kehamilan selanjutnya. Istilah ini kerap dikatakan sebagai tinnitus. 



Beberapa ilmuwan mengemukan teori yang disebut-sebut sebagai pemicu sakit telinga saat hamil ini. Banyak pakar yang memperkirakan sakit telinga saat hamil ini dapat berlangsung dikarenakan pergantian fisiologi, yakni akibat naiknya jumlah hormon serta air didalam tubuh mereka.

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan masalah ini juga dapat diakibatkan oleh sebab lainnya yang lebih rumit. Untuk itu sebaiknya ibu hamil yang mengalami sakit telinga segera memeriksakan diri ke dokter ahli supaya dapat dipastikan sakit telinga yang sedang dihadapi bukannya dikarenakan masalah yang serius. 

Sakit telinga pada ibu hamil diperkirakan dapat lebih mudah dialami ibu hamil yang sedang menderita beberapa tekanan, seperti kecemasan, tekanan emosi, dan bahkan dapat lebih mudah diderita oleh ibu hamil yang terjangkit virus pada rongga hidung serta tenggorokan atau alergi.

Untuk sakit dengan pemicu serius serta kompleks, misalnya karena virus serta alergi diharapkan ibu hamil segera berkonsultasi dengan dokter ahli. Tetapi untuk beberapa ibu hamil yang mengalami sakit telinga hanya sebagai efek samping dari pergantian fisiologis saat hamil dapat pulih dengan sendirinya. Baca jua, obat alami sakit telinga.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk pencegahan mengatasi permasalahan dengan pendengaran ini yaitu dengan cara mengurangi tingkat stress atau emosi saat hamil. Demikian, semoga share mengenai sakit telinga pada ibu hamil ini bermanfaat.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails